Furnitur Kayu Mulai Kusam? Gak Perlu Bingung, Coba Deh Cara Pelitur Aja! Dijamin Seperti Baru Lagi

Admin
Admin,
Rabu, 28/12/2016 20:42 WIB


 Furnitur Kayu Mulai Kusam? Gak Perlu Bingung, Coba Deh Cara Pelitur Aja! Dijamin Seperti Baru Lagi
Om Kumis - Sebagian orang lebih suka memilih barang yang orisinil atau otentik termasuk dalam pemilihan furniture rumah seperti meja, kursi, dan lemari yang terbuat dari kayu. Orisinil atau otentik disini bisa juga berarti tentang warnanya, yaitu warna dan tekstur kayu yang otentik, bukan furniture yang sudah di warnai dengan cat.

Warna dan tekstur kayu yang alami memang memikat. Guratan garis-garis serat kayu mempunyai keindahan tersendiri. Itulah sebabnya kenapa banyak orang yang memilih furnitur kayu dengan warna yang alami alias otentik.

Namun kelemahan dari warna furnitur kayu otentik adalah cepat terlihat kusam atau pudar. Selain itu timbulnya lubang pada serat kayu membuat furnitur kayu kurang sedap dipandang. Salah satu cara untuk melindungi furnitur kayu supaya tetap awet dan warnanya tidak cepat kusam adalah dengan memeliturnya.

Ya, pelitur aadalah cairan sejenis cat kayu namun lebih cair dan bening atau transparan. Pelitur yang dibalurkan pada permukaan kayu akan membuat kayu tersebut tampak lebih bersinar namun tidak menghilangkan guratan serat kayu yang alami tadi.

Namun meskipun tahu solusinya bahwa cara terbaik untuk melindungi furnitur kayu dari kekusaman adalah dengan melapisinya memakai pelitur, tetap saja banyak orang yang tidak mau segera memeliturnya. Salah satu alasan banyak orang enggan memelitur adalah karena merasa memelitur adalah pekerjaan yang berat dan susah, sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa tukang kayu untuk melakukan hal tersebut.

Padahal memelitur sebenarnya adalah pekerjaan yang tidak susah. Kitapun bisa melakukannya dengan santai untuk mengisi waktu luang seperti saat libur. Memangnya semudah apa sih memelitur furnitur kayu sendiri? Nih, Omkumis akan memberikan tipsnya. Langsung simak saja di bawah ini.


1 . Ampelas

Kredit Foto : wikihow.com

Pertama, ampelaslah permukaan kayu yang hendak dipelitur. Gunakan ampelas bernomor 400 untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ampelaslah semua bagian sampai permukaan kayu tersebut menjadi halus dan berwarna cokelat muda. Jangan lupa gunakan masker penutup hidung supaya serbuk kayu hasil dari ampelasan tadi tidak terhirup oleh hidung.


2 . Bersihkan

Kredit Foto : getridof.com

Selanjutnya bersihkan sisa ampelas pada permukaan kayu tersebut hingga benar-benar bersih. Gunakan lap yang bersih dan pastikan tidak ada lagi debu atau kotoran yang menempel pada permukaan kayu yang sudah halus diampelas.


3 . Tutup Lubang

Kredit Foto : notey.com

Setelah yakin taka da kotoran yang menmpel di permukaan kayu, tutuplaj lubang-lubang pada furniture dengan menggunakan wood filler. Pekerjaan ini sering disebut dengan mendempul. Wood filler dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko bangunan dengan harga terjangkau. Setelah semua lubang pada permukaan kayu tertutp oleh woof filler, diamkan saja selama kurang lebih 1,5 – 2 jam supaya kering.


4. Ampelas Lagi

Kredit Foto : wikihow.com

Setelah wood filler tadi benar-benar kering, periksa kembali apakah masih ada lubang yang belum tertutup. Kemudian ampelas kembali permukaan kayu yang telah ditutup wood filler tadi secara merata. Pastikan ampelasan tadi benar-benar halus dan rata.


5 . Pelitur

Kredit Foto : fb.ru

Setelah mengampelasnya kembali, bersihkan permukaan kayu dan pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Selanjutnya saatnya mengoleskan cairan pelitur pada permukaan kayu. Harus diingat bahwa gerakan memelitur yang benar adalah searah dengan serat kayu. Selanjutnya diamkan saja sealma kurang lebih satu jam supaya pelitur benar-benar kering.


6. Ulangi Sampai Kinclong

Kredit Foto : ritmir.ru

Setelah hasil pelituran pertama benar-benar kering, ulangi lagi memoles permukaan kayu dengan pelitur hingga warna pelitur merata dan kinclong.

Nah, masih berpikir bahwa memelitur furnitur kayu adalah pekerjaan yang sulit? Ternyata gampang ya. Sekarang pilih waktu yang tepat dan saatnya untuk memmelitur sendiri furnitur kesayangan kamu.


Lihat juga inspirasi OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}