OTOMOTIF

Penting! 6 Cara Naik Motor Saat Hujan Ini Berbahaya Bagi Keselamatan, Lho

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 23/10/2017 23:26 WIB


Penting! 6  Cara Naik Motor Saat Hujan Ini Berbahaya Bagi Keselamatan, Lho
Om Kumis - Musim hujan telah tiba. Buat para bikers, hujan adalah momok yang paling menyebalkan saat naik motor. Jalanan yang basah dan licin akibat guyuran hujan membuat kita harus lebih berhati-hati dan waspada saat melajukan si kuda besi tunggangan kesayangan kita. Selain itu akibat guyuran hujan yang deras bisa menimbulkan genangan air yang bisa membahayakan keselamatan para bikers. Naik motor di bawah guyuran hujan memang membutuhkan konsentrasi yang prima supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jalanan yang licin dan genangan air saat hujan deras menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan motor. Saat jalan licin memang membuat sepeda motor lebih sulit dikendalikan. Namun selain karena faktor cuaca, sadarkah kamu bahwa perilaku berkendara yang salah saat hujan turun juga bisa membahayakan keselamatan dan menjadi penyebab kecelakaan.

Nah, apakah selama ini cara kamu naik motor saat hujan sudah aman dan tidak membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain? Lalu seperti apa sih cara naik motor yang salah saat hujan? Cek di bawah ini.

1. Ngebut

Kredit Foto: bikebandit.com

Ngebut adalah  perilaku berkendara yang wajib ditinggalkan terutama saat musim hujan. Saat jalanan kering pun melajukan motor dengan kecepatan tinggi bisa membahayakan keselamatan. Saat hujan tentu jalanan akan basah dan menjadi licin. Ngebut di atas jalanan yang licin sangat berbahaya karena ban tentunya tidak bisa mencengkram dengan sempurna di jalanan sehingga resiko tergelincir atau selip sangat tinggi. Tahan nafsu kamu untuk menarik gas dengan kencang saat hujan turun. Pelan-pelan saja demi keselamatan diri dan orang lain.


2. Tidak menyalakan lampu

Kredit Foto: pinterest.com

Lampu menjadi komponen penting saat musim hujan. Pastikan semua lampu di motor dalam keadaan sehat alias tidak ada satupun yang mati. Saat hujan turun  terutama jika sangat deras, jarak pandang kamu tentu menjadi terbatas. Itulah gunanya lampu. Menyalakan lampu utama motor menjadi hal yang wajib kamu lakukan agar posisi motor kamu terlihat oleh pengendara lainnya. Begitu pula lampu belakang juga harus sehat agar saat kamu melakukan pengereman bisa terlihat oleh pengendara di belakang kamu. 

3. Mengerem secara tiba-tiba

Kredit Foto: pinterest.com

Dalam cuaca normal, melakukan pengereman dengan tiba-tiba sangat berbahaya bagi diri keselamatan diri dan orang lain, apalagi saat naik motor di bawah guyuran hujan. Ngerem secara tiba-tiba membuat motor kamu beresiko tergelincir. Saat kondisi jalanan basah dan licin, maka cengkraman ban ke permukaan jalan tidak maksimal. Nah, jika kamu ngerem secara tiba-tiba,  tentunya roda bakal lebih mudah mengalami selip. Oleh karena itu, biasakan untuk mengerem  secara halus atau perlahan.

4. Tidak menjaga jarak aman

Kredit Foto: solopos.com

Saat hujan turun, biasakanlah untuk menjaga jarak aman dengan pengendara lain di sekitar kamu. Saat hujan turun dengan lebat maka jarak pandangan jadi terbatas. Usahakan untuk menjaga jarak aman agar saat kamu melakukan pengereman, motor kamu tidak menyenggol motor di depan kamu. Seperti sudah dijelaskan di poin nomor tiga, jalanan yang basah akan membuat cengkraman ban pada permukaan jalan tidak maksimal. Sedangkan pengereman kendaraan saat jalanan licin tentu membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi jalan kering.

5. Sembarangan menerobos genangan air

Kredit Foto: carthrottle.com

Saat hujan turun dengan deras, jalanan bakal tergenang air. Nah, biasakan untuk berhati-hati dan waspada dengan adanya genangan air tersebut. Jangan nekat dan sembarangan menerobos genangan air, karena kamu tidak tahu kedalamannya. Jika kamu nekat, bisa-bisa motor kamu akan terperosok jika ada lubang yang dalam. Motor kamu juga beresiko mogok jika ternyata genangan air itu dalam dan airnya merendam mesin dan knalpot motor kamu.

6. Menerobos rambu rambu lalu lintas

Kredit Foto: wheelscene.com

Banyak orang yang berpikir bahwa saat hujan tentu nggak ada polisi yang mengatur lalu lintas, kemudian mereka nekat melanggar rambu-rambu lalu lintas. Jika kamu termasuk orang yang berpikiran sama, segera hentikan! Melanggar rambu-rambu lalu lintas menjadi salah satu faktor yang bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Nah sobat Omkumis, itu tadi 6 kebiasaan buruk dalam mengendarai sepeda motor yang wajib kamu hindari saat hujan. Jika kamu mengabaikannya, bukan cuma membahayakan keselamatan jiwa kamu, tetapi juga keselamatan orang lain. Hentikan semua perilaku berkendara yang tidak benar dan mulailah berkendara dengan baik dan aman. Dapatkan tips-tips menarik lainnya seputar otomotif di link ini.

Trending

  • {{ trend.numb }}