Jangan Sembarang Mencuci Buah. Lakukan Cara Sehat Berikut Supaya Buah Aman Dikonsumsi.

Admin
Admin,
Sabtu, 11/02/2017 06:29 WIB


Jangan Sembarang Mencuci Buah. Lakukan Cara Sehat Berikut Supaya Buah Aman Dikonsumsi.
Om Kumis - Buah adalah bahan makanan yang menyehatkan. Selain rasanya enak dan menyegarkan, buah diketahui mengandung banyak sekali vitamin, mineral, lemak, protein dan serat yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Banyak jenis buah yang bisa langsung dikonsumsi beserta kulitnya, misalnya apel, kiwi, anggur, jambu, pir, belimbing, dan lain sebagainya. Namun harus selalu diingat, sebelum menikmati lezatnya buah yang segar tersebut, kamu harus mencuci buah itu terlebih dahulu. Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Jangan sampai setelah makan buah segar nan lezat tersebut, kamu lantas mengeluh sakit perut atau bahkan terkena diare.

Kamu tentu pernah mendengar ada kasus dimana buah apel yang tersedia di supermarket atau pasar telah dilapisi dengan lapisan sejenis lilin untuk mempertahankan warna dan kesegaran kulit buah tersebut. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kamu harus mencuci buah hingga bersih sebelum mengonsumsinya.

Saat mencuci buah pun kamu tak boleh sembarangan lho, tidak asal dicuci saja kemudian dimakan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci buah supaya buah tersebut benar-benar aman untuk dikonsumsi. Omkumis akan memberikan tips sehat mencuci buah dengan benar. Perhatikan di bawah ini ya.


1 . Cuci Tangan

Kredit Foto : healthable.org

Sebelum mulai mencuci buah, cucilah tangan kamu dahulu supaya tidak terkontaminasi bbakteri yang mungkin terdapat di kulit buah. Nanti setelah selesai mencuci buah, kamu juga harus mencuci tangan lagi dengan sabun supaya tangan kamu benar-benar bersih dari kotoran dan bakteri di kulit buah tadi.


2. Rendam Buah

Kredit Foto : pinterest.com

Sebelum mencucinya, rendamlah buah selama beberapa menit. Campurkan air dan sabun atau cairan pembersih anti bakteri yang aman untuk buah. Setelah direndam, maka kulit buah akan lebih lunak dan bisa untuk melunturkan kotoran atau bakteri yang menempel di kulit buah.


3. Sikat

Kredit Foto : pinterest.com

Jika kulit buah terlihat sangat kotor dan kotoran tersebut tidak juga luntur saat direndam, sikatlah kulit buah tersebut. Gunakan sikat yang berbulu halus untuk membersihkan kotoran di kulit buah. Sikatlah dengan lembut dan jangan terlalu keras supaya kulit buah tidak tergores.


4. Cuci Di Air Mengalir

Kredit Foto : photl.com

Cucilah buah di air yang mengalir, misalnya mencuci langsung di bawah air kran. Usap atau gosok kotoran di kulit buah di bawah air mengalir supaya kotoran tersebut langsung terbawa oleh air yang mengalir. Jangan biasakan mencuci di air yang menggenang karena kotoran atau bakteri yang larut oleh air masih mungkin untuk mengkontaminasi buah lagi.


5. Keringkan

Kredit Foto : forbes.com

Setelah selesai mencuci, keringkan buah tadi dengan cara mengibaskannya dan kemudian meletakkannya di tempat dengan alas yang bersih. Tunggu hingga kering atau lap sampai kering, kemudian nikmati kelezatan buah yang menyehatkan tersebut.


Lihat inspirasi OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}