TIPS

Suka Futsal? Begini Cara Memilih Sepatu Futsal Yang Baik dan Nyaman,Anak Futsal Wajib Tahu!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Sabtu, 19/08/2017 20:15 WIB


Suka Futsal? Begini Cara Memilih Sepatu Futsal Yang Baik dan Nyaman,Anak Futsal Wajib Tahu!
Om Kumis - Futsal adalah olahraga yang tengah populer dan digandrungi banyak orang di dunia saat ini, termasuk di Indonesia. Saat ini banyak sekali dijumpai adanya lapangan futsal di sekitar lingkungan kita. Bahkan bagi sebagian kaum urban, futsal tak lagi sekedar menjadi olahraga saja melainkan sudah menjadi gaya hidup. 

Nah, bagi para penyuka futsal tentu sangat paham bahwa salah satu perlengkapan tempur yang wajib dimiliki untuk bermain adalah sepatu futsal.  Anak futsal juga tahu bahwa memilih sepatu futsal tak boleh sembarangan. Pemilihan sepatu yang tepat akan membuat permainan kita menjadi lebih maksimal. Saat ini sepatu futsal bisa kita beli di pasaran dengan model dan harga yang bervariasi. Namun kamu harus tahu bahwa memilih sepatu futsal tak sekedar melihat model dan harganya saja.

Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui dalam memilih sepatu futsal yang tepat. Nah, sebelum kamu membelinya, simak tips memilih sepatu futsal yang baik dan benar. Anak futsal wajib tahu, nih. Yuk, langsung saja simak penjelasan Omkumis di bawah ini.

1. Budget

Kredit Foto: yelp.com

Sebelum membeli sepatu, hal pertama yang harus ditentukan adalah budget. Saat ini banyak produsen yang menyediakan sepatu futsal dengan berbagai model dan harga yang variatif, mulai dari yang murah hingga yang berharga jutaan rupiah. Belilah sepatu yang sesuai dengan keadaan keuanganmu. Yang harus diingat adalah, meski kamu memiliki budget banyak untuk membeli sepatu, tak semua sepatu yang berharga mahal cocok untuk kaki kamu.


2. Sesuaikan Bentuk Kaki

Kredit Foto: pinterest.com

Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda. Nah, saat memilih sepatu pastikan bahwa sepatu itu sesuai dengan bentuk kaki kamu sehingga nyaman untuk dipakai. Lalu bagaimana caranya mengetahui bentuk kaki? Gampang, coba kamu menapakkan kaki dalam keadaan basah ke atas kertas. Dari jejak kaki yang terlihat akan diketahui apakah bentuk kaki kamu slim fit atau wide fit.

3. Sesuaikan Gaya Permainan

Kredit Foto: thesun.co.uk

Langkah berikutnya adalah dengan memilih sepatu sesuai dengan gaya permainan kamu. Hal ini penting supaya permainan kamu maksimal, karena setiap sepatu memiliki karateristik berbeda yang sudah disesuaikan dengan gaya permainan pemakainya.

- Jika kamu bertipe pengumpan, pilihlah sepatu yang tapaknya melebar supaya kamu lebih mudah mengontrol bola dan mengumpan dengan sempurna kepada temanmu.

- Jika kamu suka menggocek bola atau sering membawa bola, pilihlah sepatu yag ringan. Sepatu yang ringan membuat kamu lebih leluasa melakukan pergerakan saat membawa bola dan juga melakukan akselerasi untuk melewati lawan.

- Bagi kamu yang suka menembak bola dengan kencang ke gawang lawan alias seorang shooter, pilihlah sepatu yang ketat di setiap sisi kaki. Sepatu seperti ini akan membuat sepakanmu maksimal.

4. Perhatikan Ukuran

Kredit Foto: complex.com

Selanjutnya, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kakimu supaya nyaman dipakai. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar. Pilihlah sepatu yang posisi ujung sepatu dengan jari setidaknya berjarak 0,5-1 cm. Ukuran sepatu yang pas akan membuat kakimu nyaman dan pergerakanmu lebih maksimal.


5. Perhatikan Kualitas Bahan

Kredit Foto: nerevolutionsoccer.com

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui bahan sepatu yang kita pilih. Saat ini sepatu futsal yang beredar di pasaran terbuat dari empat bahan, yaitu karbon, kulit, kain, dan imitasi.  Pilihlah sepatu dengan bahan serat karbon, karena sepatu dengan bahan ini terasa lebih nyaman, ringan tetapi tetap kuat. Hindari memilih sepatu dengan bahwan imitasi. Meskipun harganya jauh lebih murah, tapi sepatu dengan bahan imitasi tidak nyaman digunakan dan lebih cepat rusak.

Trending

  • {{ trend.numb }}