KESEHATAN

Nih, 6 Jurus Ampuh Mengatasi Phobia Ketinggian. Wajib Dicoba!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 24/01/2018 17:19 WIB


Nih, 6 Jurus Ampuh Mengatasi Phobia Ketinggian. Wajib Dicoba!
Om Kumis - Phobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau situasi tertentu. Bagi orang yang mengalaminya, rasa takut itu sangat susah untuk dikendalikan. Ketakutan berlebihan ini tidak jarang menyebabkan kepanikan, kecemasan, bahkan depresi yang parah. Tau gak, Ada banyak jenis phobia yang diderita orang, salah satunya adalah phobia pada ketinggian atau yang biasa disebut juga dengan istilah acrophobia.

Orang yang menderita acrophobia akan merasa sangat panik, cemas, tegang, pusing, dan bahkan sesak nafas saat berada di tempat yang tinggi. Hal ini sangat membahayakan orang yang menderita phobia ketinggian saat ia harus berada di tempat yang tinggi. Apakah kamu termasuk orang yang menderita phobia ketinggian? Jika iya, ada baiknya kamu harus segera melawan dan mengatasi rasa takut itu karena tidak selamanya berada pada posisi ketinggian tertentu itu menakutkan dan membahayakan.

Memang tidak mudah dan tidak cepat untuk menghilangkan rasa ketakutan pada ketinggian itu. Namun dengan usaha keras dan terus menerus, kamu bakal bisa menghilangkan phobia ketinggian itu. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa takut itu? Berikut Omkumis berikan tips untuk mengatasi rasa takut pada ketinggian. Simak baik-baik ya.


1. Relaksasi

Kredit Foto: bg.ru

Rasa takut itu berasal dari pikiran, dari otak. Jadi sebenarnya yang membuat kamu takut itu adalah kamu sendiri, pikiran kamu sendiri. Untuk mengatasinya, coba lakukan relaksasi dengan menenangkan diri kamu sendiri saat berada di tempat yang tinggi. Bersikaplah rileks, tenangkan pikiranmu, hilangkan semua pikiran negatif, dan coba redam kecemasan kamu. Lakukan hal ini berulang-ulang saat berada di ketinggian sampai kamu benar-benar merasa santai dan tidak cemas saat berada di tempat tinggi.


2. Hypnoteraphy

Kredit Foto: groupon.com

Salah satu metode penyembuhan phobia adalah dengan melakukan hypnoteraphy dimana sangpasien akan diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan ketakutan. Nah, kamu juga bisa melakukan metode ini sendiri karena yang bisa menyembuhkan ketakutanmu adalah kamu sendiri. Kamu harus memberi sugesti kepada diri kamu sendiri bahwa berada di tempat yang tinggi bukanlah hal yang berbahaya. Ingatlah dan sugestikan itu secara terus menerus sampai kamu lupa dengan ketakutan itu.


3. Bayangkan Yang Indah-indah

Kredit Foto: pinterest.com

Rasa takut pada ketinggian adalah karena kamu membayangkan hal yang macam-macam dan negatif saat berada di tempat yang tinggi. Cobalah membayangkan yang indah-indah saja saat di tempat tinggi. Misalnya saja kamu bisa membayangkan bahwa kamu adalah raja yang sedang berada di balkon istana, sedangkan pemandangan di bawah itu adalah daerah kekuasaanmu dengan alam yang indah dan rakyat yang makmur. Atau bayangkan hal yang indah lainnya, hingga rasa ketakutanmu terhadap ketinggian berangsur-angsur berkurang dan hilang.


4. Lihat Video

Kredit Foto: socialsamosa.com

Kamu juga bisa mengurangi rasa takut pada ketinggian dengan sering-sering menonton video tentang aksi yang keren dan menyenangkan di ketinggian. Misalnya saja kamu melihat tayangan olahraga di tempat tinggi, atau melihat video tentang keindahan alam yang diambil dari angkasa. Semakin sering kamu melihatnya dan semakin menikmatinya maka secara perlahan ketakutan terhadap ketinggian akan sirna. Inilah yang dinamakan dengan terapi virtual.


5. Motivasi

Kredit Foto: britishcouncil.org

Seperti yang dijelaskan di poin nomor 2 diatas bahwa yang bisa menyembuhkan ketakutanmu adalah kamu sendiri. Untuk itu kamu harus selalu memotivasi diri kamu sendiri untuk bisa lepas dari phobia ketinggian yang menyebalkan itu. Ingat, tidak ada motivator yang lebih hebat dibanding diri kamu kamu sendiri.

6. Latihan

Kredit Foto: pinterest.com

Taka da seorang atlet yang berhasil tanpa latihan. Band terkenal seperti Coldplay atau Metallica pun juga tetap latihan supaya performa mereka bagus. Begitu pula dengan kamu. Semua metode yang kamu jalani akan sia-sia jika kamu hanya melakukannya sekali. Kamu harus tetap melatih diri kamu untuk terbiasa berada di tempat yang tinggi. Latihan dan latihan hingga rasa takut itu lenyap.


Nah, bagi kamu yang punya masalah takut dengan ketinggian, coba jalankan enam jurus diatas. Coba dan rasakan mafaatnya. Semoga rasa ketakutan kamu akan ketinggian segera hilang ya. Dapatkan tips-tips menarik lainnya dari Omkumis, di sini.