OTOMOTIF

Yuk, Segarkan Kembali Mobil Kamu Setelah Mudik Lebaran. Begini Caranya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Sabtu, 01/07/2017 15:38 WIB


Yuk, Segarkan Kembali Mobil Kamu Setelah Mudik Lebaran. Begini Caranya
Om Kumis - Lebaran telah usai, para perantau yang sudah merayakan Lebaran di kampung halaman kini mulai kembali ke kota tempatnya beraktivitas sehari-hari. Sebelum mudik Lebaran, para pemudik yang menggunakan mobil pribadi tentu sudah melakukan perawatan khusus terhadap mobil kesayangan mereka untuk menghadapi perjalanan panjang nan melelahkan. Omkumis pernah membahasnya di artikel sebelumnya, Sebelum Mudik, Wajib Periksa Kesehatan 7 Komponen Penting Mobil Ini.

Setelah selesainya ritual mudik, jangan lupakan untuk kembali memeriksa kesehatan mobil kesayangan kamu, lho. Setelah kamu paksa untuk bekerja keras menempuh ratusan hingga ribuan kilometer, tentu mobil kamu juga butuh penyegaran. Tak cuma kondisi badan kamu saja yang harus dipulihkan usai mudik Lebaran, begitu pula dengan kondisi mobil kamu. Mobil kamu tentu juga mengalami kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh, dan tentunya membutuhkan perhatian khusus supaya kondisinya bugar kembali sebelum kamu pakai untuk beraktivitas seperti sedia kala.

Baca juga: Ingin Power Steering Mobil Kamu Awet dan Tak Mudah Rusak, Lakukan 5 Cara Mudah Merawatnya

Lalu bagaimana cara membuat mobil kembali tampil segar dan sehat? Tenang saja, kali ini Omkumis akan berikan tips untuk memeriksa kondisi mobil usai mudik Lebaran. Yuk, langsung simak di bawah ini.


1. Cuci Bersih

Kredit Foto: qatarliving.com

Pertama kali yang paling gampang dilakukan adalah dengan mencuci mobil kamu hingga benar-benar bersih. Tentu banyak debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil hingga di kolong mobil selama menempuh perjalanan panjang. Untuk itu semprot dan bersihkan semua bagian mobil, tak hanya bodi saja melainkan juga bagian kolong untuk menghilangkan semua kotoran yang menmpel. Sembari mencuci, coba periksa apakah ada lecet-lecet di bodi mobil. Jangan lupa untuk membersihkan interior yang tentu juga kotor. 


2. Periksa Mesin dan Oli

Kredit Foto: drive2.ru

Kesehatan mesin adalah hal utama dari mobil. Salah satu penentu dari kesehatan mesin adalah oli mesin. Oli berperan sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan pada bagian internal mobil. Untuk itu pastikan oli masih dalam kondisi yang baik. Mesin mobil kamu pasti bekerja cukup keras saat mudik menempuh perjalanan jauh. Bersihkan filter oli dan pastikan juga bahwa oli tidak bocor. Cek kekentalan oli, jika sudah encer segera ganti oli baru.

3. Periksa Cairan 

Kredit Foto: pinterest.com

Selain oli mesin, cairan lainnya yang perlu diperiksa adalah air radiator, air aki, air wiper, minyak rem dan oli transmisi. Jangan sapai kehabisan air radiator karena radiator berperan untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan terhindar dari over heating. Pastikan kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir dalam keadaan bagus dan tidak ada kebocoran. jangan biarkan sepelekan selang yang retak. Cek juga apakah minyak rem dan oli transmisi masih dalam kondisi yang bagus. Jika perlu, segera ganti dengan yang baru.

4. Periksa Rem dan Kopling

Kredit Foto: autokult.pl

Periksa kondisi rem dan kopling usai mudik. Kampas rem dan kopling biasanya menjadi lebih tipis setelah melakukan perjalanan panjang. Pastikan rem mobil kamu tidak aus, karena semakin sering digunakan, bantalan rem akan aus. Jika sudah aus, langsung saja ganti dengan yang baru. Cek juga minyak rem dan pastikan tidak ada kebocoran pada selang. Jangan pernah menyepelekan kondisi kesehatan rem karena radalah komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. 


5. Periksa Kaki-kaki


Kredit Foto: bimmerfest.com

Dalam perjalanan mudik, tentu ada saja mobil kamu pernah menghantam lubang atau jalanan yang bergelombang. Untuk itu segera periksa kaki-kaki mobil terutama bagian shockbreaker.Salah satu kenyamanan berkendara ditentukan oleh kenyamanan shockbreaker. Shockbreaker yang masih berfungsi dengan baik akan membuat laju mobil kamu stabil, begitu pula sebaliknya.Selain itu periksa ketebalan ban, tie road, dan juga ball joint. Jika merasa ada masalah, ada bagusnya segera spooring roda mobil kamu.

6. Tune Up

Kredit Foto: pinterest.com

Langkah terakhir untuk menyegarkan kondisi mobil usai mudik Lebaran adalah dengan melakukan tune-up rutin. Tune-up rutin sangat penting karena akan membuat mesin tetap awet. Saat tune-up rutin tentunya semua komponen yang penting akan diperiksa satu persatu sehingga kondisi mobil kamu kembali bugar.

Nah, itu tadi tips dari Omkumis supaya mobil kesayangan kamu kembali segar setelah mengantar kamu ke kampung halaman. Semoga tips diatas bermanfaat. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tips tentang otomotif, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}