Ingin Memelihara Ikan Hias di Akuarium? Ini Yang Wajib Kamu Perhatikan!

Admin
Admin,
Senin, 30/01/2017 19:35 WIB


Ingin Memelihara Ikan Hias di Akuarium? Ini Yang Wajib Kamu Perhatikan!
Om Kumis - Melihat ikan hias dengan bentuk lucu dan berwarna-warni yang sedang mondar-mandir berenang di akuarium memang sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, ternyata masih banyak manfaat lain yang diperoleh dengan memelihara ikan hias. Berbagai peneltian menyebutkan bahwa menikmati keindahan ikan hias dapat memberikan ketenangan batin dan bisa membuat pikiran menjadi tenang dan jernih.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang memiliki hobi merawat ikan cenderung lebih bahagia dan lebih banyak terhindar dari depresi. Selain alasan kesehatan tubuh, keindahan yang timbul dari bentuk dan warna ikan hias memang menjadi alasan utama banyak orang untuk memelihara ikan hias di akuarium.

Namun sebelum memutuskan untuk memelihara ikan hias di akuarium, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Sebelum menentukan ikan jenis apa yang ingin kamu pelihara, kamu harus memikirkan bentuk, bahan,dan ukuran akuarium . Namun jangan khawatir atau bingung, kali ini Omkumis akan memberikan tips jitu bagaimana cara memilih akuarium. Simak baik-baik di bawah ini ya.


1 . Lokasi Penempatan

Kredit Foto: decorola.com

Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan hias dan membeli akuarium, pastikan bahwa kamu telah menentukan lokasi penempatan akuarium. Pastikan bahwa ada koneksi listrik di dekat akuarium, supaya kamu gampang menyambungkan kabel untuk filter air, pompa air, dan lampu. Pertimbangkan apakah tempat itu cukup lega saat kamu membersihkan akuarium. Letakkan di tempat yang semua anggota keluarga nyaman untuk menikmati keindahan ikan hias.


2. Ukuran

Kredit Foto: ukaps.org

Kamu harus memastikan terlebih dahulu ikan hias jenis apa yang akan kamu pelihara dan berapa jumlahnya. Dari rencana awal yang sudah matang ini, maka kamu bisa memilih ukuran akuarium. Usahakan untuk memilih yang berukuran agak besar, karena ikan pun senang dengan tempat yang luas. Namun yang pasti adalah sesuaikan ukuran akuarium dengan ukuran lokasi penempatan, sehingga terlihat harmonis dan tidak terlihat terlalu besar atau terlalu kecil. Selain itu pikirkan kemampuan merawat akuarium, jika kamu merasa malas atau tak mampu merawat akuarium dengan ukuran besar ya jangan beli yang berukuran besar.


3. Bentuk

Kredit Foto: alibaba.com

Saat kamu ke toko yang menjual akuarium, Omkumis jamin kamu bakal bingung untuk menentukan pilihan bentuk akuarium yang akan kamu beli karena banyaknya pilihan bentuk dari yang sederhana hingga yang keren. Meskipun bentuk akuarium semakin bervariasi dan terlihat lucu, tetap saja bentuk tradisional (korak atau persegi panjang) menjadi akuarium yang paling banyak dibeli, karena lebih praktis cara perawatannya.


4. Bahan

Kredit Foto: carabudidayaikann.blogspot.co.id

Kebanyakan akuarium terbuat dari bahan kaca dan akrilik. Ada kelebihan dari masing-masing bahan tersebut. Akuarium dengan bahan akrilik disebut lebih kuat dan awet. Sementara akuarium berbahan kaca kelbeihannya adalah tidak gampang baret atau tergores.


5. Ketebalan

Kredit Foto: Aquariumlife.com.au

Perhatikan ketebalan kaca apakah sesuai dengan ukuran luas akuarium. Ketebalan kaca berpengaruh kepada daya tahan akuarium untuk menahan volume air. Pilihlah kaca yang tebal sehingga tak muda h retak meskipun menahan beban air yang berat.

Nah, ternyata lumayan banyak ya yang harus diperhatikan sebelum membeli akuarium. Setelah membaca penjelasan dari Omkumis di atas, jangan sembarangan untuk membeli akuarium, perhatikan lima hal di atas. Oke, selamat memelihara ikan hias dan menikmati keindahannya.


Lihat juga info seputar hobi OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}