Sadar Nggak Kalau Kebiasaan Sepele Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Merusak Mata?

Admin
Admin,
Selasa, 07/02/2017 23:16 WIB


Sadar Nggak Kalau Kebiasaan Sepele Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Merusak Mata?
Om Kumis - Semua pasti sepakat jika mata disebut sebagai indra yang terpenting karena mata adalah indra yang memiliki fungsi untuk melihat. Mengingat fungsinya yang vital, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menjaga kesehatan indra pengelihatan itu.   


Banyak orang yang mencoba untuk mempercantik mata, misalnya dengan memakai lensa kontak alias softlens. Banyak perempuan yang mempercantik mata dengan merias alis, bulu mata, memakai eyeliner dan sebagainya. Banyak orang yang merawat kesehatan mata dengan memakai bahan tradisional dan juga obat serta rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter. 


Namun tanpa kamu sadari, ada beberapa kebiasaan yang sepertinya sepele justru bisa berdampak buruk untuk mata, bahkan bisa menyebabkan kerusakan mata. Kamu tahu nggak apa saja kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan mata menjadi rusak? Omkumis akan rangkumkan di bawah ini. Simak baik-baik ya.


Mengucek Mata

Kredit Foto: pinterest.com


Mengucek mata adalah yang paling sering dilakukan tanpa sadar, terutaa saat mata terasa gatal atau mengantuk. Kebiasaan ini ternyata berbahaya untuk kesehatan mata. Jika kamu mengucek mata terlalu keras, maka resiko terbesarnya adalah pembuluh darah yang ada di bawah kelopak mata bisa pecah dan hal ini akan menimbulkan peradangan. Selain itu, saat kamu mengucek mata apakah kamu yakin tangan kamu sudah bersih dan steril dari kotoran atau kuman? Nah, jika mata kamu terasa gatal, atau terjadi iritasi, jangan segera menguceknya. Tutup mata saja dan sentuh bagian luar mata untuk menghilangkan gatal, atau juga kamu bisa mengompresnya dengan air dingin atau memakai obat penetes mata.


Memakai Softlens Saat Tidur

Kredit Foto: greatfon.om

Sotlens berfungsi untuk menggantikan kacamata terutama bagi orang yang memiliki mata minus. Selain itu softlens alias lensa kontak itu bisa berfungsi untuk memepercantik mata. Namun pastikan bahwa kamu sudah melepas softlens dari mata kamu saat hendak beranjak tidur. Memakai softlens saat tidur bisa menyebabkan iritasi, bahkan dampak terburuknya adalah menyebabkan infeksi pada mata.


Tidur Dengan Makeup Mata

Kredit Foto: benita.ir

Sah-sah aja mempercantik mata dengan memakai makeup, bulu mata palsu, eyeliner, dan lain sebagainya. Namun saat hendak tidur, bersihkan semua makeup yang menempel di sekitar mata. Bisa saja make up itu luntur dan masuk ke mata saat tidur sehingga bisa menumbulkan iritasi pada mata.


Terlalu Menatap Layar Gadget

Kredit Foto: rtbf

Smartphone adalah hal yang terpisahkan dari hidup kita pada saat ini. Saat menggunakan smartphone seperti bermain games, menulis email, browsing, eksis di soisal media, dan lainnya, kita sering lupa waktu dan tak sadar sudah berapa lama mata kita  menatap layar smartphone. Namun tahukah kamu bahwa  terlalu lama menatap layar gadget kesayangan kamu bisa mengakibatkan pandangan kabur dan mata kering. Biasakan untuk mengatur waktu, yaitu setelah menatap layar selama 20 menit, alihkan dan jauhkan pandangan mata kamu dari layar gadget.


Terlalu Banyak Memakai Obat Tetes Mata

Kredit Foto: aksam.tr

Ketika mata menjadi merah karena iritasi, maka hal yang pasti dilakukan adalah segera  meneteskan obat mata. Namun harus diingat bahwa obat tetes mata tersebut hanya untuk meredakan mata merah saja. Kebanyakan orang memilih untuk terus menggunakan obat tetes mata supaya mata tak lagi merah dan sembuh. Namun itu adalah cara yang salah. Memakai obat tetes mata secara berlebihan justru bisa menimbulkan iritasi pada mata. Cara yang benar adalah segeralah berkonsultasi ke dokter mata.


Lihat artikel menarik lainnya di sini

Trending

  • {{ trend.numb }}