Kapan Saatnya Harus Ganti Aki Motor? Perhatikan Tanda-Tandanya

Admin
Admin,
Selasa, 07/02/2017 19:46 WIB


Kapan Saatnya Harus Ganti Aki Motor? Perhatikan Tanda-Tandanya
Om Kumis - Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana motor kamu tiba-tiba mogok dan tak bisa distarter lagi? Kemungkinan terbesar penyebab motor kamu mogok adalah karena rusaknya aki alias ‘soak’, sebutan yang lebih sering dipakai untuk aki yang rusak. Sebagian pengendara motor menyebut aki yang rusak ini dengan aki ‘tekor’.


Akumulator atau Aki adalah salah satu komponen yang paling penting dalam sistem  kelistrikan pada kendaraan bermotor. Aki adalah jantungnya kendaraan bermotor. Jadi Aki motor yang bermasalah alias soak atau tekor bisa menyebabkan tidak berfungsinya berbagai proses dalam mengoperasikan motor, salah satunya adalah motor menjadi mogok.


Karena vitalnya fungsi aki untuk motor kesayangan kamu, maka sangatlah penting untuk mengetahui apakah aki masih sehat atau sudah mulai tidak berfungsi normal. Jika aki motor kesayangan kamu sudah soak, maka kamu harus segera menggantinya dengan aki yang baru. 


Saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru sudah menggunakan aki kering atau aki dengan jenis MF (maintenance free), sehingga pengguna motor tak perlu lagi melakukan pengisian air aki. Namun meskipun sudah tak perlu lagi merawatnya dengan mengisi air aki, namun kamu tetap harus memperhatikan beberapa tanda untuk mengetahui apakah aki motor kamu  masih sehat atau sudah soak. 


Lalu kapan saatnya mengganti aki motor dengan aki yang baru? Perhatikan tanda-tanda seperti yang akan Omkumis jabarkan di bawah ini. Perhatikan ya.

Lampu Indikator Aki Berkedip


Cara paling gampang untuk memastikan apakah aki motor kamu masih sehat atau sudah tekor adalah dengan melihat lampu indicator aki yang ada di speedometer motor kamu. Jika kontak sudah diputar ke posisi “ON” dan lampu indikator akan berkedip-kedip atau menyala terus menerus, maka bisa dipastikan aki motor kamu sudah mulai soak alias tekor.


Starter Elektrik Tak Berfungsi

Kredit Foto : otomaniaz.com

Jika starter elektrik motor kamu sudah tidak bisa lagi digunakan, dan kamu terpaksa harus menggunakan starter manual alias engkol, maka aki motor kamu sudah mulai tekor. Saatnya untuk menggantinya dengan yang baru.


Mesin Terasa Brebet

Kredit Foto: pinterest.com

Saat motor bisa dinyalakan dengan menggunakan kick starter alias engkol, namun suara motor terasa seperti putus-putus, maka kemungkinan besar aki motor kamu sudah mulai tekor. Apalagi jika jalan motor terasa tidak langsam atau yang lebih akrab disebut dengan istilah ‘brebet’, maka kamu harus segera menggantinya dengan aki baru.


Suara Klakson Lemah Atau Mati

Tanda selanjutnya adalah dengan mengecek suara klakson. Segera ganti dengan aki yang baru jika suara klakson motor kamu terdengar mulai lemah atau malah tidak terdengar sama sekali alias mati.


Lampu Mulai Redup


Sepeda motor menggunakan listrik yang berasal dari aki untuk menyalakan lampu.  Jika lampu utama ataupun lampu speedometer mulai tidak terang alias redup, namun menjadi terang kembali saat gas motor ditarik kencang maka bisa dipastikan bahwa aki motor kamumulai soak.


Mati Total

Tanda paling mudah dirasakan saat aki sudah rusak adalah mesin motor kamu sudah mati total alias tidak bisa dinyalakan kembali. Tak ada pilihan lagi selain harus menuju ke bengkel untuk menggantinya dengan aki baru.


Lihat artikel menarik lainnya di sini

Trending

  • {{ trend.numb }}