TIPS

Ingin Membuat Keramik Makin Bersih dan Kinclong? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Terbukti Ampuh!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 20/08/2017 22:52 WIB


Ingin Membuat Keramik Makin Bersih dan Kinclong? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Terbukti Ampuh!
Om Kumis - Kebersihan pangkal kesehatan. Begitu pula dengan rumah, salah satu ciri rumah yang sehat adalah rumah yang bersih. Nah, salah satu penandanya adalah dengan melihat lantainya. Lantai rumah harus disapu dan dipel setiap hari supaya terhindar dari debu dan kotoran yang menempel. Selain itu mengepel lantai akan membuat lantai terhindar dari kuman dan tentunya rumah menjadi lebih nyaman. Lantai yang bersih dan terlihat mengkilap alias kinclong tentu membuat rumah enak dilihat dan membuat penghuni rumah nyaman.
 
Namun meski sudah disapu dan dipel setiap hari, tetap saja selalu ada debu atau kotoran yang menempel. Terkadang ada noda yang sulit dibersihkan, terutama jika dibiarkan terlalu lama. Banyak cara dilakukan untuk membuat lantai senantiasa terlihat kinclong, salah satunya adalah dengan menggunakan obat pembersih dan pengkilap lantai yang bisa dibeli di pasaran dengan wangi dan harga yang bervariasi.

Nah, daripada memakai obat pembersih atau pengkilap lantai yang tentunya mengandung bahan kimia, kenapa tidak menggunakan bahan yang alami saja? Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat lantai menjadi bersih dan kinclong, dan bahan tersebut mudah ditemukan bahkan biasanya ada di dapur kamu. Mau tahu apa saja bahan alami tersebut? Simak penjelasan singkat dari Omkumis di bawah ini.

1. Cuka

Kredit Foto: asfeed.com

Cuka tak sekedar berguna untuk masaka memasak, melainkan bisa juga digunakan sebagai pembersih alami untuk membuat lantai menjadi lebih bersih dan kinclong. Cara menggunakannya sangat gampang, cukup campurkan setengah cangkir cuka ke dalam seember air. Setelah itu gunakan untuk mengelap atau mengepel lantai. Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa menambahkannya dengan air lemon. Coba dan lihat hasilnya, niscaya semua kotoran di lantai akan terangkat dan lantai makin mengkilap.


2. Baking Soda

Kredit Foto: toopandas.com

Baking soda adalah bahan yang paling populer dan ampuh untuk membersihkan semua perlengkapan rumah tangga dan ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai. Bahkan noda-noda membandel di lantai yang susah hilang, bisa dihilangkan dengan baking soda ini. Cara menggunakannya sangat gampang, cukup taburkan baking soda pada bagian-bagian lantai yang sulit dibersihkan. Setelah itu silakan lap bagian-bagian yang kotor dengan kain pel yang basah. Lihat hasilnya, noda membandel bakal hilang sehingga lantai kembali bersih dan semakin kinclong.

3. Olive Oil

Kredit Foto: zeenews.india.com

Bagi kamu yang menggunakan lantai rumah yang terbat dari lantai kayu, gunakan olive oil untuk membuat lantai menjadi semakin bersih dan mengkilap. Jangan berpikir bahwa olive oil membuat lantai menjadi berminyak. Justru olive oil akan membuat lantai kayu semakin awet dan terlihat lebih kinclong. Caranya adalah dengan mencampurkan olive oil dan cuka. Kemudian gunakan larutan itu untuk membersihkan lantai. 

4. Minyak Kayu Putih

Kredit Foto: howtoxp.com

Minyak kayu putih ternyata banyak kegunaannya, tak hanya  melulu untuk kesehatan. Salah satu manfaat tersembunyi  dari minyak kayu  putih adalah untuk membersihkan lantai. Caranya sangat mudah, yaitu campurkan minyak kayu putih dengan air panas kemudian masukan ke dalam botol lalu semprotkan pada lantai yang kotor. Selain cara itu, minyak kayu putih bisa juga dicampurkan dengan baking soda untuk menghilangkan noda yang membandel. 


5. Teh

Kredit Foto: twitter.com

Menikmati teh manis hangat di sore hari yang cerah sungguh mengasyikkan. Namun ternyata teh tak hanya bagus untuk diminum, tetapi bisa dimanfaatkan untuk merawat kebersihan dan keawetan lantai yang terbuat dari kayu. Caranya gampang, cukup seduh teh dan diamkan hingga dingin. Setelahnya, celupkan kain ke dalam teh yang sudah dingin itu kemudian gosokkan ke lantai kayu, niscaya lantai kayu kamu akan semakin kinclong dan awet.

Nah, itu tadi sobat Omkumis tips untuk merawat lantai supaya semakin bersih dan kinclong dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sudah tersedia di dapur rumah. Coba lakukan dan buktikan hasilnya. Bagi kamu yang ingin melihat tips-tips inspiratif lainnya, cukup klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}