Begini Cara Ampuh Menghindarkan Mobil Dari Serangan ‘Penyakit Kulit’ Saat Musim Hujan

Admin
Admin,
Kamis, 16/02/2017 17:24 WIB


Begini Cara Ampuh Menghindarkan Mobil Dari Serangan ‘Penyakit Kulit’ Saat Musim Hujan
Om Kumis - Berkendara di tengah guyuran hujan memang sangat menyebalkan. Meskipun tubuh tidak secara langsung terkena air hujan, namun pengendara mobil harus selalu waspada terhadap berbagai macam risiko menunggangi mobil di jalanan yang basah atau malah tergenang karena guyuran air hujan. Selain itu, pengguna mobil masih harus disibukkan dengan perawatan ekstra untuk mobil kesayangannya pada musim hujan seperti ini.

Saat musim hujan seperti ini mobil memang harus dirawat dan diperlakukan secara khusus, terutama setelah kehujanan. Tahukah kamu, air hujan itu bisa menimbulkan masalah serius pada mobil kamu jika kamu tidak memperlakukan mobil kamu secara khusus. Mobil kamu bisa terkena serangan ‘penyakit kulit’ jika kamu tidak merawatnya dengan benar.

Air hujan bersifat korosif terhadap bodi mobil kamu. Selain itu kandungan asam yang tinggi pada air hujan bisa menyebabkan jamur pada permukaan cat mobil dan juga kaca. Nah, jadi guyuran air hujan tidak hanya membuat mobil menjadi kotor, namun ternyata membawa banyak penyakit pada mobil kamu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang, Omkumis akan berikan tips merawat mobil setelah kehujanan.


1 . Jangan Langsung Lap


Setelah kehujanan, jangan langsung lap mobil kamu jika kamu tak ingin bodi mobil kamu baret alias tergores. Siram/bilaslah terlebih dahulu mobil kamu yang kotor itu dengan air supaya kotoran dan debu yang menempel pada bodi mobil luntur.


2. Jangan Tunggu Kering


Setelah kehujanan, jangan tunggu mbol kamu kering. Air hujan yang mengering pada bodi mobil akan menimbulkan jamur. Hal ini karena kandungan asam pada aitr hujan yang bisa merusak lapisan cat mobil kamu.


3. Cuci Kolong Mobil


Setelah kehujanan dan terutama setelah melewati genangan air, tentu akan banyak kotoran,pasir dan lumpur yang tersangkut di kolong mobil terutama di belakang spatbor. Segera semprot kolong mobil kamu dengan air bertekanan tinggi supaya semua kotoran yang menempel di kolong mobil luntur.


4. Bersihkan Kotoran di Lokasi Yang Tersembunyi

Segera cek dan bersihkan kotoran yang menempel di lokasi-lokasi yang tersembunyi seperti, engsel pintu, tepi pintu, tepi bagasi, karet dan kaca, serta mesin. Bagian-bagian itu rentan terserang karat. Cek dengan teliti karena air mudah masuk ke dalam celah sekecil apapun.


5. Bersihkan Karpet


Sepatu yang basah dan membawa kotoran akan menempel pada karpet. Jika tak segera dibersihkan, maka akan menimbulkan bau tak sedap di dalam mobil. Sebisa mungkin gunakan karpet pelapis yang terbuat dari bahan karet.


6. Cuci Bodi dan Waxing


Setelah semua langkah di atas dilakukan, usahakan mencuci bodi mobil hingga bersih. Tak harus setelah kehujanan, tapi setelah berapa hari kemudian. Jangan lupa waxing mobil kamu untuk melindungi cat mobil supaya lebih awet.


Lihat juga info inspiratif OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}