Kumis dan Jenggot Juga Harus Rutin Dicuci, Begini Caranya

Admin
Admin,
Kamis, 02/02/2017 18:35 WIB


Kumis dan Jenggot Juga Harus Rutin Dicuci, Begini Caranya
Om Kumis - Kumis dan jenggot identik dengan maskulinitas. Jadi wajar ketika banyak pria yang memelihara kumis dan jenggot hingga lebat. . Bagi sebagian pria, mempunyai kumis dan jenggot yang lebat menambah kesan jantan, tampak lebih gagah dan berwibawa.

Namun ada konsekuensi logis jika kamu memelihara kumis dan jenggot, yaitu kamu harus merawatnya secara rutin dan benar supaya selalu terlihat rapi. Kumis dan jenggot yang tumbuh lebat tapi dibiarkan saja dan tak terawat justru akan menimbulkan kesan bahwa kamu adalah orang yang malas dan jorok.

Kumis dan jenggot yang dibiarkan saja tanpa perawatan dan jarang dibersihkan adalah tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan kuman. Efek terburuk dari kebersihan kumis dan jenggot yang tak terawatt adalah timbulnya radang akar rambut yang bisa menimbukan bisul pada kulit.

Salah satu perawatan sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kumis atau jenggot adalah dengan mencucinya, tentu saja selain merapikannya. Kumis dan jenggot yang lebat harus rutin dicuci. Namun kamu tak boleh sembarangan dalam mencuci kumis dan jenggot kebanggaan kamu itu.

Sebenarnya bukan hal susah untuk mencuci kumis dan jenggot yang lebat, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu akan mencuci properti penambah kegagahan kamu itu. Namun tak usah khawatir karena Omkumis akan memberikan tips mencuci kumis dan jenggot secara baik dan benar. Yuk simak di bawah ini.


1. Gunakan Sampo

Kredit Foto: onedtq.com

Jangan gunakan sabun mandi atau sabun cuci muka saat mencuci kumis dan jenggot. Penggunaan sabun mandi dan sabun pembersih muka bisa menyebabkan kumis dan jenggot kamu kering dan susah diatur. Gunakan saja sampo rambut seperti saat kamu keramas. Pilihlah sampo yang memiliki banyak nutrisi dan melembutkan rambut.


2. Gunakan Kondisioner

Kredit Foto: menhealth.in

Sama seperti saat keramas, usai menggunakan sampo, oleskan kondisioner pada kumis dan jenggot kebanggaan kamu supaya lembut dan halus. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya. Tak perlu banyak-banyak mengoleskan kondisioner, secukupnya saja.


3. Keringkan

Kredit Foto: theidleman.com

Setelah mencuci dengan sampo dan kondisoner, keringkan kumis dan jenggot dengan menggunakan handuk. Disarankan untuk tidak menggosokkan handuk dengan keras, karena bisa menyebabkan kerusakan kumis dan jenggot. Cukup tepuk-tepukkan handuk ke kumis dan jenggot atau usaplah secara lembut hingga kering.

Nah, ternyata mencuci kumis dan jenggot pun ada caranya ya. Lalu apakah kumis dan jenggot harus dicuci setiap hari? Tidak juga, hal itu tergantung seberapa kotor kumis dan jenggot. Jika kamu sering melakukan aktivitas yang membuat badan kamu berkeringat, atau jika kamu sering terpapar sinar matahari secara langsung, sebaiknya cucilah kumis dan jenggot setiap hari. Namun jika tidak, kamu hanya perlu mencuci kumis dan jenggot paling tidak dua sampai tiga kali dalam seminggu. Semoga info dari Omkumis ini bermanfaat buat kamu ya. Salam kumis!


Lihat juga info dan tips OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}