TIPS

Baru Pertama Kali Mendaki Gunung? Lakukan 5 Persiapan Ini Supaya Pendakianmu Sukses

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 07/08/2017 17:12 WIB


Baru Pertama Kali Mendaki Gunung? Lakukan 5 Persiapan Ini Supaya Pendakianmu Sukses
Om Kumis - Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan positif yang akan membuatmu semakin menghargai hidup, menghargai kekayaan alam dan tentu saja mensyukuri nikmat hidup yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Banyak sekali manfaat yang didapat dari mendaki gunung. Omkumis sarankan kamu harus mendaki gunung paling tidak sekali dalam seumur hidup, dan rasakan manfaatnya yang luar biasa baik untuk kesehatan badan maupun kesehatan rohani kamu.

Bagi kamu yang ingin coba mendaki gunung, namun belum berpengalaman atau belum pernah sama sekali mendaki gunung alias pemula, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Persiapan bagi pendaki pemula harus sangat matang karena meski terlihat mudah, mendaki gunung ternyata tak semudah yang kita bayangkan. Banyak faktor yang harus diperhitungkan supaya pendakian pertama kamu berlangsung sukses dan tentunya aman.

Lalu apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum mendaki gunung untuk pertama kali? Simak tips dari Omkumis berikut ini agar pendakianmu berjalan menyenangkan dan aman. Langsung simak di bawah ini ya.

1. Tentukan waktu dan gunung yang mau didaki

Kredit Foto: commons.wikimedia.org

Memilih waktu dan gunung yang akan didaki sangatlah penting bagi pendaki pemula. Omkumis sarankan untuk memilih waktu pendakian disaat musim kemarau, karena tentunya bakal lebih nyaman. Saat musim hujan, medan menuju puncak gunung pasti sangatlah licin sehingga perjalanan kamu bakal lebih berat dan susah. Tentukan juga gunung yang akan kamu daki, lebih baik pilihlah gunung dengan jalur pendakian yang tak terlalu susah atau ekstrim.

2. Riset

Kredit Foto: publika.md

Setelah menetukan gunung mana yang ingin didaki, saatnya melakukan riset, yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang gunung tersebut. Carilah melalui internet, buku, atau bertanya kepada teman yang pernah mendakinya. Cari tahu informasi sedetail-detailnya tentang lokasi, jalur pendakian, karateristik gunung, jarak yang ditempuh, waktu tempuh, dan sebagainya. Tentukan juga apakah kamu nantinya akan menggunakan jasa porter/guide atau tidak.  Cari tahu juga tentang estimasi biaya yang dibutuhkan selama perjalanan, mulai dari biaya transportasi, makan, hingga penginapan. Hal ini penting dan harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

3. Perlengkapan Pendakian
Kredit Foto: trekkingsapa.com

Setelah melakukan riset yang mendalam, dan telah merencanakan perjalanan dengan matang, saatnya mempersiapkan semua perlengkapan pendakian yang dibutuhkan. Ada beberapa perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki gunung dan nggak boleh ketinggalan. Beberapa barang yang nggak boleh ketinggalan dibawa adalah tenda, kompor, gas, kantung tidur, senter, matras, jas hujan, ponco, kompas dan lain-lain. Jangan lupa memakai sepatu khusus outdoor atau khusus untuk mendaki gunung. Kenakan juga jaket gunung dan celana gunung. Sebelum berangkat, pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah disiapkan. Lebih baik jika kamu memiliki perlengkapan kepunyaan sendiri, namun jika nggak punya, kamu masih bisa menyewanya. Saat ini sudah banyak tersedia penyewaan perlengkapan mendaki gunung seperti tenda, matras, head lamp dan sebagainya.


4. Perbekalan Makanan

Kredit Foto: shutterstock.com

Setelah semua perlengkapan pendakian sudah didaftar dan disiapkan, kini saatnya kamu menyiapkan daftar perbekalan makanan yang akan dibawa saat pendakian. Jangan sepelekan urusan makanan saat mendaki gunung, lho. Mendaki gunung itu bakal menguras banyak tenaga sehingga bawalah makanan yang bergizi tinggi sehingga badanmu tetap fit. Lagipula saat pendakian kamu tidak akan menemukan warung bakso, mie ayam, atau bubur ayam, sehingga kamu harus menyiapkan perbekalan makanan sendiri. Bawalah makanan yang mengandung cukup banyal protein dan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Jangan lupa untuk membawa perbekalan air minum yang memadai agar kamu terhindar dari bahaya dehidrasi. Bawalah makanan seperti oatmeal, sereal, coklat, gula merah, sosis, teri kacang, abon, dan juga madu.


5. Persiapan Fisik

Kredit Foto: publika.md

Setelah semua persiapan untuk mendaki gunung sudah dilakukan, hal yang paling penting adalah saatnya melakukan persiapan fisik. Mendaki gunung hingg ake puncak akan sangat menguras tenaga. Untuk itu kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum hari-H tiba. Mulailah melatih diri dengan berolahraga untuk meningkatkan ketahanan fisik seperti jogging, berenang, atau bersepeda. Lakukan latihan ini jauh-jauh hari sebelum waktunya mendaki gunung. Lakukan secara rutin dan tingkatkan porsi latihanmu secara perlahan agar ketahanan fisik kamu semakin teruji.

Nah, setelah lima persiapan diatas sudah kamu lakukan, Omkumis yakin kamu akan sukses melakukan pendakian pertama dalam hidupmu. Tapi tetap berhati-hatilah dan patuhi semua aturan yang berlaku saat di gunung. Selamat  mendaki gunung dan menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Agung.

Trending

  • {{ trend.numb }}