TIPS

Mau Travelling Naik Pesawat? Nih, Etika- Etika Yang Nggak Boleh Disepelekan

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 24/07/2017 00:46 WIB


Mau Travelling Naik Pesawat? Nih, Etika- Etika Yang Nggak Boleh Disepelekan
Om Kumis - Salah satu moda transportasi yang banyak dipilih saat melakukan perjalanan jauh adalah pesawat terbang. Selain waktu tempuh yang lebih cepat, saat ini semakin banyak maskapai penerbangan yang memberikan promosi besar-besaran sehingga harga tiket pesawat semakin murah alias terjangkau. Bagi para traveller, terutama yang ingin travelling ke luar negeri, saat ini tentu saja pesawat terbang menjadi moda transportasi yang paling diandalkan

Seperti moda transportasi lainnya, pesawat terbang juga memiliki aturan khusus bagi para penumpang. Nah, meskipun sering naik pesawat, ternyata masih banyak penumpang yang menyepelekan etika-etika atau peraturan di dalam pesawat sehingga mengganggu kenyamanan penumpang lain. Bahkan akibat menyepelekan etika itu, terkadang kelakuan penumpang malah membahayakan penerbangan itu sendiri.

Nah,daripada kamu malu karena ditegur kru pesawat karena melanggar etika, lebih baik kamu harus memahami dan janganmelanggar etika-etika atau peraturan di dalam pesawat. Apa saja sih etika yang wajib diketahui dan tak boleh dilanggar?Simak penjelasan khas Omkumis di bawah ini.

1. Posisi Kursi

Kredit Foto: upsocl.com

Semua penumpang pesawat tentu ingin duduk nyaman selama perjalanan. Untuk itu sebelum mengatur posisi kursi, perhatikan juga faktor  kenyamanan penumpang lain. Hindari untuk tidak terlalu menurunkan sandaran kursi hingga terlalu berbaring. Apalagi saat penerbangan
jarak pendek. Posisi kursi yang terlalu mundur atau terlalu berbaring membuat penumpang yang duduk di depan maupun di belakang kamu akan terganggu. Penumpang di belakang kamu akan terbatas ruang geraknya karena kursi kamu terlalu mundur, sedangkan penumpang di depan kamu terganggu karena posisi kaki kamu bisa menendang kakinya.

2. Posisi Lengan

Kredit Foto: pinterest.com

Pastikan posisi lengan kamu saat duduk tidak menempati lengan kursi penumpang di sebelah kamu.Apalagi jika kamu duduk di kursi bagian tengah yang tentunya membuat ruang gerak kamu menjadi terbatas. Pastikan bahwa kamu tidak menyentuh atau bahkan menyikut tangan penumpang sebelah kamu.

3. Posisi Tidur

Kredit Foto: rtbf.be

Tidak ada larangan untuk tidur selama penerbangan. Namun pastikan bahwa posisi tidur kamu tidak mengganggu penumpang di sebelahmu. Jika kamu berada di posisi paling pinggir, usahakan posisi tidur kamu tegak di kursi sehingga tidak mengganggu penumpang sebelah kamu yang ingin keluar. Pastikan bahwa kepala kamu tidak menyender ke bahu orang di sebelah kamu. Ada baiknya kamu membawa bantal leher sehingga posisi tidur kamu nggak mengganggu penumpang di sebelah.

4. Jangan Terlalu Lama di Toilet

Kredit Foto: skyscanner.pl

Biasakan untuk tidak terlalu lama menggunakan toilet, karena banyak penumpang lain yang juga ingin menggunakannya bahkan harus antre. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan toilet, sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain yang menggunakan toilet setelah kamu pakai.

5. Jangan Terlalu Berisik

Kredit Foto: telegraph.co.uk

Meski kamu travelling bareng teman-teman kamu, usahakan untuk tidak membuat kegaduhan dengan berbicara terlalu keras atau berisik karena hal ini bisa membuat penumpang lain terganggu. Hormati penumpang lain yang juga ingin merasakan kenyamanan di dalam pesawat.

6. Bau Badan
 
Kredit Foto: giadihn.net.vn

Sebelum naik pesawat, cek bau badan kamu terlebih dahulu supaya nantinya tidak mengganggu indera penciuman penumpang di sebelah kamu. Kalau kamu biasa memakai parfum, usahakan tidak menggunakan parfum dengan aroma yang terlalu kuat atau menyengat supaya penumpang di sebelah kamu tidak risih.

7. Gadget

Kredit Foto: pinterest.com

Jangan sembarangan menggunakan gadget kamu saat pesawat sedang terbang. Patuhi peraturan dari awak pesawat, kapan harus mematikan gadget dan kapan boleh menggunakannya. Banyak kasus terjadi gangguan penerbangan karena penumpang bandel tetap menyalakan gadget meski sudah dilarang. Selain itu, jika kamu bandel tetap menyalakan gadget, pramugari akan mengurmu dan tentunya kamu bakalan malu.

8. Barang Bawaan

Kredit Foto: bbc.uk

Selalu patuhi peraturan tentang membawa barang bawaan ke dalam kabin pesawat. Jika membawa tas besar, masukkan ke dalam tempat penyimpanan tas. Sedangkan tas kecil yang kamu bawa duduk, tempatkan di posisi yang tidak mengganggu ruang gerak penumpang di sebelah kamu.

Nah sobat Omkumis, itu tadi tips-tips tentang pentingnya mematuhi etika-etika saat naik pesawat. Ingat, jangan mengganggu kenyamanan penumpang lain karena semua penumpang butuh kenyamanan saat dalam penerbangan. Kalau mau tahu tentang anek tips menarik lainnya dari Omkumis, klik saja di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}