Tak Perlu Ke Bengkel Untuk Merawat AC Mobil. Lakukan Sendiri Saja, Gampang Kok.

Admin
Admin,
Kamis, 22/12/2016 13:41 WIB


Tak Perlu Ke Bengkel Untuk Merawat AC Mobil. Lakukan Sendiri Saja, Gampang Kok.
Om Kumis - AC alias pendingin udara adalah komponen yang sngat penting dalam kenyamanan kita berkendara. AC adalah perangkat yang wajib ada dalam setiap mobil. Apa jadinya jika AC mobil kamu mulai tidak terasa dingin lagi? Pastinya kamu akan merasa sangat tidak nyaman berkendara, senewen, bahkan bisa kehilangan konsentrasi saat menyetir.

AC mobil yang sudah tidak mengeluarkan hawa dingin lagi, bisa dipastikan sedang mengalami masalah. Nah, apa yang kamu lakukan saat AC tidak terasa dingin lagi? Jawaban yang paling banyak dikemukakan dan paling logis pastinya adalah dengan membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Ya, tidak semua pemilik mobil bisa menangani masalah yang terjadi terkait komponen mobil. Satu-satunya cara adalah dengan membawanya ke bengkel langganan, beres. Namun tahukah kamu, sebenarnya kamu tak perlu ke bengkel untuk merawat AC mobil kamu. Cukup lakukan sendiri saja di rumah, gampang kok. Lalu bagaimana caranya?

Omkumis akan memberikan tips mudah merawat AC mobil sendiri supaya selalu dingin dan awet. Kamu hanya perlu meluangkan waktu sebentar merawatnya dan benar dalam cara penggunannya, demi kenyamanan kamu berkendara. Yuk langsung saja simak tips di bawah ini.


1. Jaga Kebersihan Interior Mobil


Pastikan interior mobil, terutama karpetnya selalu dalam keadaan bersih. Selalu bersihkan dari debu dan kotoran yang ada. Kebersihan itu penting karena saat AC dihidupkan, kotoran di karpet dan kabin mobil akan tersedot oleh filter AC dan bisa menyebabkan tersumbatnya filter tersebut dan bahkan jamuran. Hal itu akan membuat AC kurang dingin dan beraroma tak sedap.


2. Bersihkan Kondensor AC


Pastikan kondensor AC selalu dalam keadaan bersih dan bebas dari debu dan kotoran.Caranya cukup mudah, yaitu saat kamu mencuci mobil jangan lupa untuk menyemprot kondensor AC dengan kencang supaya kotoran yang menempel hilang dan juga untuk menghindari potensi keropos. Kebersihan kondensor AC meembuat kerja AC lebih enteng dan mobil akan lebih cepat dingin.


3. Pasang Filter Kabin


Pasanglah filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran sehingga evaporator AC tidak cepat kotor dan tersumbat. Bersihkan secara berkala dengan semprotan angin.


4. Periksa Extra Fan atau Kipas Radiator


Periksalah apakah extra fan atau kipas radiator masih berfungsi dengan baik dengan melihat perputarannya saat AC dihidupkan.


5. Buka Kaca Saat Menyalakan Mobil

Ingatlah, saat mobil diparkir di tempat yang panas maka kabin mobil akan dipenuhi uap panas. Cara menghilangkan uap panas tersebut sangat gampang, yaitu membuka kaca saat menyalakan mobil.


6. Pemilihan Kaca Film


Jangan sembarangan memilih dan menggunakan kaca film. Meski terlihat sepele, justru kaca film sangat membantu meredam panas yang akan masuk ke kabin mobil. Kaca film mobil dengan kualitas baik (meskipun harganya lebih mahal ), pastinya memiliki kinerja yang baik pula untuk menghindarkan panas yang berlebihan di kabin sehingga kinerja AC juga berjalan dengan baik.


7. Tutup Kaca Dalam Perjalanan


Jangan terlalu sering membuka kaca mobil saat mobil sedang berjalan, lebih baik tutup saja. Debu dan kotoran pasti akan masuk ke kabin saat kaca terbuka sehingga bisa terhisap filter AC dan membuatnya tersumbat.


8. Jangan Merokok


Asap rokok yang terhisap filter AC membuat kinerja evaporator berkurang dan menyebabkan timbulnya aroma tak sedap dari AC.


9. Pengaturan Suhu


Jangan menyalakan AC dengan terlalu kencang karena akan membuatnya bekerja lebih keras sehingga bakal lebih cepat bermasalah. Atur suhu supaya cukup sejuk saja, sehingga AC mobil kamu lebih awet.


Lihat juga tips OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}