Wiper Pun Butuh Perhatian Khusus. Begini Cara Mudah Merawatnya Agar Lebih Awet

Admin
Admin,
Kamis, 22/12/2016 07:40 WIB


Wiper Pun Butuh Perhatian Khusus. Begini Cara Mudah Merawatnya Agar Lebih Awet
Om Kumis - Musim hujan telah tiba. Bagi pengendara mobil, berkendara di tengah guyuran hujan adalah hal yang menyebalkan. Guyuran air membuat jalanan menjadi licin sehingga pengendara mobil harus ekstra waspada dan hati-hati. Selain itu guyuran hujan membuat pandangan menjadi terganggu.

Salah satu komponen mobil yang terlihat sepele namun sangat berfungsi saat berkendara di tengah hujan adalah wiper. Fungsi utama wiper adalah untuk membersihkan alias menyapu air yang berada di kaca mobil depan maupun belakang sehingga pandangan kita tidak terganggu.

Banyak pemilik mobil yang menyepelekan wiper dan tak pernah merawatnya. Sekarang bayangkan apa jadinya jika wiper mobil kamu tidak berfungsi saat berkendara di tengah hujan, hanya karena kamu malas mengecek dan merawatnya. Pandangan kamu akan terganggu sehingga melemahkan konsentrasi mengemudi yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Tentunya kamu gak mau hal itu terjadi kan. Nah, sadarilah bahwa wiper juga butuh perhatian khusus dari kamu. Jangan malas untuk memperhatikan keseahatan wiper mobil kesayangan kamu demi kenyamanan dan keselamatan kamu dalam berkendara.

Tidaklah terlalu susah untuk merawat wiper supaya tetap berfungsi baik dan tentunya awet. Omkumis akan memberikan jurus jitu untuk kamu tentang bagaimana caranya merawat dan membersihkan wiper mobil tunggangan kamu. Langsung saja simak di bawah ini.


1. Cek Ke-elastisan Karetnya


Pastikan bahwa wiper mobil kamu masih elastis atau sudah terasa keras. Wiper yang sehat adalah wiper yang masih elastis. Jika sudah keras segera ganti dengan yang baru karena karet yang sudah mengeras berpotensi menimbulkan baret pada kaca.


2. Pastikan Karetnya Tidak Retak

Setelah memastikan bahwa karet wiper masih elastis, cek apakah karet wiper masih dalam kondisi bagus dan tidak retak dan masih liat alias tidak lapuk. Jika kamu menemukan keretakan atau tanda lapuk di wiper, segera ganti dengan yang baru. Karet yang retak menyebabkan penyapuan air menjadi tidak sempurna. Begitu pula kalau lapuk maka akan mudah lepas.


3. Perhatikan Gerakan Wiper


Setelah karet wiper dipastikan masih dalam kondisi bagus, sekarang perhatikan gerakan wiper. Jika gerakan wiper terlihat lambat atau berat, bahkan bergetar, kemungkinan baut wiper link (bagian poros engkol wiper) ada yang kendur. Kencangkan kembali dan dan semprotkan cairan 4WD untuk memperlancar pergerakan wiper. Jika masih saja terlihat lambat dan berat, cek apakah kaca mobil dalam keadaan kotor. Kaca yang kotor atau lengket pasti membuat gerakan wiper terasa berat.


4. Bersihkan Wiper


Sekarang saatnya membersihkan wiper. Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih wiper yang biasa di jual di toko atau bengkel. Saat membersihkan wiper, biasakan untuk memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil .


5. Cara pengelapan


Banyak pemilik mobil yang asal mengelap setelah membersihkan wiper, yang penting asal kering. Padahal ada teknik khusus saat mengelap wiper, yaitu jangan pernah mengelap atau membersihkan sisi pinggiran karet wiper! Di bagian itulah terdapat lapisan kimia karet yang berguna untuk menjaga karet tetap elastis. Gunakan kanebo basah saat mengelap wiper.


6. Posisi Wiper Saat Mobil Parkir


Biasakan untuk mengangkat wiper atau menyangganya dengan stand wiper saat mobil kamu diparkir alias sedang tidak digunakan. Hal ini dilakukan supaya ujung karet wiper tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang menempel di kaca mobil.


7. Cek Tangki Air


Pastikan tangki air wiper selalu terisi air. Dianjurkan untuk menggunakan campuran air dan shampoo. Berhati-hatilah menggunakan air wiper secara sembarangan karena saat ini banyak kasus terjadi saluran semprotan wiper tersumbat akibat penggunaan cairan pembersih wiper yang salah. Sebaiknya hindari penggunaan air wiper yang dijual di pasaran. Cukup dengan campuran air dan shampoo saja, murah dan aman.

Nah gimana gaes, tidak susah kan merawat dan membersihkan wiper mobil? Cukup luangkan waktu sedikit untuk memberi perhatian khusus kepada wiper mobil kesayangan kamu, demi kenyamanan dan keselamatan kamu sendiri. Semoga tips sederhana dari Omkumis ini berguna. Indahnya berbagi.


Lihat juga ide dan inspirasi OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}