Boros Saat Nge-Mall? Cegah Dengan Cara Ampuh Ini

Admin
Admin,
Senin, 06/02/2017 00:03 WIB


Boros Saat Nge-Mall? Cegah Dengan Cara Ampuh Ini
Om Kumis - Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan dari cengkraman rutinitas adalah dengan berjalan-jalan di mall alias nge-mall. Tak heran jika pada har libur atau weekend, mall-mall penuh dengan pengunjung.  Ya, nge-mall memang sudah menjadi gaya hidup terutama di kota-kota besar di Indonesia. 


Berjalan-jalan di mall memang banyak manfaatnyaa. Selain menyehatkan, nge-mall bsia menjadi sarana untuk menghilangkan stress. Namun terkadang godaaan untuk berbelanja menjadi sangat besar terutama jika ada diskon-diskon yang menarik di mall. 


Salah satu penyakit kambuhan yang selalu muncul saat nge-mall adalah lapar mata. Ya, dengan banyaknya barang-barang yang menarik, apalagi jika ada diskon membuat kita terkadang tak tahan untuk membelinya. Salah satu efek buruk dari kegiatan nge-mall ini adalah potensi jebolnya isi dompet alias pemborosan. 


Namun kamu tak boleh begitu saja gampang tergoda untuk berbelanja. Masih banyak cara untuk menghindari godaan berbelanja di mall. Omkumis akan berikan tips ampuh supaya kamu tidak boros saat nge-mall. Yuk simak di bawah ini.  


Bikin  Daftar Belanja

Kredit Foto: pexels.com


Hal ini terlihat sepele, namun cara ini sangat ampuh untuk membendung nafsu belanja kamu. Catat barang yang penting dan kamu butuhkan, catat saja di smartphone canggih kamu itu. Tujuan membuat daftar belanja ini supaya kamu hanya fokus dengan barang yang kamu butuhkan dan tidak tergoda belanja barang lain walaupun ada diskon.


Tetapkan Budget Maksimal

Kredit Foto : iStock via wisebread.com


Setelah membuat daftar barang yang penting dan daftar belanja, kamu harus menentukan berapa budget maksimal yang akan kamu belanjakan. Jika kamu tidak menetapkannya, maka kamu bisa saja tergoda untuk belanja dan budget kamu tidak terkontrol.


Bawa Uang Cash (Tinggalkan Kartu Kredit di Rumah)

Kredit Foto: pixabay.com


Jika kamu sudah menetapkan budget maksimal, maka bawalah uang cash sesuai dengan budget maksimal tadi. Boleh dilebihin misalnya untuk ongkos, beli bensin, dan makan. Usahakan untuk meninggalkan kartu kredit di rumah supaya nafsu belanja kamu bisa di rem dan tidak melebihi budget maksimal.


Bandingkan Harga

Kredit Foto: livearad.ro


Ada beberapa barang yang sama atau serupa namun selisih harga di tiap toko terkadang terpaut jauh. Kamu harus teliti dan telaten untuk membandingkan harga dari setiap toko. Carilah harga yang paling murah.


Belanja Sendiri

Kredit Foto: alldubai.ae

Sebisa mungkin jangan ajak teman kamu saat ingin belanja di mall. Salah satu penyebab borosnya kamu adalah karena tergoda membeli barang yang tidak ada da;am daftar belanjaan kamu saat melihat teman kamu membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.


Lihat artikel menarik lainnya di sini

Trending

  • {{ trend.numb }}