Sadar Nggak, Kesalahan Mencuci Jaket Seperti Ini Bikin Jaket Kulit Mudah Rusak

Admin
Admin,
Senin, 30/01/2017 13:41 WIB


Sadar Nggak, Kesalahan Mencuci Jaket Seperti Ini Bikin Jaket Kulit Mudah Rusak
Om Kumis - Salah satu jenis jaket yang banyak digandrungi oleh orang adalah jaket kulit. Mengenakan jaket kulit bisa menambah kepercayaan diri seseorang karena pemakainya akan terlihat lebih gagah, keren, dan trendi. Apalagi jaket kulit dikenal mempunyai harga yang relatif lebih tinggi dibanding jaket dengan bahan kain, sehingga akan menambah kepercayaan diri pemakainya.

Namun seseorang yang mempunyai jaket kulit juga harus sadar akan resiko perawatan yang lebih ekstra dibanding dengan perawatan jaket berbahan kain. Bahkan cara mencucinya pun berbeda dan tak boleh sembarangan. Mencuci dengan sembarangan justru akan membuat jaket kesayangan kamu tidak awet alias cepat rusak.

Banyak orang yang secara tak sadar melakukan kesalahan mendasar namun fatal saat mencuci jaket kulit. Kesalahan ini timbul kebanyakan karena pemiliknya tak tahu cara mencuci jaket kulit supaya tidak mudah rusak. Namun tak usah khawatir karena Omkumis akan membeberkan kesalahan dasar dalam proses pencucian jaket kulit, mulai dari awal perendaman hingga penjemuran. Simak baik-baik di bawah ini.


1. Perendaman

Kredit Foto : youtube.com

Jangan merendam jaket kulit kamu bersama dengan pakaian yang lain. Wajib diketahui, ketahanan bahan jaket kulit berbeda-beda dimana ada yang kuat da nada yang mudah luntur warnanya. Cara mengetahuinya gampang, yaitu oleskan kain atau handuk basah berwarna cerah ke permukaan jaket., Jika ada noda di kain atau handuk tadi, maka bisa dipastikan bahwa jaket itu mudah luntur. Jika demikian, sebaiknya jaket kulit itu jangan dicuci, melainkan di bersihkan dengan lap saja. Namun jika memang sangat kotor dan ingin mencucinya, kamu harus tahu trik lainnya seperti yang akan dibahas di poin kedua di bawah ini.


2 . Deterjen

Setelah melakukan pengetesan bahan seperti di poin pertama, saatnya memilih deterjen untuk mencuci jaket kulit. . Usahakan menggunakan deterjen cair untuk mengelap noda membandel. Atau kamu boleh menggunakan sabun mandi atau shampoo bayi. Hindari pemakaian deterjen bubuk atau pemutih pakaian. Kedua bahan itu bisa membuat jaket kulit menjadi retak dan berwarna kusam.


3. Penyikatan

Kredit Foto : telegrafi.com

Saat membersihkan kotoran atau noda membandel, jangan menyikat jaket kulit. Cukup dengan mengelapnya hingga bersih. Menyikat jaket kulit bisa membuat bagian luar jaket kulit terkikis sehingga berubah bentuk dan warna.


4 . Suhu Air

Kredit Foto : tecmundo.com.br

Banyak orang yang mencuci jaket kulit dengan menggunakan air yang hangat atau bahkan panas karena menganggap air hangat atau panas bakal melunturkan kotoran dan noda yang membandel. Namun ternyata anggapan itu salah besar. Mencuci yang benar adalah dengan menggunakan air dingin. Air yang panas akan membuat jaket kulit mengeriput atau bahkan retak.Hal ini terjadi karena kulit mempunyai sifat yang elastis.


5. Mesin Cuci

Kredit Foto : wikihow.com

Sebisa mungkin hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci jaket kulit. Mencucinya dengan mesin cuci akan membuat tekstur kulit mudah rusak dan jika sering dilakukan maka jaket kulit akan mudah terkoyak. Namun jika kamu harus menggunakan mesin cuci, maka gunakanlah pelindung misalnya dengan cara membungkus jaket menggunakan tas laundry suoaya aman dari kerusakan saat digiling mesin cuci. Selain itu gunakan putaran yang pelan (soft) di mesin cuci.


6. Penjemuran

Kredit Foto : uheart.top

Kesalahan utama saat menjemur yang dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menjemur jaket kulit di bawah sinar matahari langsung dengan harapan akan lebih cepat kering. Hal ini adalah salah besar. Jaket kulit yang terkena sinar matahari langsung akan menjadi keras dan kaku. Jemurlah jaket kulit di tempat yang terlindung dari terpaan langsung sinar matahari supaya kulitnya tetap elastis dan warnanya tak berubah karena panas.

Nah sobat Omkumis, setelah membaca uraian di atas, apakah kamu termasuk dalam orang yang ternyata melakukan kesalahan dalam mencuci jaket kulit? Pastikan untuk tidak melakukan kesalahan dasar seperti yang dijelaskan oleh Omkumis supaya jaket kulit kesayangan kamu tetap awet dan keren.


Lihat juga info dan inspirasi OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}