Kicau Mania Wajib Tahu! Beginilah Jurus Jitu Menjaga Performa Burung Tetap Oke Saat Musim Hujan

Admin
Admin,
Sabtu, 18/02/2017 08:19 WIB


Kicau Mania Wajib Tahu! Beginilah Jurus Jitu Menjaga Performa Burung Tetap Oke Saat Musim Hujan
Om Kumis - Musim hujan telah tiba. Musim dimana para pecinta burung berkicau harus mewaspadai kemungkinan turunnya performa burung kicau kesayangannya. Semua penggemar burung kicau pasti tahu bahwa adanya perubahan cuaca bisa membuat kesehatan burung kicau menurun. Akibatnya performanya pun ikut menurun.

Menurunnya kesehatan dan performa burung kicau pada saat musim hujan, salah satunya disebabkan oleh suhu udara yang menurun kurang panasnya burung akibat tak mendapat paparan sinar matahari secara langsung. Perawatan harian seperti menjemur di pagi hari tentu sudah tak bisa dilakukan lagi jika tak ada sinar matahari. Hal ini bisa menyebabkan kondisi burung menjadi drop dan gampang terserang penyakit. Bahkan dalam beberapa kasus, burung kehilangan suaranya dan tak berkicau.

Kemudian bagaimana menyiasati perubahan cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini supaya performa burung kicau tak terganggu? Tentunya burung kicau membutuhkan perawatan berbeda dibanding saat cuaca normal. Kali ini Omkumis akan memberikan beberapa tips merawat burung kicau saat musim hujan. Simak baik-baik ya.


1 . Menambah Extra Fooding

Kredit Foto :indianapublicmedia.org

Burung berkicau perlu tambahan makanan dengan protein tinggi supaya badannya tetap hangat pada saat musim hujan. Untuk itu tambahkan extra fooding dengan porsi yang lebih dari biasanya. Selain jangkrik, tambahkan pemberian ulat hongkong supaya tubuh burung kicau terjaga kondisinya dan tetap hangat.


2. Pengerodongan / Pengerudungan

Kredit Foto : bukalapak.com

Biasakan untuk mengkerodong burung di dalam sangkar sepanjang hari, terutama saat udara terasa dingin akibat angina hujan. Hal ini penting untuk dilakukan supaya burung tetap merasa hangat.


3. Penempatan Sangkar

Kredit Foto : belajar-usaha.com

Biasakan untuk selalu menempatkan sangkar pada lokasi yang hangat, misalnya di dalam ruangan. Lebih bagus lagi jika penempatannya didekatkan pada lampu pijar pada malam hari untuk menjaga burung tetap hangat. Usahakan jangan menempatkan sangkar di luar ruangan untuk menghindari terpaan angin yang dingin.


4. Menyiasati Penjemuran

Kredit Foto : pinterest.com

Saat cuaca sedikit cerah dan ada sinar matahari, segera jemur burung kicau meski hanya sebentar. Meskipun hanya dijemur sebentar tapi hal ini sangat berarti untuk kesehatan burung kicau.


5. Pemberian Vitamin

Kredit Foto : birdsclinic.com

Selain penambahan porsi extra fooding seperti jangkrik, kroto, atau ulat hongkong, kamu juga harus memberikan vitamin tambahan untuk memperkuat daya tahan tubuh burung. Kamu juga bisa memberikan minuman tambahan seperti jahe atau madu. Berikan sesekali saja, tidak setiap hari.


6. Menjaga Kebersihan Sangkar

Kredit Foto : sangkar_karunia.indonetwork.co.id

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan sangkar supaya tidak ada bibit penyakit yang bisa menyerang burung. Kamu bisa menggunakan antiseptik atau cairan desinfektan untuk membersihkan sangkar.


Lihat juga info inspiratif dan tips OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}