OTOMOTIF

Sebelum Mudik Naik Sepeda Motor, Siapkan Delapan 'Perlengkapan Tempur' Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 21/06/2017 02:39 WIB


Sebelum Mudik Naik Sepeda Motor, Siapkan Delapan 'Perlengkapan Tempur' Ini
Om Kumis - Nggak terasa ya, sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Para perantau akan segera mudik alias melakukan perjalanan untuk pulang ke kampung halaman. Para calon pemudik sudah siap menjalani ritual tahunan menempuh perjalanan panjang menuju ke tempat asalnya dengan berbagai macam moda transportasi seperti kereta api, kapal laut, bus, mobil pribadi atau sepeda motor.

Nah, bagi kamu yang sudah merencanakan mudik naik motor pastikan kondisi motor kesayangan kamu benar-benar dalam kondisi sehat, untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Omkumis sudah membahas tentang pentingnya memeriksa komponen penting motor sebelum mudik. Baca : Sebelum Mudik, Wajib Periksa Kesehatan 7 Komponen Penting Mobil Ini.

Setelah kondisi motor kamu benar-benar siap untuk dibawa melakukan perjalanan jauh, kamu juga harus menyiapkan beberapa barang yang diperlukan dan wajib dibawa saat mudik naik motor. Berikut ini Omkumis berikan tip tentang perlengkapan tempur apa saja yang harus kamu siapkan sebelum mudik. Cek di bawah ini, dan jangan sampai ada yang ketinggalan.


1. Helm

Kredit Foto: womenridersnow.com

Semua bikers pasti tahu kegunaan penting helm untuk keselamatan. Ya, helm adalah pelindung kepala saat terjadi benturan. Oleh sebab itu, pilihlah helm yang ringan di kepala dan sesuai ukuran kepala kita dengan kualitas yang bagus dan sudah lolos sertifikasi keselamatan. Pilihlah yang berlogo SNI. Gunakan helm yang nggak terllau longgar atau sesak. Usahakan untuk memilih helm dengan kaca yang tak terlalu gelap agar pandangan mata kamu tak terganggu saat berkendara di malam hari atau saat hujan turun.


2. Jaket


Kredit Foto: flickr.com

Jaket sangat berguna untuk melindungi tubuh dari terpaan udara atau angin baik yang panas maupun dingin. Sebisa mungkin gunakan jaket khusus untuk motor yang waterproof. Jaket itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran dengan harga yang bervariasi. Pilihlah jaket yang pas untuk ukuran badan, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. jaket khusus motor lebih tahan untuk melindungi tubuh dari benturan.


3.  Jas Hujan


Kredit Foto: twitter.com

Sesuai namanya, jas hujan adalah baju yang dirancang khusus saat hujan turun. Saat ini banyak jas hujan dengan berbagai macam model dan harga yang variatif. Pilihlah jas hujan yang modelnya baju,  terpisah dengan celana. hal ini untuk memudahkan pergerakan dan handling kendaraan ketika hujan lebat. Pilihlah warna yang mencolok supaya kamu tetap terlihat oleh pengendara lain saat hujan turun sangat deras.


4. Masker

Kredit Foto: pinterest.com

Masker berfungsi untuk melindungi bikers dari asap dan debu. Masker yang bagus adalah masker yang menutup hidung hingga leher. Pilihlah masker dengan bahan yang tidak mengganggu pernafasan. Pakailah yang nyaman, jangan terlalu longgar agar debu benar-benar tak masuk ke pernafasan. Hindari masker yang terlalu ketat supaya tidak mengganggu pernafasan.


5. Sarung Tangan

Kredit Foto: camargus.com

Banyak bikers yang menyepelekan sarung tangan. Padahal sarung tangan juga punya fungsi penting. Sarung tangan membantu mengatasi masalah licinnya setang. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan dengan bahan yang tak terlalu kaku sehingga jari tangan masih leluasa bergerak.


6. Sepatu

Kredit Foto: youtube.com

Jangan sepelekan fungsi sepatu saat berkendara. Sepatu melindungi kakimu dari panas dan juga cuaca dingin. Saat hujan turun, sepatu akan memabntu kakimu untuk tak terpeleset saat menginjak rem atau saat sedang berhenti karena macet. Sepatu juga melindungi kaki kamu dari bahaya benturan yang mungkin terjadi. Sebisa mungkin hindari memakai sandal.


7. Obat-Obatan

Kredit Foto: pinterest.com

Obat-obatan sangat penting untuk kamu bawa selama perjalanan. Perjalanan yang jauh tentu menguras tenaga. Siapkan obat-obatan seperti obat untuk sakit kepala, perut, atau balsem. Siapkan juga vitamin yang bisa kamu minum selama perjalanan supaya kondisi badan kamu tetap terjaga.


8. Perkakas

Kredit Foto: alatperkakas.com

Jangan pernah tinggalkan perkakas motor ketika berkendara. Semua bikers pasti tahu betapa vitalnya peran perkakas dalam berkendara. Bawalah selalu perkakas motor seperti obeng, tang, kunci pas, busi cadangan, dan lain sebagainya untuk berjaga-jaga jika motor kamu butuh perbaikan dalam perjalanan.


Nah sobat Omkumis, itu tadi perlengkapan tempur yang musti kamu siapkan sebelum mudik menggunakan sepeda motor. Tetap berhati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Beristirahatlah saat badanmu terasa capek. Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan. Kalau kamu ingin artikel tentang tips-tips otomotif lainnya, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}