Tak Sengaja Kirim Kode Pembajakan, Pesawat Saudi Diisolasi di Manila

Admin
Admin,
Rabu, 09/11/2016 07:33 WIB


Tak Sengaja Kirim Kode Pembajakan, Pesawat Saudi Diisolasi di Manila
Om Kumis - Gara-gara pilot salah mengaktifikan sebuah kode, pesawat Saudi Arabian Airlines nomor penerbangan SVA 872 diisolasi dan diperiksa ketat di Bandara Internasional Ninoy Aquino. Kode yang diaktifkan pilot tersebut adalah tombol Squawk 7500.

Kode ini merupakan kode yang memberitahukan pada menara pengawas bandara bahwa pesawat telah dibajak.

Diberitakan Gulfnews, pesawat tersebut terbang dari Jeddah menuju Filipina. Sesaat setelah mendarat, petugas di darat langsung mengarahkan pesawat agar parkir di tempat khusus.

Di sana telah menunggu petugas kepolisian untuk menangani pembajakan pesawat. Akibatnya, proses penurunan penumpanga juga terhambat.

Manajer Bandara Edmund Monreal mengatakan, ternyata kode tidak sengaja dikirim pilot. Namun meski begitu, pengamanan bandara tetap memeriksa pesawat dan semua penumpang untuk memastikan keamanan pesawat.

"Kru pesawat mengatakan itu kesalahan. Tapi kami tidak bisa main-main dengan keamanan dan keselamatan," kata Monreal. pesawat tetap diperiksa menyeluruh sebagai bagian dari prosedur keamanan.

Kredit Foto :/Wikipedia.com


Meski sudah diakui ada ketidasengajaan, sampai saat ini masih jadi pertanyaan mengapa kode itu bisa terkirim, bahkan sampai dua kali.

Sementara itu Direktur Jenderal Penerbangan Kementerian Transportasi Filipina Roberto Lim mengatakan, polisi masih menyelidiki bagaimana kode itu bisa dikirim. Karena itu sejumlah pihak akan dimintai keterangan, terutama pilot pesawat.