TIPS

Mati Gaya Kejebak Macet Saat Mudik Naik Bus Umum? Atasi Dengan 6 Jurus Ampuh Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 19/06/2017 02:51 WIB


Mati Gaya Kejebak Macet Saat Mudik Naik Bus Umum? Atasi Dengan 6 Jurus Ampuh Ini
Om Kumis - Salah satu tradisi besar menjelang Lebaran adalah mudik ke kampung halaman. Mudik selalu menjadi momen tak terlupakan. Semangat untuk pulang ke kampung halaman dan merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta menjadikan mudik menjadi momen yang harus dinikmati. Meskipun terkena macet dan harus melakukan perjalanan selama berjam-jam bahkan berhari-hari, tak lantas membuat jutaan orang Indonesia jadi kapok.

Bahkan jauh-jauh hari sebelum musim mudik tiba, tiket-tiket transportasi umum seperti kereta api, pesawat terbang, kapal, dan bus umum telah laris dipesan calon pemudik.  Setiap momen mudik menggunakan jalur darat, tak lepas dari yang namanya macet.  Perjalanan mudik yang jauh, terutama bagi pemudik yang menggunakan transportasi umum seperti bus, terkadang membuat kita bosan dan mati gaya.

Nah,daripada kamu mati gaya terjebak kemacetan yang panjang dan lama, lebih kamu mengisi waktu dengan hal-hal yang menyenangkan supaya kamu nggak stress dan merasa semakin tua di jalan. Berikut ini Omkumis akan berikan tips khusus anti bosan untuk kamu yang mudik menggunakan bus umum. Cek di bawah ini.


1. Main Game

Kredit Foto: techannouncer.com

Hampir setipa orang senang bermain game, terutama untuk mengisi waktu senggang. Nah, begitu pula saat kamu mulai bosan dengan kemacetan yang bikin senewen. Daripada suntuk dan mati gaya, kamu bisa bermain game yang kamu suka dengan gadget kesayangan kamu. Asiknya bermain game terkadang membuat kita lupa waktu, jadi lamanya perjalanan mudik seakan tak terasa saat kamu bermain game.


2. Mendengarkan Musik

Kredit Foto: shutterstock

Mendengarkan musik yang kita sukai bisa membuat hati tenang dan fikiran jadi fresh. Untuk itulah musik sering digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stress. Begitu pula saat kamu dilanda kebosanan di perjalanan akibat kemacetan. Sebelum mudik, sebaiknya siapkan play list lagu-lagu favorit kamu untuk menemanimu dalam bus umum selama perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan itu. Dengan mendengar lagu-lagu favorit kamu, dijamin kamu nggak mati gaya dan tentunya nggak stress.


3. Baca Buku

Kredit Foto: shutterstock.com

Membaca buku adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain semakin menambah wawasan, membaca buku bisa membuat pikiran kamu tenang dan fresh. Ingat kan pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Nah,siapkan perbekalan berupa buku favorit kamu sebelum mudik. Saat mulai merasa mati gaya akibat terjebak macet, bacalah buku favorit kamu tadi. Waktu yang panjang pun bakal tak terasa saat kamu membaca buku. Rasa bosan akan hilang dan wawasan kamu akan semakin bertambah.


4. Ngobrol

Kredit Foto: girlschase.com

Salah satu cara membunuh kebosanan adalah dengan berbincang dengan orang lain alias ngobrol. Kalau kamu satu bangku bersama saudara atau teman kamu, usirlah kebosanan dengan ngobrol tentang topik apa saja yang menarik. Bagi kamu yang hanya mudik sendirian, cobalah untuk berkenalan dengan penumpang yang duduk di sebelahmu dan ajaklah ngobrol. Bukalah dengan pertanyaan klise seperti, "Kampungnya dimana?". Jika penumpang sebelahmu menanggapinya dengan ramah, maka dengan sendirinya obrolan akan mengalir. Selain menghilangkan kebosananan, kamu bisa menambah teman baru.


5. Foto-Foto

Kredit Foto: twitter.com

Kamu tentu melewati banyak tempat saat melakukan perjalanan mudik yang panjang. Saat bosan melanda dan kamu mulai mati gaya, bangkitkan bakat terpendam kamu sebagai seorang Fotografer. Manfaatkan smartphone kamu untuk mengambil foto pemandangan yang kamu lewati atau momen-momen menarik yang kamu lihat sepanjang perjalanan. Foto-foto hasil jepretan kamu itu bisa langsung kamu unggah di akun medsos kamu, sertakan caption menarik. Atau kamu boleh selfie-selfie selama perjalanan untuk mengusir rasa bosanmu.

6. Tidur

Kredit Foto: plo.vn

Cara paling efektif untuk menghilangkan kebosanan dalam perjalanan mudik yang panjang adalah dengan tidur. Dengan tidur, badan kita istirahat dan nantinya sampai kampung halaman badan kamu fresh, tidak terlalu capek.

Nah itu tadi tips dari Omkumis supaya kamu nggak mati gaya karena terjebak macet yang panjang dalam perjalanan mudik. Jangan lupa berdoa supaya kamu dan semua penumpang bus selamat dalam perjalanan dan sampai di kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Kalau ingin tahu tentang tips-tips menarik lainnya dari Omkumis, langsung saja klik di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}