Kamu Percaya Mitos? Fenomena ‘27 Club’, Rockstar yang Mati Muda di Usia 27 Tahun

Admin
Admin,
Jumat, 16/12/2016 18:31 WIB


Kamu Percaya Mitos? Fenomena ‘27 Club’, Rockstar yang Mati Muda di Usia 27 Tahun
Om Kumis - Angka 27 sering disebut sebagai angka kutukan untuk para musisi. Hal ini karena fenomena banyak musisi terkenal yang mati muda saat mereka menginjak usia 27 tahun. Entah hal ini karena hanya suatu kebetulan saja atau memang benar semacam kutukan, nyatanya beberapa rockstar dan musisi terkenal lainnya meninggal pada usia 27 tahun ini.

Namun tak hanya musisi rock atau musisi terkenal lainnya yang meninggal di usia 27 tahun. Beberapa nama populer di luar industri musik pun banyak yang meninggal di usia 27 tahun. Banyak yang menyebut fenomena ini sebagai fenomena gaib atau bahkan konspirasi, meskipun tak ada bukti pasti.

Kematian musisi terkenal pada usia 27 tahun ini membuat mereka disebut tergabung dalam “27 Club” atau kadang disebut sebagai “The Forever 27 Club”. Penyebutan istilah 27 Club ini pertama kali untuk menghormati rockstar yang meninggal pada usia 27 tahun dalam rentang waktu antara tahun 1969-1971 seperti Jim Morisson, Jimi Hendrix, Brian Jones dan Janis Joplin. Namun kematian salah seorang yang disebut sebagai Nabi Grunge, Kurt Cobain, membuat keanggotaan 27 Club diperluas.

Nah, siapa saja rockstar anggota “27 Club” yang meninggal pada usia 27 tahun dalam rentang waktu tahun 1969-1971? Inilah mereka..

1 . Brian Jones

Kredit Foto : bbc.co.uk

Brian Jones adalah musisi serba bisa yang turut mendirikan grup rock and roll terbesar dunia, The Rolling Stones. Gitaris kelahiran 28 Februari 1942 ini tak hanya piawai bermain gitar dan harmonika, melainkan ia juga jago membuat lagu dan menjadi produser The Rolling Stones. Namun sejak 1968, Brian Jones terjebak dalam narkoba sehingga pada 1969 ia dipaksa keluar dari The Rolling Stones. Tak sampai sebulan keluar dari The Rolling Stones atau tepatnya pada 3 Juli 1969, Brian Jones ditemukan tergeletak di dasar kolam renang di rumahnya di Hartfileld, East Sussex. Kematian Brian Jones di usia 27 tahun 125 hari tersebut menimbulkan spekulasi bahwa ia dibunuh, meskipun kepolisian merilis laporan bahwa kematiannya murni karena kecelakaan.

2. Jimi Hendrix

Kredit Foto : pinterest.com

Rasanya semua pecinta musik rock tak ada yang tak mengenal sosok Jimi Hendrix. Bahkan hamper semua gitaris rock pasti menyebut nama Jimi Hendrix sebagai salah satu idolanya. Gitaris kelahiran 27 November 1942 ini adalah gitaris paling berpengaruh di dunia musik rock. Jimi Hendrix juga dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu yang handal. Jimi Hendrix ditemukan meninggal pada 18 September 1970 di hotel Samarkand. Berbagai spekulasi menghiasi seputar penyebab kematian Dewa Gitar ini. Ada yang menduga bahwa Jimi Hendrix sengaja dibunuh, ada yang mengatakan bahwa ia overdosis obat tidur. Kepergian Jimi Hendrix di usia yangmasih sangat muda, 27 tahun, merupakan salah satu kehilangan terbesar untuk dunia musik rock.

3. Janis Joplin

Kredit Foto : pinterest.com

Janis Joplin disebut sebagai salah satu musisi jenius pada jamannya, Karirnya melejit setelah menjadi vokalis solo usai meninggalkan Big Brother and the Holding Company. Penyanyi kelahiran 19 Januari 1943 ini disebut sebagai salah satu vokalis perempuan paling berpengaruh di dunia. Pada 4 Oktober 1970, Janis Joplin ditemukan meninggal dunia akibat overdosis heroin. Saat itu usia Janis Joplin menginjak 27 tahun 258 hari.

4. Jim Morisson

Kredit Foto : Geometria.tv

Jim Morisson bisa disebut sebagai penggambaran nyata dari sosok rockstar. Otak yang jenius, tampang rupawan, pandai membuat syair indah, simbol sex, dan karismatik. Jim Morisson disebut sebagai vokalis terbesar sepanjang masa. Pria kelahiran 8 Desember 1943 ini adalah pendiri dari grup legendaries The Doors. Dikenal sebagai musisi yang jenius, Jim Morisson justru mengalami ketergantungan pada alkohol, obat-obatan terlarang, dan juga seks saat karirnya tengah berada di puncak. Pada 3 Juli 1971, Jim Morisson ditemukan tewas di salah satu hotel yang berada di Paris. Tubuh Jim ditemukan tak bernyawa di dalam bak mandi dengan kondisi kondisi hidung berbusa dan berdarah. Jim ditengarai overdosis heroin. Saat itu usia Jim menginjak 27 tahun, 207 hari.


Baca cerita lainnya OmKumis di sini.