INSPIRASI

Mau Buka Usaha Waralaba? Nih, 5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Supaya Sukses

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 08/08/2017 15:45 WIB


Mau Buka Usaha Waralaba? Nih, 5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Supaya Sukses
Om Kumis - Sekarang ini banyak orang yang mencoba untuk berbisnis tapi bingung akan membuka usaha apa. Salah satu jenis usaha yang saat ini tengah menjamur dan banyak peminatnya adalah dengan membuka usaha waralaba atau yang biasa dikenal dengan bisnis franchise. Daripada harus memulai usaha baru dengan perjuangan dan resiko yang tentunya lebih tinggi, usaha waralaba memang lebih diminati karena sistemnya yang sudah baik dan tentu lebih mudah.

Saat ini sudah banyak sekali berbagai macam jenis usaha yang ditawarkan dengan sistem waralaba. Mulai dari waralaba dengan modal kecil hingga yang sangat besar. Sebut saja waralaba dengan modal kecil seperti makanan, minuman, camilan, laundry, hingga waralaba dengan modal yang besar seperti restoran, kafe, salon kecantikan, lembaga pendidikan, dan mini market kini sudah banyak kita temui di sekitar lingkungan kita.

Nah, buat kamu yang tertarik dan ingin mencoba membuka usaha waralaba, tentu kamu harus mengetahui seluk beluk tentang sistem waralaba. Jangan langsung beranggapan bahwa dengan membeli waralaba yang sudah terkenal maka usaha kamu juga pasti bakal sukses. Ingat, tidak semudah itu. Berikut ini Omkumis akan berikan tips tentang apa saja hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha waralaba. Yuk langsung simak di bawah ini.

1. Modal

Kredit Foto: riauheadline.com

Satu hal paling penting sebelu memulai usaha tentu saja ketersediaan modal. Hitung secara sermat berapa modal yang akan kamu pakai untuk memulai usaha waralaba. Kemudian carilah waralaba dengan budget yang sesuai dengan modal yang kamu siapkan. Nggak usah khawatir bahwa modalmu tak cukup untuk membeli waralaba, karena saat ini banyak waralaba yang sudah menawarkan kerja sama dengan modal minim.

2. Jenis Waralaba

Kredit Foto: aafd.org

Setelah menentukan jumlah modal, saatnya kamu memilih jenis usaha waralaba yang ingin kamu geluti. Sebisa mungkin kamu memilih usaha yang sesuai dengan kesukaanmu. Misalnya kamu suka memanjakan diri ke salon, maka bukalah usaha waralaba salon dan kecantikan. Misalnya kamu suka olahraga, bukalah usaha waralaba tempat kebugaran atau alat-alat olahraga, bukan cafe atau restoran. Jenis usaha yang sesuai dengan minat atau hobi,membuat kamu menikmatinya dan akan banyak membantu dalam kemajuan usahamu.


3. Pelajari Seluk Beluk Waralaba

Kredit Foto: naijakoko.com

Setelah memilih jenis waralaba yang bakal kamu jalankan, saatnya untuk mempelajari semua hal tentang waralaba tersebut. Pelajari seluk beluk usaha itu hingga menyeluruh dan mendetail. Perhitungkan strategi dan segala macam resikonya. Ketahui semuanya mulai dari fasilitas apa saja yang diberikan pemegang lisensi, pengadaan bahan baku, alat kerja, karyawan, dan lain sebagainya.

4. Fee Royalti

Kredit Foto: topfranchise.ru

Ketahui secara detail tentang model bagi hasil dan fee royalty yang harus dibayar ke pemilik usaha. Untuk diketahui, fee royalti untuk waralaba asing tentunya akan lebih mahal. Ketahui juga apakah ada kenaikan royalti untuk tahun-tahun berikutnya. Saat ini ada juga pemilik waralaba yang sudah membebaskan fee royalti.


5. Tempat Usaha

Kredit Foto: logorealm.com

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih tempat usaha. Pikirkan dengan cermat apakah lokasi usahamu strategis atau tidak. Lokasi usaha sangatlah penting untuk kemajuan bisnis kamu mengingat banyak usaha yang tak bertahan lama hanya karena lokasinya tidak strategis. Perhitungkan juga biaya yang harus dikeluarkan jika kamu hanya menyewa tempat usahamu itu dan bukan milik kamu sendiri. Pastikan keuntungan usahamu bisa untuk menutup biaya sewa tempat dari tahun ke tahun.

6. kerja Keras, Kreatif dan Inovatif

Kredit Foto: cn.linkedin.com

Semua bisnis akan berhasil jika ditunjang beberapa faktor utama, yaitu kerja keras, kerja cedas, kreatif dan inovatif. Tanpa kerja keras dan berpikir kreatif dan inovatif, mustahil rasanya jika usaha akan maju pesat. Kamu juga perlu melakukan promosi tambahan misalnya melalui berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter supaya usahamu lebih dikenal luas.

Trending

  • {{ trend.numb }}