OTOMOTIF

Sadar Gak, 5 Cara Mengemudi Yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Bikin BBM Boros Lho!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 06/09/2017 20:02 WIB


Sadar Gak, 5 Cara Mengemudi Yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Bikin BBM Boros Lho!
Om Kumis - Setiap ada pengumuman tentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), selalu diikuti dengan reaksi kekecewaan semua orang. Kekecewaan dan keluhan adalah hal yang wajar mengingat setiap kenaikan harga BBM tentu diikuti oleh kenaikan harga bahan pokok yang lain. Selain itu, BBM adalah bahan pokok bagi para pengguna kendaraan bermotor baik itu kendaraan roda dua, tiga, atau empat.

Nah, bagi kamu yang aktif berkendara tentunya konsumsi BBM juga semakin tinggi dan ini berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengeluaran uang untuk membeli BBM. Lalu apa yang kamu lakukan selain mengeluh dan kecewa ketika harga BBM naik? Salah satu caranya adalah dengan mencoba mengirit konsumsi BBM. Tapi bagaimana caranya, sedangkan tak semua kendaraan menawarkan fitur irit konsumsi bahan bakar.



Ada banyak faktor yang menyebabkan konsumsi BBM semakin boros, misalnya saja besar kapasitas mesin mobil, kondisi jalan dan lalu lintas, hingga tehnik mengemudi yang kamu lakukan. Nah, tau nggak ternyata cara mengemudi yang kurang tepat bisa membuat konsumsi BBM menjadi boros, lho. Yang jadi masalah adalah kita sering melakukannya, dan tanpa kita sadari hal itu bikin BBM jadi boros.

Apa saja kebiasaan mengemudi yang bisa bikin BBM jadi boros? Daripada penasaran, berikut ini Omkumis ungkap kebiasaan buruk itu. Yuk, langsung simak di bawah ini.

1. Terlalu Lama Memanaskan Mobil

Kredit Foto: 4pda.ru

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, mungkin termasuk kamu, adalah memanaskan mobil selama lebih kurang 10 atau 15 menit. Ternyata kebiasaan ini bisa bikin BBM jadi boros. Sebenarnya memanaskan mobil hanya perlu waktu 2 atau 3 menit saja. Bahkan untuk mobil-mobil keluaran terbaru dengan teknologi injeksi, memanaskan mobil hanya cukup 1 menit saja.


2. Langsung Tancap Gas

Kredit Foto: shutterstock.com

Biasanya setelah memanaskan mobil, banyak orang yang langsung tancap gas alias ngebut. Hal ini bisa bikin konsumsi BBM jadi boros. Sebaiknya mulailah dengan menginjak pedal gas secara halus sebelum melakukan akselerasi sehingga bensin tidak cepat terbakar.


3. Salah Oper Gigi

Kredit Foto: twitter.com

Bagi yang naik mobil manual, sebaiknya perhatikan cara mengoper gigi karena mengoper gigi mesin juga ada tekniknya. Kamu harus tahu kapan waktunya mengoper gigi supaya lebih hemat bensin. Misalnya, saat seharusnya sudah masuk ke gigi 3 tapi kamu masih saja menggunakan gigi 2 maka akan timbul suara mesin yang berdengung dan mesin terasa 'ngeden'. Hal ini akan bikin bensin cepat terbakar. Sebaiknya jangan tunggu hingga mesin berdengung keras baru mengoper gigi.


4. Cara Pengereman

Kredit Foto: autoblog.md

Cara pengereman juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Jangan terlalu sering melakukan pengereman mendadak. Hal ini
menyebabkan bensin cepat terbakar. Perhatikan juga jarak aman dengan kendaraan di depan, sehingga kamu bisa mengatur pengereman. Semakin sering menekan pedal rem maka tak cuma BBM yang boros, tapi juga rem kamu cepat aus.


5. Ngebut

Kredit Foto: bz55.com

Semua pengguna mobil pasti tahu bahwa semakin sering ngebut maka penggunaan bensin juga akan meningkat. Sebaiknya jalankan mobil dengan kecepatan yang tak terlalu tinggi dan juga jalankan secara stabil untuk mengirit konsumsi BBM.


Bagaiman sobat Omkumis, sekarang kamu sudah tahu kan bahwa kebiasaan yang selama ini mungkin kamu lakukan saat mengemudi mobil justru bikin konsumsi BBM jadi boros. Nah, mulai sekarang jangan diulangi lagi ya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan tips-tips menarik lainnya dari Omkumis, langsung saja klik di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}