5 Hal Ini Jangan Dilakukan Saat Nyetir Di Tengah Hujan Deras, Berbahaya!

Admin
Admin,
Minggu, 08/01/2017 07:30 WIB


5 Hal Ini Jangan Dilakukan Saat Nyetir Di Tengah Hujan Deras, Berbahaya!
Om Kumis - Banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan saat hujan deras. Kondisi jalanan yang licin dan jarak pandang pengguna kendaraan saat hujan deras memicu dan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Untuk itu selalu berhati-hatilah saat berkendara di tengah guyuran hujan deras.

Ada satu hal penting yang harus diperhatikan saat berkendara terutama saat menyetir atau mengemudikan mobil saat hujan deras, yaitu soal cara menyetir. Perlu diketahui bahwa cara mengemudikan mobil saat hujan sudah pasti berbeda saat jalanan kering. Cara nyetir yang salah bisa membahayakan diri kamu sendiri dan pengguna jalan yang lain, selain itu bisa meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Tentunya kamu tak mau menjadi korban kecelakaan yang sialnya terjadi akibat kecerobohan kamu saat mengemudikan mobil kesayangan kamu kan? Jangan sampai hal itu terjadi pada kamu. Omkumis akan kasih tahu beberapa kesalahan yang harus dihindari saat kamu menyetir mobil di tengah hujan deras. Simak baik-baik di bawah ini, dan jangan lakukan kesalahan itu lagi mulai sekarang.


1 . Ngebut

Kredit Foto : hipvan.com

Ngebut alias mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi tak hanya bahaya saat hujan, bahkan di jalanan yang kering pun melajukan mobil dengan kecepatan tinggi juga harus dihindari. Jalanan yang basah akibat guyuran hujan akan membuat oli di atas permukaan jalan akan bercampur dengan air sehingga jalan menjadi licin. Akibatnya cengkeraman ban mobil di jalanan akan berkurang. Apa yang akan terjadi jika ban tidak mencengkeram jalan dengan baik? Slip! Nah, cara paling ampuh supaya tidak slip adalah dengan memperlambat kecepatan alias jangan ngebut.


2. Tidak Menyalakan Lampu Utama

Kredit Foto : carbay.com

Banyak pengemudi yang bandel dengan tidak menyalakan lampu utama saat berkendara di tengah hujan. Padahal saat hujan, menyalakan lampu depan adalah hal yang wajib dilakukan. Lampu depan membantu pengemudi bisa melihat jalan yang terhalang oleh guyuran hujan. Selain itu cahaya lampu dari mobil kamu membantu pengendara lain di depan dan yang berlawanan arah bisa melihat mobil kamu.


3. Menggunakan Lampu Jauh

Kredit Foto : shutterstock.com

Saat hujan deras mengguyur, biasanya disertai oleh turunnya kabut. Hal ini membuat pandangan pengemudi mobil terganggu. Banyak pengemudi yang coba mengatasinya dengan menyalakan lampu jauh dengan harapan bisa membuat pandangan lebih leluasa. Namun ternyata hal itu adalah salah besar. Menyalakan lampu jauh membuat cahaya lampu akan dipantulkan kembali ke oleh curahan hujan sehingga pandangan kamu terganggu. Selain itu lampu jauh bakal membuat pengemudi lain yang melintas dari arah berlawanan terganggu pandangannya. Untuk itu cukup nyalakan saja lampu kabut yang pastinya lebih optimal untuk menambah cahaya ke jalan.


4. Menyalakan Lampu Hazard

Kredit Foto : reddit.com

Banyak pengemudi mobil yang menyalakan lampu hazard dengan tujuan supaya pengemudi mobil di belakang bisa melihat keberadaan mobil kita. Namun cara ini justru salah besar. Jangan pernah gunakan lampu hazard pada saat hujan deras karena hal itu justru akan membuat kendaraan di belakang tidak tahu kemana Anda akan berbelok. Selain itu lampu hazard akan membuat lampu rem tidak terlihat oleh pengemudi di belakang mobil kamu.


5. Menerjang Genangan Air

Kredit Foto : twitter.com

Pengemudi mobil sering menyepelekan adanya genangan air di jalan dan lebih memilih untuk menerjangnya. Hal ini sangat berbahaya, karena kamu belum tahu pasti seberapa dalam genangan itu dan apakah ada lubang di jalanan yang tergenang banjir itu. Lebih baik hindari genangan air yang terlhat dalam dan jangan mencoba menerobos banjir yang justru akan membuat mobil kamu nantinya bermasalah.

Nah, sekarang kamu tahu kana pa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengemudi mobil saat menyetir di tengah hujan deras. Mungkin kamu sendiri pernah melakukannya. Mulai saat ini jangan lakukan kesalahan-kesalahan di atas tadi. Keep safety driving ya sobat Omkumis.


Lihat info dan tips inspirasi OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}