OTOMOTIF

Mau Mudik Naik Motor? Pastikan Kesehatan 6 Komponen Penting Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 19/06/2017 19:07 WIB


Mau Mudik Naik Motor? Pastikan Kesehatan 6 Komponen Penting Ini
Om Kumis - Lebaran sebentar lagi tiba. Saatnya bagi para perantau melakukan ritual tahunan yaitu mudik alias melakukan perjalanan untuk pulang ke kemapung halaman dan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Mudik menggunakan sepeda motor saat ini semakin banyak peminatnya. Meskipun sudah dihimbau pemerintah untuk tidak mudik naik motor, namun makin banyak saja pemudik yang memilih menunggangi motor kesayangan mereka sampai kampung halaman.

Mahalnya tiket mudik menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, dan pesawat, menjadi salah satu alasan para pemudik memilih menggunakan sepeda motor. Meskipun lebih menguras tenaga dan memiliki resiko keselamatan yang lebih tinggi, tak menyurutkan niat para pemudik untuk menaiki sepeda motornya. Alasan praktis dan hemat biaya menjadikan para pemudik bermotor semakin bertambah jumlahnya.

Nah, sebelum memutuskan untuk mudik dengan sepeda motor, ada baiknya kamu mempersiapkan banyak hal. Selain kesehatan, tentunya kondisi motor kesayangan kamu harus dalam keadaan sehat untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Berikut ini Omkumis sarankan supaya kamu memastikan kesehatan beberapa komponen penting motor sebelum kamu mudik. Apa saja komponen yang musti diperiksa? Cek di bawah ini.

1. Periksa Ban

Kredit Foto: casapratica.net

Periksa kesehatan ban motor karena kondisi ban sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara dan tentu saja untuk keselamatan. Pertama, cek kondisi ban luar dan ban dalam. Kalau ban luar sudah tipis, langsung ganti dengan yang baru saja karena ban yang sudah gundul sangat membahayakan terutama saat melewati jalan yang licin. Kemudian cek tekanan angin ban motor, jangan sampai kurang alias kempes. Ketika mengisi bensin, usahakan sekalian memeriksa tekanan angin dan segera isi jika sudah terasa kempes.


2. Periksa Busi

Kredit Foto: buzzon.net

Sistem pengapian adalah salah satu komponen penting pada motor. Untuk itu periksalah busi sebelum melakukan perjalanan jauh. Cek apakah busi masih berfungsi normal dan bunga api yang dihasilkan masih bagus. Kalau sudah terlihat menghitam, segera bersihkan kotoran busi tersebut. Lebih amannya kamu ganti dengan yang baru supaya tak ada masalah di perjalanan. Periksa juga apakah tutup businya masih dalam keadaan bagus, jika sudah retak segera ganti dengan yang baru. Jangan sampai motor kamu mogok karena sistem pengapian motor kamu mengalami masalah.


3. Periksa Sistem Penggerak

Kredit Foto: meetup.com

Rantai motor atau drive belt pada motor matic sangat penting fungsinya untuk motor. Sebelum mudik, periksa apakah rantai motor kamu masih bagus dan masih punya daya cengkram yang kuat ke gir. Periksa tingkat keausannya, jika terlihat sudah aus, segera ganti baru. Jangan sampai di tengah perjalanan mudik, rantai motor kamu putus karena sudah aus.


4. Periksa Rem

Kredit Foto: pinterest.com

Semua pengendara motor pasti tahu betapa pentingnya fungsi rem. Salah satu penyebab kecelakaan motor adalah karena rem blong. tentunya kamu tak mau mengalami hal tersebut, kan? Nah, oleh karena itu periksalah apakah rem masih berfungsi baik, baik rem tangan maupun rem belakang. Periksa minyak rem dan kampas. Jika kampas rem sudah mulai aus, segera ganti baru karena kamu akan melalui perjalanan yang jauh.


5. Periksa Oli


Kredit Foto: elcomercio.pe

Pemakaian oli mesin pada sepeda motor ada masanya. Oleh karena itu, sebelum mudik pastikan bahwa oli mesin motor kamu masih dalam kondisi bagus. Tapi karena mau melakukan perjalanan mudik yang jauh, lebih baik kamu mengganti oli mesin supaya laju motormu lebih nyaman.


6. Periksa Lampu

Kredit Foto: pinterest.com

Meski terlihat sepele, tetap jangan pernah menyepelekan fungsi lampu padamotor kamu. Pastikan bahwa semua lampu menyala dan berfungsi dengan normal. Jangan biarkan jika ada lampu yang mati, tak cuma lampu depan saja, melainkan juga lampu penanda lainnya seperti lampu sein.  Lampu utama dan lampu signal lainnya sangat berguna dalam perjalanan, terutama saat malam hari atau saat turun hujan. Lampu sein menjadi penanda bagi sepeda motor saat berbelok, sedangkan lampu belakang sebagai penanda saat melakukan pengereman.


Nah, itu tadi tips dari Omkumis bagi kamu yang berniat mudik dengan mengendarai motor kesayangan kamu. Selamat mudik dan berhati-hati di jalan supaya bisa sampai kampung halaman dengan selamat dan bisa berkumpul dengan keluarga. Kalau mau tahu lebih banyak tentang tips-tips yang berkaitan dengan otomotif lainnya, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}