Jangan Malas dan Jangan Pernah Telat Ganti Oli Mesin Mobil. Ini Akibatnya!

Admin
Admin,
Selasa, 31/01/2017 07:44 WIB


Jangan Malas dan Jangan Pernah Telat Ganti Oli Mesin Mobil. Ini Akibatnya!
Om Kumis - Semua pemilik mobil pasti tahu bahwa perawatan rutin seperti penggantian oli mesin secara berkala wajib dilakukan. Namun banyak pemilik mobil yang mengabaikan dan memilih untuk menunda ganti oli mesin, padahal batas waktu penggantian oli sudah lewat. Apakah kamu salah satu orang yang termasuk malas mengganti oli mesin? Jika iya, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk itu.

Fungsi utama oli mesin mobil adalah untuk membersihkan dan juga menghaluskan kerja mesin mobil kesayangan kamu. Mesin mobil akan bekerja optimal jika oli mesin dalam keadaan baik. Jika kamu malas menggantinya tentu mobil tunggangan kamu bisa bermasalah terutama mesinnya. Nah, siapa yang rugi kalau mobil kamu bermasalah? Ya tentu kamu sendiri.

Oli mesin mobil memiliki batas waktu atau jarak waktu yang sudah ditentukan supaya bisa bekerja optimal. Untuk itu jangan pernah malas atau telat untuk mengganti oli mesin jika memang sudah saatnya diganti. Apakah kamu tahu efek buruk alias bahayanya jika kamu telat atau bahkan tak pernah mengganti oli mesin? Simak penjelasan Omkumis di bawah ini.


1 . Mesin Jadi Kasar

Kredit Foto: mobil.org

Tadi sudah dijelaskan di atas bahwa fungsi utama oli mesin mobil adalah untuk membersihkan dan juga menghaluskan kerja mesin mobil kesayangan kamu. Jadi jika kamu telat mengganti oli maka mesin mobil tak akan bekerja optimal. Tanda yang paling kentara adalah mesin mobil kamu terasa kasar. Jika oli masih dalam keadaan bagus maka mesin mobil suaranya halus dan mobil akan terasa langsam karena mesin yang bekerja secara optimal.


2. Kualitas Mesin Menurun

Kredit Foto: toyotabandunginfo.com

Jika mesin jadi kasar seperti yang dijelaskan di poin pertama, sementara kamu tetap tak mau mengganti olinya, maka mesin mobil kamu tak bisa bekerja dengan normal. Akibatnya adalah kinerja dan kualitas mesin mobil akan menurun Selain itu penggantian oli secara rutin bisa memperpanjang usia mesin mobil kamu. Jika kamu malas atau tak pernah menggantinya, usia pakai mesin mboil akan semakin pendek.


3. Mesin Gampang Panas ( Overheating )

Kredit Foto: asapmobil.com

Selain menghaluskan kerja mesin, oli mesin juga berfungsi untuk membantu proses mendinginkan mesin mobil. Jika kamu telat mengganti oli, maka proses pendinginan mesin menjadi semakin lambat dan tidak maksimal sehingga berpotensi membuat mesin menjadi terlalu panas alias overheat.


4. Boros BBM

Kredit Foto: pricebook.co.id

Sumber tenaga mobil adalah bahan bakar minyak alias BBM. Tarikan mesin yang berat membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar, begitu pula sebaliknya. Jika oli masih dalam keadaan baik, maka kinerja mesin akan lebih optimal dan tarikannya enteng. Jika oli dalam keadaan buruk maka kinerja mesin menjadi berat dan tentunya jadi lebih boros BBM.


5. Mesin Jadi Rusak

Kredit Foto: apritos.com

Komponen-komponen penting dalam mesin seperti piston, dinding silinder, dan lain sebagainya bisa cepat rusak jika oli dalam keadaan buruk dan kotor. Resiko terbesar dari kerusakan komponen bagian dalam mobil adalah mobil kamu harus turun mesin. SUdah kebayang kan berapa biaya yang akan kamu keluarkan jika mobil kamu harus turun mesin?

Nah itu tadi beberapa akibat yang berbahaya jika kamu malas atau tak pernah mengganti oli mesin mobil kesayangan kamu. Mulai sekarang jangan pernah menyepelekan betapa pentingnya rutinitas mengganti oli mesin mobil, karena jika tidak kerugian besar yang akan kamu tanggung. Semoga info Omkumis ini bermanfaat dab yang pasti tetap utamakan safety driving ya.


Lihat juga info dan tips lainnya dari OmKumis di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}