KESEHATAN

7 Jenis Olahraga Ini Tetap Bisa Dilakukan Saat Hujan

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 24/01/2018 14:26 WIB


7 Jenis Olahraga Ini Tetap Bisa Dilakukan Saat Hujan
Om Kumis - Sekarang ini cuaca sungguh tidak bisa diprediksi. Perubahan cuaca sangat mendadak dan hujan bisa turun kapan saja, meskipun sudah bukan musim hujan lagi. Saat hujan turun, udara menjadi dingin dan membuat tubuh malas bergerak. Hal ini menjadi semacam pembenaran bagi sebagian orang untuk tidak berolahraga. Padahal itu anggapan yang salah besar. Meskipun hujan, bukan berarti kamu harus berhenti berolahraga.

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tak gampang terkena penyakit, terlebih di tengah kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini. Tubuh rentan terkena penyakit saat hujan. Lalu bagaimana caranya tetap berolahraga meskipun hujan turun mengguyur? Apakah tidak takut terkena guyuran air hujan?

Untuk menjawab pertanyaan itu, berpikirlah bahwa olahraga tak harus selalu dilakukan di luar ruangan. Kamu bisa tetap melakukan olahraga di dalam rumah. Selain murah tentu saja menyehatkan. Omkumis akan berikan tips tentang 7 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat hujan. Simak baik-baik di bawah ini dan ketahuilah bahwa hujan bukan alasan untuk malas berolahraga.


1. Lari Di Tempat

Kredit Foto: topgozar.com

Olahraga ringan ini bisa kamu lakukan di dalam rumah saat hujan deras mengguyur di luar rumah. Bahkan kamu bisa melakukan olahraga ini di depan TV, sambil menonton acara favorit kamu. Tahukah kamu, olahraga sederhana seperti ini merupakan latihan kardio yang bagus untuk jantungmu. Lari di tempat ini juga bisa membuat kamu berkeringat dan bermanfaat untuk membakar lemak.


2. Aerobik

Kredit Foto: naver.com

Saat hujan turun, kamu bisa melakukan senam aerobik di dalam rumah. Aerobik sangat bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan meningkatkan fungsi jantung. Kamu juga tak perlu menyewa jasa seorang instruktur untuk bisa melakukan aerobic, cukup tonton video aerobik dan tiru gerakannya. Murah meriah!


3. Push Up

Kredit Foto: beauty.ua

Olahraga sederhana dan murah ini olahraga ini sangat berguna untuk membentuk dan mengencangkan otot dada, lengan, tangan, dan perut. Kamu tak perlu kehujanan, cukup lakukan push up di dalam rumah dan rasakan sendiri manfaatnya.


4. Yoga

Kredit Foto: pinterest.com

Untuk melakukan yoga, kamu tak perlu harus keluar rumah saat hujan. Kamu bisa melakukan olahraga ini dimana saja di dalam rumah kamu. Yoga sangat bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, melenturkan tubuh dan membuat badan dan piliran jadi rilek sehingga tentunya akan membuat kadar stress berkurang. Berlatih yoga dengan diiringi suara rintik hujan di luar rumah akan membuat suasana menjadi lebih syahdu.


5. Sit Up

Kredit Foto: fitneass.com

Sit up adalah olahraga yang sangat bermanfaat untuk memperkuat dan mengencangkan otot-otot perut. Tanpa harus keluar dan kehujanan, kamu bisa melakukan olahraga murah ini di dalam rumah. Cukup siapkan matras atau alas untuk melakukan sit up sambil menonton TV, sedap betul!


6. Squat Jump

Kredit Foto: pinterest.com

Squat jump adalah olahraga yang berguna untuk memperkuat otot paha, betis dan punggung. Apakah kamu harus melakukan olahraga ini di luar rumah yang basah oleh air hujan? Tentu tidak! Kamu bisa melakukan olahraga tanpa alat ini di setiap ruangan dalam rumahmu.


7. Skipping/ Lompat Tali

Kredit Foto: hiyaplus.com

Lompat tali adalah permainan atau olahraga yang menjadi kesukaan banyak anak kecil, dan mungkin kamu juga sering melakukannya saat masih kecil. Sekarang kamu bisa melakukan olahraga ini saat hujan turun. Tak perlu keluar rumah, kamu cukup melakukan lompat tali di dalam rumah. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengencangkan otot, menambah tinggi badan, serta bisa mencegah osteoporosis.


Mah, gimana sobat Omkumis, gampang kan? Meski hujan deras mengguyur di luar rumah, kamu masih bisa berolahraga di dalam rumah. Selain menyehatkan, olahraga di dalam rumah juga nggak perlu mengeluarkan biaya alias gratis dan irit! Yuk, tetap olahraga meski sedang hujan. Salam olahraga! Dapatkan tips- tips menarik lainnya tentang kesehatan, di sini.