Di Jepang Ada Seminar Bau Badan Loh!

Admin
Admin,
Selasa, 01/11/2016 18:59 WIB


Di Jepang Ada Seminar Bau Badan Loh!
Om Kumis - Istilah "pelecehan bau" saat ini sudah jadi salah satu kosa kata di Jepang. Bau badan, bau mulut, bau asap rokok hingga bau parfum murahan kerap jadi penyebab orang jadi bahan pembicaraan. Ketika pemilik bau adalah adalah karyawan, terutama pekerja perusahaan jasa. para pelanggan kemudian mengeluhkanya.
Dilansir dari Mirror, beberapa perusahaan jasa di Jepang tengah menyusun aturan untuk membantu karyawan yang memiliki masalah bau badan, bau mulut, bau rokok dan bau parfum murahan.

Kredit Foto : Facebook.com


Salah satunya adalah perusahaan waralaba Owndays. Perusahaan optik ini khawatir reputasi untuk kebersihan pribadi yang buruk karyawannya dapat mempengaruhi penjualan. Dalam aturan yang dibuat perusahaan, karyawan Owndays diwajibkan untuk menyikat gigi setelah makan siang, tidak makan makanan berbau tajam sebelum atau selama jam kerja, dan menghindari menggunakan parfum atau cologne. Aturan dibuat setelah perusahaan menerima keluhan pelanggan tentang staf toko yang berbau rokok saat menawarkan kacamata. Beberapa perusahaan lain di Jepang sampai harus menyewa pembuat deodoran untuk memberikan seminar tentang bagaimana agar tetap segar tanpa bau tak sedap.

Bulan lalu sekitar 40 karyawan di perusahaan telepon seluler SoftBank megikuti seminar yang diadakan oleh Mandom Corp. Mandom merupakan produsen perawatan pribadi pria terbesar di Jepang. Dalam seminar, ahli dari Mandom mengajarkan tentang penyebab bau badan dan bagaimana menggunakan deodoran yang tepat untuk menghindari bau tak sedap. Karyawan diberi pelajaran tentang penyebab bau badan, termasuk bau ketiak dan bau mulut, dan bagaimana cara yang benar menggunakan deodoran.

Kredit Foto : /Freeimages.com


Yasuko Okabe salah seorang peserta seminar mengatakan, bau badan adalah subyek yang sangat sensitif sehingga mungkin tidak mudah untuk mengatakan kepada rekan bahwa mereka mencium bau tak sedap. "Kalau kita menyampaikan isi seminar ini di tempat kerja, masalah bau badan dapat diselesaikan dengan mudah," kata Okabe. Seminar ini juga mengajarkan penggunaan parfum dan cologne yang pas agar tak berlebihan serta pencegahan bau rokok.