TIPS

Kasur Juga Perlu Dirawat, Lho. Begini Cara Merawatnya Supaya Awet dan Tidur Lebih Nyaman

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 10/08/2017 16:43 WIB


Kasur Juga Perlu Dirawat, Lho. Begini Cara Merawatnya Supaya Awet dan Tidur Lebih Nyaman
Om Kumis - Apalagi yang lebih menyenangkan selain merebahkan diri ke kasur setelah selama seharian menjalani aktivitas yang melelahkan. Beristirahat dan kemudian tidur di kasur yang empuk dan nyaman akan membuat badan kita segar kembali saat bangun tidur di keesokan hari. Tapi kenyamanan tidur tersebut sering terganggu akibat kondisi kasur yang tidak bersih. Ya, salah satu faktor yang menentukan kualitas tidur adalah kasur yang bersih dan nyaman.

Oleh sebab itu, kasur pun juga harus dirawat supaya tidur kamu nyaman dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Selain itu, kasur harus dirawat secara rutin supaya tidak cepat rusak dan awet alias tahan lama. Mulai saat ini, jangan lagi malas untuk selalu menjaga kebersihan kasur. Selama ini banyak orang yang merawat kasur hanya dengan mengganti sprei saja, padahal masih banyak langkah-langkah selanjutnya supaya kasur kamu awet.


Sebenarnya merawat kasur itu bukan pekerjaan yang sulit. Kamu bisa melakukannya sendiri dalam waktu yang singkat, kok. Mau tahu bagaimana cara merawat kasur supaya awet dan juga nyaman supaya tidur kamu lebih nyenyak? Yuk, Ikuti tips dari Omkumis di bawah ini.

1. Bersihkan Debu

Kredit Foto: carpetcaresolutions.com

Langkah dasar membersihkan kasur adalah dengan menghilangkan debu yang menempel di kasur. Meski kasur terlihat bersih, tapi bisa jadi kasur kamu itu penuh debu. Maklum saja, debu memang tak terlihat namun berbahaya bagi kesehatan kita. Cara membersihkannya sangat gampang, yaitu gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Sedot debu dengan vacuum cleaner di semua sisi kasur, baik atas, samping dan juga bagian bawah. Angkat saja kasurnya dan kemudian sedot debu di kasur dan jangan lupa sedot debu di lantai. Tapi harus diingat, pastikan filter dari vacuum cleaner telah dibersihkan sebelumnya sehingga kasur benar-benar jadi bersih. Lakukan penyedotan debu ini secara berkala, misalnya sebulan sekali.

2. Bersihkan Noda

Kredit Foto: wefollownews.appspot.com

Selanjutnya, periksalah kasurmu apakah ada noda atau kotoran yang menempel, misalnya saja bekas tumpahan minuman atau makanan. Jangan menunggu lama dan segera bersihkan noda itu demi kesehatan kamu. Untuk membersihkan noda itu, kamu bisa menggunakan beberapa cairan pembersih seperti sabun cair bayi, cairan pembersih enzim, sabun cuci piring, larutan soda kue, atau cairan hidrogen peroksida. Semprotkan cairan tersebut ke noda yang menempel, diamkan selama beberapa menit, kemudian lap dengan kain halus yang kering.

3. Jemur Secara Rutin

Kredit Foto: doordecorate.net

Langkah selanjutnya adalah dengan menjemur kasur ini secara rutin. Hal ini perlu dilakukan supaya kasur selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab dan terhindar dari jamur, lumut dan kuman. Permukaan kasur yang lembab bakalan membuat kuman, jamur maupun lumut hidup subur. Yang harus diingat adalah, jemur kedua sisi kasur dan jangan terlalu lama membiarkan kasur terpapar sinar matahari langsung supaya warnanya tidak pudar.


4. Putar Posisi Kasur Secara Berkala

Kredit Foto: wikipedia

Posisi kasur juga harus sering diputar secara berkala supaya awet dan tahan lama. Kasur yang tak pernah diputar posisinya akan membuat kontur kasur berubah dan tebalnya tidak merata, alias tipis sebagian. Hal ini karena salah satu bagian kasur mendapatkan tekanan lebih besar dibanding bagian lainnya. Untuk itu putarlah posisi kasur secara berkala, misalnya tiga bulan sekali supaya ketebalan kasur tetap rata.


5. Penggunaan Sprei

Kredit Foto: coversiq.com

Salah satu cara paling gampang dalam perawatan kasur adalah dengan menggunakan sprei untuk menutup permukaan kasur. Sprei adalah pelindung kasur supaya terhindar dari debu dan terkena noda. Selain itu sprei akan membuat sang penggunanya merasa nyaman berbaring di atasnya. Nah, yang perlu dilakukan adalah rutinlah untuk mengganti sprei, sarung bantal, selimut dan bantal guling.


Nah, itu tadi tips dari Omkumis tentang cara mudah merawat kasur secara rutin. Lakukan kelima langkah diatas supaya kasur kamu awet dan tahan lama serta nyaman, sehingga tidur kamu makin nyenyak. Kalau kamu ingin tips-tips menarik lainnya, klik saja di link berikut.


Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}