Karpet Kotor? Nggak Usah Ke Laundry, Cuci Sendiri Aja!

Admin
Admin,
Jumat, 23/12/2016 23:59 WIB


Karpet Kotor? Nggak Usah Ke Laundry, Cuci Sendiri Aja!
Om Kumis - Saat ini fungsi karpet di rumah tak sekedar hanya  untuk alas duduk saja. Karpet bisa juga berfungsi sebagai pemanis ruangan. Karpet dengan warna dan motif yang enak dilihat bisa membuat ruangan tampak cantik. Berbagai macam warna, ragam corak dan motif dengan varian bahan dan harga pun bisa kita dapatkan di pasaran dengan mudah sesuai dengan selera dan budget yang kita miliki. 


Namun karpet adalah barang yang cepat kotor. Selain debu, seringkali terdapat banyak kotoran di karpet seperti pasir kecil, remah-remah sisa makanan, atau noda bekas minuman yang tumpah.  Kotoran dari sisa makanan dan minuman tadi terkadang menimbulkan bau yang tak sedap jika kita tak segera membersihkannya. 


Nah bagaimana cara membersihkan karpet dari noda membandel dan menghilangkan  bau apek? Ya, dengan mencucinya. Namun alih-alih mencucinya,  membawa karpet yang kotor ke tempat laundry adalah hal yang paling banyak dilakukan orang. Mereka beralasan bahwa mencuci karpet adalah hal yang repot, susah,  dan menguras tenaga.Padahal mencuci karpet sendiri bukanlah hal yang repot, bahkan cukup mudah. 


Bagaimana caranya? Tenang, seperti biasa Omkumis akan memberi tips tentang cara mudah mencuci karpet sendiri tanpa perlu membawanya ke laundry. Yuk, langsung kita praktekkan langkah-langkah di bawah ini.


Semprot

Kredit Foto: expatads.com

Langkah pertama adalah bentangkan karpet di lantai atau di carport rumah anda, lalu semprot seluruh bagian karpet. Semprotlah bagian depan dan belakang dengan air yang bertekanan tinggi untuk melunturkan kotoran yang menempel di karpet. 


Dorong Air

Kredit Foto: carpet.vidalondon.net
Setelah menyemprotnya, dorong air yang masih menempel di karpet. Kamu bisa menggunakan dorongan/ serokan air dari karet, alat yang sama untuk mendorong air dari lantai. Dorong hingga taka da air yang menggenang di atras karpet. 


Sikat

Kredit Foto: yelp.com

Sekarang saatnya menyikat karpet supaya semua kotoran yang masih menempel segera hilang.  Tuangkan sampo di atas karpet supaya karpet terasa lembut saat disikat dan tentunya wangi sampo itu akan menghilangkan bau apek yang menempel di karpet. Harus diperhatikan, saat menyikat, biasakan untuk menyikat searah serat karpet, jangan berlawanan atau tak beraturan.  Hal ini supaya karpet tidak cepat rusak. 


Bilas

Kredit Foto: bartinlife.com

Setelah menyikat dengan bersih, bilaslah karpet tadi dengan menyiramnya memakai air bersih. Siram terus hingga benar-benar bersih dari sisa-sisa sampo.


Jemur

Kredit Foto: wikimedia.org

Setelah membilas dengan bersih, langkah terakhir adalah menjemurnya. Usahakan menjemur karpet di bawah sinar matahari langsung. Selain cepat kering, karpet juga tidak akan berbau apek lagi.


Nah gimana, gampang kan? Siapa bilang mencuci karpet sendiri itu susah? So, segera praktekkan mencucui karpet sendiri tanpa perlu harus mengeluarkan uang untuk biaya laundry. Kan uang yang seharusnya untuk biaya laundry malah bisa dibelikan makanan yang menyehatkan atau minuman segar  usai kamu mencuci karpet. Ya,nggak? 


Lihat cerita lainnya di sini

Trending

  • {{ trend.numb }}