Rumput Gajah Mini Pun Perlu Dirawat Supaya Tampak Seperti Permadani

Admin
Admin,
Senin, 06/02/2017 12:46 WIB


Rumput Gajah Mini Pun Perlu Dirawat Supaya Tampak Seperti Permadani
Om Kumis - Memiliki taman di halaman rumah dengan hamparan rumput menghijau bak permadani dapat menyejukkan mata dan dapat memberikan kenyamanan sang empunya rumah. Saat ini rumput gajah mini menjadi rumput hias favorit yang ditanam di taman rumah dan juga taman-taman umum.

Rumput gajah mini menjadi rumput hias favorit karena bentuknya yang bagus mengingat daun rumput ini tidak tumbuh ke atas melainkan menyamping. Jika rumput ini tumbuh subur, maka taman kamu akan terlihat seperti karpet atau permadani hijau yang indah. Rumput gajah mini semakin diminati karena cara menanamnya yang tidak sulit. Selain itu cara merawat rumput ini juga tidaklah ribet dan tidak menyita banyak waktu.

Namun meskipun bisa dibilang tidak ribet, kamu tetap harus melakukan perawatan rutin supaya tetap terlihat indah dan tidak cepat mati. Lalu bagaiman cara merawat rumput gajah mini dengan baik dan benar? Tenang, Omkumis akan berikan cara merawat rumput gajah mini secara mudah praktis. Simak baik-baik di bawah ini.


1. Penyiraman

Kredit Foto : seattlen.com

Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk hidup. Begitu pula dengan rumput gajah mini ini, siramlah rumput ini setiap dua kali sehari, atau minimal sehari sekali. Namun ada yang harus diperhatikan dalam penyiraman rumput ini, yaitu jangan terlalu banyak menyiramkan air supaya tidak terbentuk genangan di sekitar rumput. Disarankan menggunakan semprotan halus atau gembor untuk menyiramnya.


2. Pemupukan

Kredit Foto : mediamaya.net

Rumput gajah mini juga perlu dipupuk karena pupuk adalah nutrisi yang penting untuk setiap tanaman supaya tumbuh subur. Gunakan pupuk seperti urea maupun kompos yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko penjual tanaman. Namun sebisa mungkin disarankan untuk tidak memberikan pupuk kimia, karena sifatnya yang panas bisa menyebabkan rumput gajah mini mati. Lakukan pemupukan secara teratur.


3. Singkirkan Hama/Gulma

Kredit Foto : bathoknews.blogspot.co.id

Supaya rumput tumbuh subur, biasakan untuk melakukan penyiangan gulma/hama secara rutin. Hama/gulma adalah tanaman kecil yang tumbuh liar di sekitar rumput yang dapat mengurangi keindahan rumput dan mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini. Cabutlah hama/gulma supaya tidak tumbuh menggangu rumput gajah mini.


4. Penggemburan tanah

Kredit Foto : pixabay.com

Lakukan penggemburan tanah ketika tanah sudah menjadi padat dan mulai keras. Penggemburan tanah ini berfungsi supaya rumput bisa terus tumbuh subur. Caranya sangat gampang, yaitu cukup dengan mengungkit tanah dengan menggunakan garpu tanah supaya air mudah terserap.


5. Pemangkasan

Kredit Foto : moyareklama.ru

Semakin rumput gajah mini itu tumbuh subur, maka jarak antar rumput akan semakin padat sehingga terlihat tidak rata. Selain itu warna rumput yang hijau bakal mulai menguning. Jika melihat hal seperti itu, sudah waktunya kamu memangkas rumput supaya terlihat rapi lagi dan tentunya rumput akan kembali menghijau.


6. Penyulaman

Kredit Foto : sinoxmursery.com

Periksa apakah permadani rumput terlihat ada yang bolong? Yang dimaksud bolong adalah karena ada jarak yang terlalu jarang dalam penanaman rumput. Jika ada yang bolong, segera lakukan penyulaman dengan menanamkan rumput baru.


Lihat juga ide inspiratif OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}