INSPIRASI

Rumah Diteror Tikus? Usir Saja Dengan Buah Bintaro. Begini Cara Menggunakannya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 03/08/2017 00:30 WIB


Rumah Diteror Tikus? Usir Saja Dengan Buah Bintaro. Begini Cara Menggunakannya
Om Kumis - Dalam film kartun, tikus digambarkan sebagai hewan yang lucu. Sebut saja tokoh Jerry dalam film Tom and Jerry, atau tokoh Remy dalam film Ratatouille, dan yang paling terkenal tentu saja karakter Mickey Mouse. Namun lain di film lain pula di kehidupan nyata. Pada kenyataannya, tikus adalah binatang yang menyebalkan dan sangat menggangu, terutama saat masuk ke dalam rumah. Seperti diketahui, tikus merupakan binatang pengerat yang sangat rakus.

Bisa dipastikan bahwa hampir semua orang, mungkin termasuk kamu, yang merasa sangat kesal saat tikus masuk ke dalam rumah dan mulai  melakukan aksinya yang menyebalkan. Tak hanya memakan makanan, namun tikus juga suka menggerogoti barang-barang yang ada di rumah. Coba sebutkan saja barang-barang di rumah kamu yang menjadi korban kerakusan sang binatang pengerat itu, pasti banyak! Sandal, sepatu, sabun mandi, kertas, bahkan kabel pun mereka sikat. Maka tak heran banyak orang yang merasa terteror dengan kehadiran tikus yang tak diundang ke dalam rumah.

Kredit Foto: jurnalasia.com

Banyak cara telah dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah. Mulai dari menggunakan racun tikus, memasang lem tikus, coba  memasang jebakan, hingga menggunakan bahan alami seperti tanaman dan juga buah-buahan. Salah satu buah yang terkenal sangat ampuh untuk membasmi tikus adalah buah bintaro. Buah yang secara fisik mirip mangga ini dikenal sangat efektif untuk mengusir tikus dari rumah.  

Buah bintaro yang bernama latin Cerbera manghas ini di beberapa tempat dikenal dengan nama seperti  Kayu Gurita, Babuto, Buta Badak, atau mangga Laut. Buah dari tanaman peneduh yang memiliki bunga mirip bunga kamboja ini mengandung racun yang dinamakan senyawa cerberin. Kandungan racun dalam buah bintaro ini sangat kuat dan mematikan, sehingga tikus pun takut untuk mendekati buah ini.

Lalu bagaimana cara menggunakan buah bintaro ini untuk mengusir para binatang pengerat yang sangat menyebalkan itu dari dalam rumah? Gampang kok, nggak pakai susah. Nah untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dari Omkumis di bawah ini.


1. Pilih buah yang muda

Kredit Foto: wikimedia.org

Pertama adalah pilihlah buah bintaro yang masih muda dan belum layu. Lebih bagus lagi jika kamu menggunakan buah bintaro yang baru saja dipetik dari pohon, sehingga masih ada getahnya di tangkainya. Buah bintaro yang masih muda akan beraroma menyengat. Bau racun yang dikeluarkan oleh buah bintaro yang masih muda itu sangat mengganggu indera penciuman tikus, sehingga tikus tak berani mendekat.


2. Letakkan saja

Kredit Foto: wikimedia.org

Buah bintaro dikenal sebagai salah satu buah pengusir tikus yang sangat efektif dan cukup mudah serta sangat praktis cara menggunakannya. Cukup letakkan saja buah bintaro di tempat yang biasa dikunjungi atau dilewati tikus, misalnya di sudut ruangan, garasi atau dapur. Bau racun yang menyengat dari buah bintaro akan membuat tikus tak mau mendekati atau melewati tempat yang ada buah bintaro.


3. Bakar buah bintaro

Kredit Foto: publicdomainpictures.net

Cara terakhir jika kamu sudah sangat benci dengan ulah binatang pengerat itu adalah membasmi sarangnya. Membakar buah buah bintaro dan mengasapi sarang tikus akan membuat binatang pengerat yang yang menyebalkan itu kabur. Caranya mudah yaitu dengan membelah buah bintaro menjadi empat bagian kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, bakar buah bintaro itu dan kemudian asapi sarang tikus itu. Namun harus diingat, asap beracun dari buah bintaro tersebut sangat berbahaya bagi manusia jika terhirup. Untuk itu gunakan masker atau pelindung supaya kita tidak menghirup asap tersebut.

Nah, itu tadi cara menggunakan buah bintaro untuk mengusir tikus dari rumah. Gimana, sangat mudah kan? Sobat Omkumis bisa langsung mencoba dan mempraktekkannya di rumah. Selamat mencoba! Kalau ingin tahu lebih banyak lagi tentang tips- tips menarik lainnya, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}