Rawatlah Softlens Seperti Merawat Mata Kamu Sendiri. Begini Caranya!

Admin
Admin,
Kamis, 02/02/2017 22:59 WIB


Rawatlah Softlens Seperti Merawat Mata Kamu Sendiri. Begini Caranya!
Om Kumis - Lensa kontak  atau yang lebih akrab disebut dengan Softlens adalah alat bantu pengelihatan sebagai pengganti kacamata. Softlens lazim dipakai oleh orang yang daya penglihatannya mulai berkurang karena mata minus. Alasan terbesar bagi sebagian orang dengan mata minus yang menggunakan softlens adalah karena mereka enggan memakai kacamata. Softlens lebih praktis dan nyaman dipakai dibanding memakai kacamata.

Namun kini softlens tak sekedar menjadi alat pengganti kacamata saja, melainkan lebih ke aksesoris penunjang penampilan. Memakai softlens dengan warna-warna yang menarik dan unik memang bisa memempercantik penampilan.  Sotlens bisa membuat mata terlihat lebih indah dan menawan.

Namun meskipun softlens digunakan untuk mempercantik mata, hal yang tak boleh dilupakan adalah fungsi utama softlens itu sendiri, yakni sebagai alat bantu pengelihatan. Untuk itu selalu rawatlah softlens kamu seperti merawat mata kamu sendiri, mengingat mata adalah salah satu panca indera yang paling sensitif.

Alih-alih terlihat lebih menarik, mata kamu bisa terkena iritasi jika kamu tidak bisa merawatnya dengan baik. Selain itu sebagus dan semahal apapun softlens kamu, resiko cepat rusak bisa terjadi tanpa perawatan yang benar. Tapi jangan khawatir karena Omkumis akan berbagi tips merawat softlens dengan benar supaya tetap awet dan tentunya nyaman untuk digunakan. Simak di bawah ini ya.


1 . Jaga kebersihan Tangan


Lho kok tangan? Iya, karena memasang dan melepas softlens tentunya mnenggunakan tangan. Untuk itu pastikan bahwa tangan kamu bersih dan steril dari kotoran apapun. Menyentuh softlens dengan tangan yang kotor tentu akan membawa resiko buruk untuk mata kamu. Gunakan sabun bayi atau anti bakteri untuk mencuci tangan kamu, jangan gunakan sabun yang mengandung pewangi, karena ada zat kimia yang tak baik jika terkena softlens.


2. Bersihkan Sotlens Sehabis Dipakai


Selalu bersihkan soflens sehabis kamu pakai sebelum disimpan kembali. Pastikan untuk menggunakan cairan solution yang khusus untuk membersihkan softlens.Kemudian gosok softlens secara perlehan kurang lebih 15 detik. Lalu bilas lagi softlens tersebut dengan cairan solution, jangan dengan air keran yang mungkin airnya tidak steril. Kemudian letakan softlens ke wadahnya dan tuangkan cairan khusus softlens hingga terendam.


3. Bersihkan Wadah Softlens


Pastikan untuk membersihkan wadah softlens secara berkala. Gantilah cairan yang digunakan untuk merendam softlens setiap 1 bulan sekali. Kemudian cuci wadahnya dengan bersih kemduain simpan di tempat yang kering dengan diletakkan dalam keadaan terbuka dan terlungkup. Ada baiknya untuk mengganti wadah softlens secara berkala, setidaknya 3 bulan sekali supaya soflens tetap steril dari kuman.


4. Rendam Softlens


Rendamlah softlens jika tidak terpakai.Hal ini bertujuan supaya soflens tetap lembab dan lentur. Selain itu softlens yang direndam saat tidak dipakai akan membuatnya lebih awet.


5. Jangan Dipakai Seharian


Biasakan untuk melepas softlens jika kamu sudah memakainya lebih dari 12 jam, untuk menghindari resiko terjadinya iritasi. Jangan gunakan softlens saat kamu tidur supaya tidak cepat kering dan rusak.


Lihat tips dan info OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}