HOBI

Tau Nggak, 4 Jenis Ikan Arwana Yang Cantik dan Eksotis Ini Asli Indonesia Lho

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 01/06/2017 22:52 WIB


Tau Nggak, 4 Jenis Ikan Arwana Yang Cantik dan Eksotis Ini Asli Indonesia Lho
Om Kumis - Salah satu jenis ikan hias yang paling populer dan banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias adalah ikan arwana. Keindahan warna sisik yang berkilauan dan eksotis serta keanggunan gerakan ikan arwana saat berenang di akuarium memang memanjakan mata bagi siapa saja yang menatapnya. Selain keindahannya, banyak pecinta ikan hias sengaja memelihara arwana karena percaya dengan anggapan bahwa memelihara ikan arwana akan mendatangkan keberuntungan dan rezeki yang melimpah untuk pemiliknya.

Anggapan ini berlaku bagi pecinta ikan hias yang percaya akan Feng Shui karena bentuk ikan arwana yang disebut mirip dengan naga. Seperti diketahui, ikan arwana sering disebut juga dengan nama ikan naga (dragon fish). Banyak pecinta ikan hias dan percaya Feng Shui yang berani membayar mahal untuk seekor ikan arwana dengan bentuk dan ciri-ciri tertentu. Arwana jenis tertentu, terutama yang berasal dari Asia juga ditetapkan sebagai hewan langka yang harus dilindungi mengingat jumlahnya yang semakin sedikit akibat maraknya perburuan dan perdagangan liar ikan arwana yang dianggap mendatangkan hoki tersebut.

Ada  beberapa jenis ikan arwana yang bisa ditemukan di perairan berbagai negara, terutama di daerah tropis. Nah, tahukah kamu ada beberapa jenis ikan arwana yang asli berasal dari Indonesia? Tak cuma indah dan eksotis, ikan arwana asli Indonesia tersebut memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Mau tahu ikan arwana jenis apa saja yang asalnya dari Indonesia? Simak informasi menarik dari Omkumis di bawah ini.

1. Red Tail Golden Arwana (Arwana Golden Indonesia)


Kredit Foto: pinterest.com

Dari namanya saja, ikan arwana ini sudah bisa dipastikan berasal dari Indonesia. Red Tail Golden Arwana ini ikan asli Indonesia yang berasal dari Pekan Baru, Sumatera. Karena berasal dari Indonesia, ikan yang eksotis ini juga dinamakan Arwana Golden Indonesia. Sementara itu  para pecinta arwana lebih sering menyebut ikan ini dengan sebutan RTG. Ciri utama yang gampang dilihat dari RTG adalah punggungnya yang berwarna hitam atau kelabu dan tidak berwarna keemasan, sedangkan warna dasar sisik RTG bisa biru, hijau, atau emas. Ikan arwana RTG ini termasuk ikan yang agresif. Harga jual RTG ini bisa mencapai hingga 5 jutaan.


2. Arwana Super Red
 

Kredit Foto: boombastis.com

Arwana Super Red adalah salah satu jenis ikan arwarna dengan warna sisik yang paling indah. Warnanya yang merah menyala dipadu dengan beberapa warna seperti hitam,emas, atau orange, membuatnya tampak menyolok namun eksotis dan anggun. Ikan Arwana Super Red dikelompokkan menjadi 4 varietas, yatu merah cabe (Chilli Red), merah orange (Orange Red), merah darah (Blood Red), dan merah emas (Golden Red). Harga jualnya berada diatas 6 jutaan rupiah. Arwana Super Red adalah ikan asli dari Indonesia. Arwana Super Red biasa ditemukan di sungai Kapuas dan danau Sentarum, Kalimantan Barat.


3. Banjar Red Arwana

Kredit Foto: dinomarket.com


Menilik dari namanya, sudah bisa ditebak ikan arwana ini berasal dari daerah mana. Ikan Banjar Red Arwana atau yanglebih sering disebut dengan Arwana Banjar itu banyak dijumpai di sungaki Kapuas dan Barito, Kalimantan. Di daerah tersebut, Arwana Banjar sering disebut dengan ikan siluk sirip merah. Saat masih kecil, arwana banjar memiliki ciri dan warna yang mirip dengan Arwana Super Red, sehingga banyak yang tak bisa membedakannnya. Namun saat dewasa, warna merahnya sudah tidak setegas arwana super red. Warna merahnya mulai memudar dan menjadi merah muda dam ekornya mulai berubah lebih terlihat orange.


4. Jardini Arwana (Arwana Irian)



Sesuai dengan namanya, ikan Arwana Irian ini memang banyak dijumpai di daerah Irian (Papua). Jardini Arwana mempunyai warna yang khas yaitu hitam kecokelat-cokelatan dengan bintik kuning agak keemasan di bagian tengah sisik-sisiknya. Ikan arwana Irian sangat populer dan banyak dipelihara oleh penghobi ikan hias.

Wah ternyata ikan-ikan arwana yang indah itu berasal dari Indoneisa, bangga deh! Nah, mau tahu lebih banyak informasi tentang inspirasi lainnya, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}