SELEB

Wow! Ini Dia 7 Penulis Terkaya di Dunia 2017. Adakah Penulis Favoritmu?

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 21/09/2017 22:24 WIB


Wow! Ini Dia 7 Penulis Terkaya di Dunia 2017. Adakah Penulis Favoritmu?
Om Kumis - Para pecinta buku tentu sudah tak asing lagi dengan nama para penulis jempolan dunia seperti J.K Rowling, Dan Brown, John Grisham, atau James Patterson. Ya, mereka adalah para penulis buku best seller, bukunya terjual laris manis di seluruh dunia. Setiap karyanya ditunggu dan diburu para pecinta buku. Karya mereka telah mengalami proses cetak ulang berkali-kali karena masih tingginya permintaan pasar. Karya mereka pun juga sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Seiring dengan kepopuleran dan buku karya mereka, semakin meningkat pula pundi-pundi kekayaan mereka. Royalti hasil dari penjualan buku terus mengalir ke rekening bank mereka. Lalu siapa penulis dengan pendapatan terbesar alias terkaya di dunia? Pertengahan tahun ini Forbes telah melansir daftar penulis terkaya dunia 2017. Forbes mengumpulkan daftar kekayaan para penulis itu berdasar dari pendapatan mereka selama setahun terakhir. Tak hanya pendapatan dari hasil penjualan buku saja, melainkan juga pendapatan dari sektor lain seperti honor pembicara, royalti film, bisnis pribadi mereka, dan lain sebagainya.

Tahukah kamu siapa yang menyandang predikat sebagai penulis terkaya dunia tahun ini? Forbes menempatkan J.K. Rowling di urutan pertama daftar penulis terkaya 2017. Penulis serial Harry Potter dilansir mencatatkan total pendapatan sebesar 95 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1,2 triliun! Wow, fantastis! Uang sebanyak itu dikumpulkan oleh J.K. Rowling selama setahun terakhir. Pendapatan terbesar J.K Rowling itu didapat dari hasil penjualan buku 'Harry Potter and the Cursed Child' yang rilis pertengahan tahun lalu dan juga didapat dari komisi film Fantastic Beasts and Where to Find Them yang rilis 2016.

Dengan demikian  J.K. Rowling kembali dinobatkan jadi penulis terkaya di dunia setelah hampir satu dekade. Kali terakhir penulis asal Inggris itu menempati posisi pertama sebagai penulis terkaya adalah pada tahun 2008. Hal ini sekaligus membuat J.K. Rowling menggeser posisi penulis asal Amerika Serikat, James Patterson yang tahun lalu menjadi penulis terkaya dunia. Tahun ini James Patterson turun ke peringkat kedua setelah mencatatkan pendapatan sebesar US$87 juta selama setahun terakhir.

Lalu berapa penghasilan yang didapat para penulis top lainnya seperti Dan Brown, Stephen King, atau John Grisham? Berikut ini 7 penulis terkaya dunia 2017 menurut versi Forbes: 

7. Nora Roberts - US$14 juta

Kredit Foto: npr.org

Nora Roberts adalah penulis asal Amerika Serikat yang telah membuat lebih dari 200 novel roman sepanjang karirnya. Nora Roberts menjadi penulis pertama yang masuk dalam 'Romance Writers of America Hall of Fame'. Sepanjang tahun ini penulis yang sekarang berusia 66 tahun itu sukses membukukan pendapatan  sebesar US$14 juta atau turun US$1 juta dari pendapatan tahun 2016 lalu.


6. John Grisham - US$14 juta

Kredit Foto: sinembargo.com

John Grisham bisa disebut sebagai penulis novel bertema hukum yang terbaik di dunia. Buku-bukunya laris manis di pasaran dan hingga kini semua karyanya telah terjual ratusan juta eksemplar. Beberapa novelnya telah diadaptasi menjadi film layar lebar yang juga meraih kesuksesan, misalnya saja The Firm, The Pelican Brief, The Client, A Time to Kill, dan masih banyak lagi. Sepanjang pertengahan tahun 2016 hingga pertengahan tahun 2017, John Grisham meraih pendapatan sebesar US$14 juta


5. Stephen King - US$15 juta

Kredit Foto: pymex.pe

Stephen King adalah seorang penulis kontemporer asal Amerika Serikat. Berbagai macam buku bergenre horor, fiksi ilmiah, dan fantasi mencetak best seller di seluruh dunia dan sebagian di antaranya telah diadaptasi menjadi film layar lebar, film televisi, dan buku komik. King mencatatkan pendapatan sebesar US$15 juta pada tahun ini atau sama dengan pendapatannya tahun lalu.


4. Dan Brown - US$20 juta

Kredit Foto:mpoltronanerd.com.br

Siapa tak kenal dengan Dan Brown? Ya, Dan Brown pernah mengguncang dunia dengan bukunya yang kontroversial berjudul 'The Da Vinci Code'.  Buku-buku karya Dan Brown meraih kesuksesan secara penjualan dan telah dialih-bahasakan ke 52 bahasa di dunia. Sepanjang tahun ini penulis asal Amerika Serikat ini meraup pendapatan sebesar US$20 juta.


3. Jeff Kinney - US$21 juta

Kredit Foto: celebritynetworth.wiki

Jeff Kinney adalah penulis buku untuk anak dan juga seorang kartunis. Karyanya yang paling terkenal tentu saja adalah serial Diary of a Wimpy Kids. Penulis asal Amerika Serikat ini tercatat meraup pendapatan sebesar US$21 juta pada tahun ini atau naik dari tahun lalu dimana ia meraih pendapatan sebesar US$ 19,5 juta.


2. James Patterson - US$87 juta

Kredit Foto: bustle.com


James Patterson adalah penulis asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai penulis buku-buku best seller dan juga dikenal sebagai seorang philantropist. Bukunya yang bergenre misteri dan detektif serta roman laris manis di pasaran. Tahun ini status James Patterson sebagai penulis terkaya dunia 2016 turun ke peringkat kedua. Sepanjang tahun ini Patterson mencatatkan pendapatan sebesar US$87 juta, sementara tahun lalu ia meraup pendapatan sebesar US$95 juta.


1. J.K. Rowling - US$95 juta

Kredit Foto: time.com

Forbes menempatkan J.K. Rowling di urutan pertama daftar penulis terkaya 2017. Penulis serial Harry Potter dilansir mencatatkan total pendapatan sebesar 95 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1,2 triliun! Pendapatan terbesar J.K Rowling itu didapat dari hasil penjualan buku 'Harry Potter and the Cursed Child' yang rilis pertengahan tahun lalu dan juga didapat dari komisi film Fantastic Beasts and Where to Find Them yang rilis 2016.


Nah, itu tadi 7 penulis terkaya 2017 versi Forbes. Luar biasa besar ya pendapatan mereka selama satu tahun. Nahm dari ketujuh penulis buku diatas, siapa penulis favorit kamu? Kalau kamu ingi tahu lebih banyak lagi artikel tentang hiburan, langsung saja klik di sini.