OTOMOTIF

Sebelum Mudik, Wajib Periksa Kesehatan 7 Komponen Penting Mobil Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 16/06/2017 15:52 WIB


Sebelum Mudik, Wajib Periksa Kesehatan 7 Komponen Penting Mobil Ini
Om Kumis - Tak terasa bulan puasa sebentar lagi berakhir dan kita akan segera merayakan Hari Raya Idul Fitri. Salah satu tradisi besar menjelang Lebaran adalah mudik ke kampung halaman. Orang-orang yang merantau jauh dari tempat asalnya akan segera melakukan perjalanan menuju tempat asalnya untuk merayakan Hari Raya Lebaran bersama dengan orang tua dan keluarga tercinta.


Mudik selalu menjadi momen tak terlupakan. Meskipun terkena macet dan harus melakukan perjalanan selama berjam-jam bahkan berhari-hari, tak lantas membuat jutaan orang Indonesia jadi kapok. Nah, bagi kamu yang akan menempuh perjalanan yang sangat panjang menggunakan mobil pribadi, tentu kamu harus mempersiapkannya dengan matang terutama kesiapan atau kelaikan mobil kamu.



Mengingat betapa panjang dan melelahkannya perjalanan kamu selama mudik, kesehatan mobil kamu harus menjadi prioritas utama agar sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi. Lalu apa saja komponen mobil yang harus diperiksa kesehatannya sebelum mudik? Tenang saja, ikuti tips dari Omkumis di bawah ini.


1. Kesehatan Mesin

Kredit Foto: originallparts.com.br

Kesehatan mesin adalah hal utama dari mobil. Tentunya kamu nggak mau mobil kamu mogok gara-gara mesin mobil yang tidak dalam kondisi sehat. Periksa keseluruhan mesin. Ada baiknya jauh-jauh hari sebelum mudik, lakukan tune up mesin standar. Periksa kebersihan karburator, busi, dan pastikan oli mesin volumenya cukup. Namun sebaiknya kamu melakukan penggantian oli demi kesehatan mesin mobil kamu. Pastikan juga bahwa oli tidak bocor. Sebaiknya kamu juga mengganti busi supaya pengapian makin sempurna.


2. Kesehatan Rem

Kredit Foto: pinterest.com

Jangan pernah menyepelekan kondisi kesehatan rem. Salah satu penyebab kecelakaan adalah karena rem blong. Tentu kamu nggak ingin mengalami kejadian seperti itu, oleh karena itu selalu pastikan kondisi rem dalam keadaan sehat. Pastikan rem mobil kamu tidak aus, karena semakin sering digunakan, bantalan rem akan aus. Jika sudah aus, langsung saja ganti dengan yang baru. Cek juga minyak rem dan pastikan tidak  ada kebocoran pada selang.

3. Kesehatan Ban

Kredit Foto: opel.az

Periksa kesehatan ban, pastikan bahwa ban mobil kamu belum gundul dan masih menggigit atau memilki daya cengkram yang baik terhadap jalan. Pastikan tidak ada keretakan di permukaan ban, karena ban dengan kondisi retak rentang akan bahaya meledak di jalan saat melakukan perjalanan jauh. Jangan sepelekan juga tekanan angin ban. Jangan pernah mengendarai mobil dengan kondisi ban yang kempes atau terlalu keras.


4.  Kesehatan Wiper

Kredit Foto: pinterest.com

Meskipun terlihat sepele, namun wiper adalah komponen yang sangat berguna terutama saat hujan turun. Periksa kesehatan wiper dengan memastikan bahwa kerjanya masih normal dan tidak ngadat. Pastikan juga karetnya belum aus atau retak. Jika sudah terlihat retak atau aus, segera ganti dengan yang baru. Wiper Pun Butuh Perhatian Khusus. Begini Cara Mudah Merawatnya Agar Lebih Awet


5. Kesehatan Lampu

Kredit Foto: mulpix.com

Sebelum mudik, pastikan bahwa  semua lampu menyala dan berfungsi dengan normal. Tak cuma lampu depan saja, melainkan juga lampu penanda lainnya seperti lampu sein. Jangan biarkan jika ada lampu yang mati, segera ganti yang baru karena lampu utama dan lampu sangat berguna dalam perjalanan, terutama saat malam hari dan untuk memberi tanda jika ingin berbelok.

6. Kesehatan Shockbreaker

Kredit Foto: veddro.com

Salah satu kenyamanan berkendara ditentukan oleh kenyamanan shockbreaker. Shockbreaker yang masih berfungsi dengan baik akan membuat laju mobil kamu stabil, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu pastikan kesehatan shockbreaker sebelum melakukan perjalan jauh dan melelahkan.


7. Cek Air Radiator

Kredit Foto: pinterest.com

Cek radiator dan pastikan air radiator dalam kondisi penuh. Pastikan kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir dalam keadaan bagus dan tidak ada kebocoran. jangan biarkan sepelekan selang yang retak, karena bisa pecah di tengah perjalanan. Sebaiknya segera ganti jika ada keretakan atau kebocoran.

Itulah tadi tips dari Omkumis supaya perjalanan mudik kamu tidak terganggu karena ada masalah dengan mobil kamu. Selamat mudik dan berhati-hati di jalan supaya bisa sampai kampung halaman dengan selamat dan bisa berkumpul dengan keluarga. Kalau mau tahu lebih banyak tentang tips-tips lainnya, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}