HOBI

Ini Dia 7 Jenis Burung Kicau Yang Populer dan Sering Dilombakan. Mana Favoritmu?

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Sabtu, 07/10/2017 12:04 WIB


Ini Dia 7 Jenis Burung Kicau Yang Populer dan Sering Dilombakan. Mana Favoritmu?
Om Kumis - Mendengarkan kicauan merdu burung sepanjang hari, terutama di pagi hari, sungguh menentramkan hati dan pikiran. Ya, memelihara burung terutama burung kicau menjadi salah satu hobi paling populer masyarakat Indonesia, terutama kaum pria. Jadi, bukan hal yang aneh lagi melihat dan mendengar suara kicau burung di sekitar rumah kita. Berbagai jenis burung dijadikan hewan peliharaan dan masing-masing orang memiliki burung favorit. 

Memelihara burung apapun jenisnya memang banyak manfaatnya. Mulai dari bermanfaat untuk menghilangkan stress hingga mendatangkan keuntungan finansial bisa didapat dari hobi memelihara burung. Sebelumnya Omkumis pernah membahas manfaat memelihara burung di artikel: Tau Gak, Ini Dia 5 Manfaat Luar Biasa Yang Kamu Dapatkan Dari Hobi Memelihara Burung. 

Selain dipelihara, burung-burung terutama yang memiliki kicau yang merdu juga sering dilombakan atau dikonteskan. Bahkan lomba burung berkicau menawarkan hadiah dengan jumlah uang yang besar. Harga burung pemenang kontes pun lantas meroket mencapai puluhan hingga ratusan juta.Wow! Lalu burung kicau apa saja yang sering dilombakan? Yuk, simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.

1. Murai Batu

Kredit Foto: muraibatu.com

Murai batu adalah burung primadona bagi penghobi burung. Murai batu memang memiliki kicauan yang sangat bagus, merdu, bermelodi, keras dan sangat variatif kicauannya. Harga burung murai batu pun bisa dibilang lumayan mahal, mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta. Dalam setiap kontes burung kicau, kelas Murai Batu menjadi kelas paling bergengsi dan paling ditunggu penghobi burung. Hadiahnya pun paling besar dibanding kelas burung kicau lainnya.


2. Cucak Ijo

Kredit Foto: ekspresia.com

Sesuai namanya, burung kicau ini memiliki bulu berwarna hijau. Cucak ijo semakin populer di kalangan penghobi burung, karena selain memiliki warna hijau yang cantik, burung ini memiliki kicauan yang merdu dan bervariasi serta suara yang nyaring. Cucak ijo yang sering diikutsertakan dalam lomba adalah cucak ijo Banyuwangi karena memiliki badan yang besar dan proporsional serta suara yang kencang.

3. Kenari

Kredit Foto: ekspresia.com

Burung kenari menjadi salah satu burung yang paling laris dan paling banyak dipelihara oleh para penghobi burung kicau. Burung mungil ini memiliki warna yang indah seperti kuning, oranye, putih,dan coklat sesuai dengan jenisnya. Selain memiliki warna yang indah, burung ini juga suara yang merdu dan nyaring. Selain itu perawatan burung kenari termasuk tidak rumit sehingga burung ini semakin banyak yang memelihara. Kenari bisa dibeli dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.  Saat ini sudah banyak kelas diperlombakan untuk jenis kenari ini, mulai dari kenari lokal hingga kenari hasil silangan. 

4. Lovebird

Kredit Foto: pinterest.com

Lovebird adalah burung yang sangat populer dan diminati oleh para penghobi burung. Lovebird memiliki kombinasi warna yang indah dan bervariasi. Mulai dari hijau-oranye, biru-putih, kuning-oranye, dan masih banyak lagi kombinasi warna yang menarik untuk dilihat. Selain warna yang indah, burung ini juga memiliki suara yang nyaring dan bervariasi, sehingga sering dikonteskan. Kini semakin banyak peternak burung lovebird di Indonesia, sehingga Lovebird sangat mudah dijumpai di pasaran dengan harga yang semakin terjangkau.

5. Kacer

Kredit Foto: Wikipedia

Burung kacer sudah sangat populer di kalangan penghobi burung kicau sejak dulu. Burung dengan warna hitam dominan dan variasi putih di badan serta sayapnya ini memang memiliki kicau yang kencang, merdu dan bervariasi. Dalam setiap kontes burung, selalu ada kelas Kacer. Sebelum cucak ijo, kenari, dan lovebird mulai ngetop di kalangan penghobi burung, kacer menjadi primadona dan andalan pecinta burung di setiap kontes burung kicau.

6. Anis Merah
Kredit Foto: langsingsehat.co.id

Burung anis merah memiliki suara yang nyaring, merdu dan bervariasi. Oleh sebab itu, burung ini sering diikutsertakan dalam lomba burung kicau. Selain memiliki suara yang khas, Anis merah juga memiliki gerakan yang lincah, sehingga diminati oleh para penghobi burung. Salah satu yang menarik dari anis merah adalah telernya saat berkicau.


7. Pleci

Kredit Foto: ekspresia.com

Burung pleci atau yang sering disebut juga dengan burung kacamata kini semakin banyak peminatnya. Pleci disebut dengan burung kacamata karena di samping matanya memiliki garis lingkaran sehingga terlihat seperti menggunakan kacamata. Burung yang berpostur mungil ini semakin moncer pamornya dan menjadi primadona baru untuk penggemar burung berkicau sehingga semakin banyak kelas pleci yang diperlombakan. Meski harganya terbilang murah, harga bakalan pleci hanya puluhan ribu, tapi setelah 'jadi', harga burung pleci bisa mencapai ratusan ribu.

Nah, itu tadi tujuh burung kicau yang sangat populer di kalangan penghobi burung dan paling sering dilombakan atau dikonteskan. Ternyata tak cuma untuk dipelihara dan dinikmati saja suaranya, ketujuh burung diatas juga sering dilombakan. Sobat Omkumis, burung apa saja yang kamu pelihara di rumah? Sudah pernah diikutsertakan dalam lomba burung belum?  Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang tips-tips tentang berbagai hal, langsung saja klik di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}