KESEHATAN

Penting! Inilah 7 Cara Sehat Meski Bekerja Seharian Di Depan Komputer

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 23/02/2018 00:38 WIB


Penting! Inilah 7 Cara Sehat Meski Bekerja Seharian Di Depan Komputer
Om Kumis - Bagi para pekerja kantoran, bekerja di depan komputer adalah rutinitas sehari-hari yang harus dilakukan. Begitu pula dengan para mahasiswa/mahasiswi yang tengah menyelesaikan skripsi atau tesis yang mau nggak mau harus menghabiskan waktu yang lama di depan komputer atau laptop. Tahukah kamu bahwa berlama-lama duduk di depan komputer dan menatap monitor bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh?

Banyak gangguan kesehatan yang timbul akibat terlalu lama bekerja di depan komputer. Mulai dari gangguan pengelihatan, sakit leher, sakit punggung, sakit pinggang, hingga stress. Tapi bagaimana lagi jika bekerja seharian di depan komputer adalah sebuah keharusan dan kewajiban. Tenang, sebenarnya masih ada banyak cara untuk tetap sehat meski kamu harus bekerja seharian di depan komputer.

Kamu masih bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk di depan komputer, asal kamu mau dan tidak malas melakukan tips dari Omkumis di bawah ini. 

1 . Atur Cahaya Monitor

Cara pertama dan paling gampang adalah dengan mengurangi pencahayaan pada monitor. Redupkan sedkit cahaya monitor dan atur tingkat kecerahannya tapi tetap terasa nyaman di mata, karena cahaya yang memancar dari monitor yang terlalu terang dapat menyebabkan mata cepat lelah. Mata yanglelah bisa menyebabkan gangguan pengelihatan dan juga sakit kepala.

2. Sering Berkedip

Meski terkesan sepele, tetapi kamu harus sering berkedip saat menatap layar monitor komputer. Terlalu lama menatap layar monitor dapat mengakibatkan mata kering dan terasa perih. Oleh karena itu seringlah berkedip untuk menghindarkan bahaya tersebut. Selain itu mengedipkan mata juga bermanfaat untuk mengistirahatkan mata.

3. Alihkan Pandangan

Selain berkedip, kamu juga harus rutin mengalihkan pandangan dari layar monitor. Terlalu lama menatap layar monitor membuat mata perih dan juga lelah. Oleh karean itu, sesekali ailhkan pandangan kamu karena hal ini sekaligus untuk mengistirahatkan mata.

4. Jaga Jarak Pandang

Pastikan bahwa posisi duduk kamu tidak terlalu dekat dengan layar monitor. Pastikan untuk menjaga jarak pandang karena jarak pandang yang terlalu dekat bisa membuat mata terasa cepat lelah dan juga bisa terpapar radiasi monitor. Jarak pandang yang ideal antara mata dengan layar komputer adalah sekitar 45cm, oleh karea itu Usahakan memperoleh jarak pada kisaran 45 cm.
 
5. Posisi Duduk

Posisi duduk yang salah bisa menimbulkan sakit punggung, sakit pinggang dan juga sakit leher. Oleh karena itu pastikan untuk duduk dengan posisi tegak, jangan membungkuk atau miring. Posisikan bahu juga tegak supaya nyaman dan terhindar dari rasa pegal. Sejajarkan mata dengan layar, jangan terlalu tinggi atau rendah supaya leher kamu tidak terasa sakit. 

6. Minum Air Putih

jangan pernah menyepelkan air putih. Saat bekerja seharian di depan komputer, tubuh bisa beresiko dehidrasi. Minumlah banyak air karena tubuh butuh banyak cairan meski kamu lebih banyak duduk. Minumair putih banyak juga menghindarkan tubuh dari resiko terkena sakit punggung, pinggang, dan lejer.

7. Peregangan

Duduk terlalu lama di depan komputer bisa membuat otot tubuh terasa kaku. Mulai dari otot tangan, leher, punggung, bahu dan juga kaki bisa terasa kaku. Hal ini salah satunya adalah karena aliran darah yang tidak lancar. Oleh karena itu, usahakan setiap setengah jam hingga satu jam, hentikan aktivitasmu dengan komputer dan lakukan olahraga ringan. Lakukan peregangan pada tangan, kaki, bahu dan leher. COntohnya adalah dengan mengibas-baskan tangan, menggerakkan leher, dan meregangkan kaki.

Nah sobat Omkumis, itu tadi 7 cara sehat meski harus bekerja seharian di depan komputer. Lakukan tujuh cara di atas dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan kamu. Kalau mau tahu lebih banyak tentang tips-tips seputar kesehatan, klik saja di sini.