PM India Salah Tanggal Ucapan Ulang Tahun Presiden Afghanistan

Admin
Admin,
Selasa, 08/11/2016 09:30 WIB


PM India Salah Tanggal Ucapan Ulang Tahun Presiden Afghanistan
Om Kumis - Tak ada angin tak ada hujan, Perdana Menteri India Narendra Modi tiba-tiba mengucapkan selamat ulang tahun pada Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada 12 Februari 2016 lalu. Ucapan diberikan melalui kicauan akun Twitternya, @narendramodi.

“Selamat ulang tahun @ashrafghani, semoga panjang umur, sehat dan sukses,” demikian kicauan Narendra.



Namun ternyata, hari itu bukanlah hari lahir Presiden Ghani. Padahal pengikut akun Twitter Narendra lebih dari 18 juta akun.
Ucapan tersebut langsung dibalas oleh Ghani melalui akun Twitternya juga. "Salam dari Munich Mr. PM. Meski hari ulang tahun saya 19 Mei, tapi saya tetap berterima kasih atas ucapannya," kata Ghani. Saat menulis kicauan itu, Ghani tengah menghadiri pertemuan di Munich, Jerman. Memalukan memang. Namun banyak juga yang menyalahkan Google sebagai mesin pencari karena di situs tersebut ulang tahun Ashraf tertulis tanggal 12 Februari.

Selain itu, cuitan salah Narendra itu diduga bukan ditulis olehnya langsung, melainkan dari stafnya yang mengelola akun Twitter. Media memberitakan cuitan itu ditulis oleh manajer media sosialnya, Hiren Joshi. Diberitakan BBC, respons jawaban dari Ghani juga bukan ditulis olehnya sendiri. Pasalnya, kicauan yang ditulis sendiri, akan diberi tanda AG.

Kekeliruan itu menuai respons dari banyak pengguna akun Twitter. Sebagai negara padat penduduk, di India terdapat lebih dari 22 juta pengguna Twitter, berbeda jauh jika dibandinkan di Afganistan yang hanya 176 ribu pengguna.