HOBI

Yuk, Memelihara Ikan Hias di Rumah dan Dapatkan 7 Manfaat Luar Biasa Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 18/10/2017 00:53 WIB


Yuk, Memelihara Ikan Hias di Rumah dan Dapatkan 7 Manfaat Luar Biasa Ini
Om Kumis - Setiap orang memiliki hobi masing-masing, salah satunya adalah memelihara hewan. Ada banyak hewan yang dijadikan peliharaan oleh manusia. Ikan, terutama ikan hias termasuk salah satu hewan yang sering dipelihara di rumah. Melihat ikan hias dengan bentuk lucu dan berwarna-warni yang sedang mondar-mandir berenang memang menyenangkan. Sebagian besar orang memilih akuarium sebagai media untuk memelihara ikan, dan sebagian lagi memelihara ikan di kolam, terutama bagi mereka yang memiliki rumah dengan lahan yang cukup untuk dijadikan kolam.

Ikan menjadi hewan favorit untuk dipelihara karena bentuk dan warnanya yang bervariasi serta indah. Selain sedap dipandang mata,  ikan termasuk hewan yang cukup mudah untuk dirawat. Setiap orang punya selera masing-masing dalam memilih ikan hias, mulai dari jenis ikan hias air tawar dan air laut, ikan hias dengan badan kecil atau besar, hingga variasi warna ikan yang memikat.

Ternyata hobi memelihara ikan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi pemiliknya. Mulai dari manfaat untuk kesehatan hingga manfaat secara finansial. Nah, berikut ini Omkumis akan jelaskan apa saja manfaat dahsyat yang bisa kamu dapatkan dari hobi memelihara ikan hias di rumah. Yuk, simak baik- baik di bawah ini ya.

1. Ketenangan Hati dan Pikiran

Kredit Foto: korallenriff.de

Melihat keindahan ikan dengan bentuk yang lucu dan berwarna warni bisa membuat hati merasa tenang dan senang. Berbagai peneltian menyebutkan bahwa menikmati keindahan ikan hias dapat memberikan ketenangan batin dan bisa membuat pikiran menjadi tenang dan jernih. Dengan melihat ikan hias, suasana hati akan tenang sekaligus bisa memperbaiki mood.

2. Mengurangi Stress

Kredit Foto: mismejoresamigos.com

Seperti dijelaskan di poin nomor satu, melihat keindahan ikan hias bisa membuat hati merasa tenang. Saat hati merasa tenang, tentu pikiran juga akan tenang, rileks sehingga bisa mengurangi kadar stress. Selain melihat keindahan warna ikan hias, suara gemericik air yang datang dari pancuran baik di kolam maupun akuarium bisa menenangkan hati dan pikiran. 

3. Memperindah Ruangan

Kredit Foto: ribalych.ru

Adanya akuarium atau kolam untuk memelihara ikan hias bisa membuat ruangan rumah semakin indah dan cantik. Dengan penempatan yang tepat dan juga pemilihan bentuk serta ukuran akuarium m yang tepat bakal bikin ruangan rumah kamu terlihat makin cantik. Tambahan aksesoris yang tepat seperti warna lampu dan bentuk pancuran air  semakin menunjang keindahan ruangan. Untuk kolam, tambahan aksesoris seperti batu alam, tanaman atau jembatan juga bisa membuat ruangan atau taman semakin sedap dipandang.

4. Memberi Inspirasi 

Kredit Foto: pinterest.com

Ide dan inspirasi bisa datang darimana dan kapan saja. Tapi saat hati tentram serta pikiran rileks dan otak fresh, maka ide-ide cemerlang dan inspirasi akan lebih mudah datang. Itulah gunanya memelihara ikan hias, dengan memandang keindahannya otak kita lebih fresh dan tentu saja hal ini bisa mendatangkan inspirasi.


5. Pembawa Hoki

Kredit Foto: topinspired.com

Bagi orang yang percaya dengan sugesti, memelihara ikan hias dengan jenis tertentu dianggap bisa mendatangkan hoki dan keberuntungan bagi pemiliknya. Beberapa ikan yang dianggap bisa mendatangkan hoki adalah ikan Koi, arwana, dan Lou Han. Meski dianggap sebagai mitos, tapi banyak orang merasa tersugesti ketika memelihara ikan-ikan yang dianggap membawa keberuntungan tersebut.

6. Keuntungan Finansial

Kredit Foto: wikimedia.org

Berawal dari sekedar hobi memelihara ikan hias, banyak orang yang kemudian mencoba untuk beternak. Hasil dari mengembangbiakkan ikan hias itu kemudian dijual sehingga sang pemilik mendapatkan keuntungan finansial. Bagi sebagian orang, usaha jual beli dan pengembangbiakan ikan hias ini dilakukan dengan serius dan menjadi sumber pendapatan utama mereka.

7. Terapi Kesehatan

Kredit Foto: pinterest.com

Memelihara ikan hias bisa dijadikan  terapi untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Menurut berbagai penelitian, melihat ikan yang berwarna-warni di akuarium dapat memperbaiki tingkah laku dan psikis para pasien Alzheimer. Melihat keindahan ikan juga bisa dijadikan terapi untuk menstabilkan detak jantung serta menurunkan tekanan darah.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari hobi memelihara ikan hias ini. Nah, tunggu apalagi, saatnya kita memelihara ikan hias di rumah. Memelihara ikan hias, baik di akuarium maupun di kolam sama-sama memberi manfaat yang dahsyat. Mau baca artikel tentang gaya hidup lainnya? Klik saja di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}