TIPS

Layar TV LED Juga Harus Sering Dibersihkan Supaya Awet dan Makin Kinclong. Begini Caranya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 28/08/2017 15:10 WIB


Layar TV LED Juga Harus Sering Dibersihkan Supaya Awet dan Makin Kinclong. Begini Caranya
Om Kumis - Saat ini televisi bukan dianggap lagi sebagai barang mewah. Hampir semua rumah terdapat minimal satu pesawat televisi. Ya, TV menjadi hiburan yang murah. Seiring pesatnya kemajuan teknologi, semakin banyak pual diproduksi TV dengan berbagai fitur yang keren dan canggih. Begitu pula dengan bentuk TV dan juga layar yang digunakan. Setelah era LCD TV, saat ini ada teknologi baru dan sudah banyak ditemukan di pasaran, LED TV.

Seperti barang elektronik lainnya, TV pun juga harus dirawat. Salah satu hal paling dasar dalam merawat TV adalah dengan rajin membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Namun harus diingat, Layar LED TV bukan seperti TV tabung biasa yang layarnya terbuat dari kaca, jadi kamu harus berhati-hati saat membersihkannya. Ada banyak komponen penyusun televisi LED yang bersifat sangat rentan rusak jika kamu sembarangan membersihkannya.

Nah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membersihkan layar LED TV. Supaya tidak melakukan kesalahan, berikut ini Omkumis berikan tips cara membersihkan layar LED TV. Yuk, simak di bawah ini.

1. Cabut aliran listrik

Kredit Foto: wikimedia

Cabut kabel TV sebelum mulai membersihkan TV. Hal ini dilakukan supaya tak ada lagi aliran listrik yang tersambung ke pesawat televisi, untuk menghindari resiko terjadi korsleting listrik yang bisa membuat TV kamu rusak. Selain itu, kamu bisa lebih mudah melihat kotoran yang menempel pada layar LED TV.

2. Bersihkan Frame

Kredit Foto: televisions.reviewed.com

Berikutnya adalah membersihkan frame TV. Ingat, selalu gunakan kain yang lembut, bersih, tidak berserat, dan kering saat mulai mengelap frame. Gunakan microfiber/kanebo jika nggak punya kain lembut. Gunakan cairan khusus yang berfungsi untuk membersihkan layar TV. Celupkan lap atau kanebo ke air bersih, kemudian peras sampai benar-benar kering sebelum mulai mengelap frame.

3. Bersihkan Layar

Kredit Foto: mignews.com

Ini dia langkah yang paling penting, yaitu membersihkan layar LED TV. Ingat, kamu harus hati-hati saat mengelapnya karena sekali lagi, layar LED TV bukan terbuat dari kaca biasa. Gunakan ScreenClean atau cairan pembersih layar lainnya yang aman untuk layar LED TV. Semprotkan cairan itu ke kain, kemudian usapkan pada layar dengan lembut dan pelan. Yang harus kamu tahu, proses pengelapan sebaiknya dilakukan dengan satu arah, dari atas ke bawah dan kiri kenan ataupun sebaliknya. Jangan berlawanan arah ataupun berputar-putar, karena cara ini justru akan merusak dan menggores bagian permukaan layar LED TV.

4. Ulangi Pengelapan

Kredit Foto: myzine.com

Setelah menggosok layar LED TV hingga semua kotoran yang menempel di layarnya hilang, lakukan pengelapan kembali untuk mengeringkan layar. Gunakan kain yang benar-benar bersih dan kering, sehingga tak ada lagi noda yang menempel di layar LED TV kamu.

Itulah cara membersihkan layar LED TV supaya makin bersih dan kinclong. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan tips-tips menarik lainnya dari Omkumis. Langsung saja klik di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}