OTOMOTIF

Ingin Power Steering Mobil Kamu Awet dan Tak Mudah Rusak, Lakukan 5 Cara Mudah Merawatnya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 01/06/2017 21:48 WIB


Ingin Power Steering Mobil Kamu Awet dan Tak Mudah Rusak, Lakukan 5 Cara Mudah Merawatnya
Om Kumis - Salah satu komponen mobil yang penting untuk menunjang kenyamanan saat berkemudi adalah perangkat power steering. Tentu kamu sudah sering mendengar istilah power steering pada mobil kan? Ya,  Power steering merupakan salah satu komponen mobil yang bekerja pada sistem kemudi memudahkan pengemudi untuk menggerakkan roda depan. Fungsi utama dari power steering pada sebuah mobil yaitu untuk meringankan setir saat pengemudi akan membelokan sebuah mobil.

Saat ini power steering telah jadi standar kemudi buat seluruh tipe kendaraan roda empat. Power Steering sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi pada mobil untuk membuat nyaman pengemudi. Karena pentingnya fungsi power steering, maka komponen itu harus selalu dirawat supaya awet dan tidak mudah rusak. Terganggunya kerja power steering tentu akan mengganggu kenyamanan kamu dalam mengemudikan mobil.

Kali ini Omkumis akan memberikan beberapa tips tentang cara mudah merawat power steering supaya berfungsi dengan baik dan tahan lama. Dengan perawatan yang cermat, tentu kamu tak harus ke bengkel dan mengeluarkan uang yang banyak karena power steering mobil kesayangan kamu bermasalah. Yuk, simak tips Omkumis di bawah ini.

1. Cara Memutar Stir

Kredit Foto: themerex.net

Usahakan untuk selalu memutar stir dengan kecepatan sedang atau pun pelan, dan jangan jangan memutar lingkar kemudi terlalu cepat. Kalau harus berbelok kurangilah kecepatan sebelum membelok. Jika kamu terlalu cepat memutar stir,  maka akan membuat tekanan naik secara mendadak sehingga power steering cepat aus. Hindari memutar lingkar kemudi sambil menginjak rem. Selain itu putarlah kemudi saat mobil berjalan karena beban kemudi akan lebih ringan saat mobil berjalan, sehingga menghemat BBM.

2. Hindari Banjir

Kredit Foto: encar.com

Saat jalanan terdapat genangan yang agak dalam atau banjir, memang tak disarankan bagi setiap kendaraan untuk melewatinya. Komponen kendaraan bermotor, termasuk mobil, bakal mengalami kerusakan saat melewati banjir. Khusus untuk power steering, terutama untuk mobil dengan sistem listrik atau hybrid, jika komponen kelistrikan itu terkena basah tentu akan rusak. Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggantinya, karena komponen kelistrikan yang terendam air tentu sangat susah atau tidak bisa diperbaiki lagi.

3. Penggantian Oli Power Steering

Kredit Foto: pinterest.com

Kerja power steering tak lepas dari pemakaian pelumas atau oli. Seperti pada bagian mesin lainnya oli pada power steering pun juga ada batas waktu pemakaian. Segera ganti oli power steering jika sudah mencapai 20.000 hingga 30.000 Kilometer atau setidaknya sudah memasuki masa satu  tahun pemakaian. Namun, meski belum menyentuh angka tersebut dan stir mobil terasa berat, lebih baik ganti oli power steering. Jika pemakaian mobil kamu sudah menempuh jarak 50.000 km, sebaiknya lakukanlah pengurasan supaya kotoran yang  sudah menggumpal bisa hilang. Harus selalu diingat, sebaiknya gunakan oli power steering yang original.


4.  Hindari jalan yang rusak atau berlubang

Kredit Foto: ndtv.com

Jika ingin power steering awet, sebisa mungkin hindarilah jalan yang rusak atau berlubang karena guncangan yang keras pada as steering saat mobil melewati lubang akan membuat power steering cepat rusak. Namun jika tak bisa menghindari jalanan yang rusak, usahakan untuk melewatinya secara perlahan supaya tak terjadi hentakan atau guncangan yang keras.

5. Periksa tekanan angin pada ban


Kredit Foto: otomania.com

Selalu periksa tekanan angin pada ban sebelum mulai menjalankan mobil. Pastikan ban mobil kamu tidak kekurangan angin alias kempes. Berkendara dengan ban yang kempes sangat berbahaya. Berkaitan dengan power steering, ban yang kempes akan membuat kerja sistem power steering menjadi lebih berat. Ban yang kempes akan membuat ban mencengkeram jalan dan gesekan antara ban dan jalan sangat kuat sehingga bakal mempercepat keausan pada sistem power steering.

Demikian tadi tips dari Omkumis supaya power steering mobil kesayangan kamu tak cepat rusak. Semoga artikel tadi menginspirasi dan bermanfaat untuk sobat Omkumis. Kalau mau tahu tentang tips-tips menarik lainnya, langsung saja klik di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}