RUMAH

Penting! 7 Cara Mudah Membuat Rumah Selalu Harum dan Segar Sepanjang Hari

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 26/10/2017 01:11 WIB


Penting! 7 Cara Mudah Membuat Rumah Selalu Harum dan Segar Sepanjang Hari
Om Kumis - Salah satu ciri rumah yang sehat adalah rumah yang bersih dan nyaman. Salah satu faktor yang bikin rumah nyaman adalah segarnya udara di dalam rumah. Begitu pula dengan kebersihan rumah bukan cuma bersih dari debu dan kotoran tapi juga beraroma harum menyegarkan. Apa jadinya jika suasana rumah kamu terasa pengap dan beraroma apek, atau malah beraroma tak sedap dan menyengat? Tentu saja kenyamanan penghuni rumah akan terganggu. Selain itu rumah yang pengap dan beraroma tak sedap bisa mengganggu kesehatan seluruh anggota keluarga.

Idealnya rumah harus selalu beraroma harum dan segar sepanjang hari supaya seluruh penghuni rumah merasa nyaman dan tentunya sehat. Lalu bagaimana cara mewujudkannya dan membuat bau apek hilang dari seluruh ruangan rumah? Tenang, cara mudah untuk membuat rumah beraroma harum dan segar sepanjang hari. Simak baik-baik tips dari Omkumis di bawah ini. 

1. Buka pintu dan jendela

Kredit Foto: giphy.com

Awali pagi dengan membuka pintu dan jendela rumah lebar-lebar. Ini adalah cara termudah dan tercepat untuk mengusir bau tak sedap dalam rumah. Dengan membuka pintu dan jendela maka udara dalam ruangan yang lembap akan berganti dengan udara baru dari luar, sirkulasi udara lancar dan tentunya rumah akan terasa segar. 

2. Buang semua sampah

Kredit Foto: sweethome.com

Setelah membuka pintu dan jendela, saatnya untuk membuang semua sampah yang ada di dalam rumah. Selain menyapu dan membersihkan debu, buang semua kotoran dan sampah terutama dari area dapur. Sampah bekas bumbu dapur atau sisa makanan akan menimbulkan bau tak sedap, sehingga harus segera dibuang supaya udara dalam rumah menjadi segar.

3. Bersihkan lantai

Kredit Foto: theloop.ca

Lantai rumah yang bersih dan terlihat mengkilap alias kinclong tentu membuat rumah enak dilihat dan menimbulkan efek segar serta membuat penghuni rumah nyaman. Untuk itu bersihkan lantai dengan cara menyapu dan mengepelnya. Saat mengepel, pilih cairan pembersih dan pengkilap lantai dengan aroma yang segar supaya ruangan terasa segar. Mau tahu cara bikin lantai makin kinclong, simak artikel: Ingin Membuat Keramik Makin Bersih dan Kinclong? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Terbukti Ampuh

3. Bersihkan karpet

Kredit Foto: Woonruimtelijk.nl

Karpet adbalah tempat favorit untuk bersantai bersama keluarga. Tapi harus rajin membersihkan karpet. Tahukah kamu, karpet menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk berkumpul. Debu dan kotoran yang menempel di karpet terutama kotoran dari sisa makanan, jika dibiarkan mengendap terlalu lama akan jadi sarang bakteri dan menimbulkan aroma tak sedap. Oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan karpet, misalnya dengan mencucinya.

4. Rajin mengganti sprei
Kredit Foto: onedio.ru

Selain membersihkan sprei, rajinlah untuk mengganti sprei secara rutin paling tidak seminggu sekali. Mengganti sprei secara rutin wajib dilakukan karena sprei adalah benda yang paling sering dihinggapi debu dan kotoran terutama dari keringat sang pemakainya. Sprei yang jarang diganti tentu akan semakin banyak endapan kotoran dan bakteri serta menimbulkan bau apek yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh.

5. Gunakan pengharum ruangan

Kredit Foto: apolorama.com.mx

Cara paling mudah membuat rumah beraroma harum adalah dengan menyemprotkan pengharum ruangan. Apalagi pengharum ruangan yang menawarkan aroma yang bervariasi bisa didapat dengan mudah di toko-toko dengan harga yang terjangkau. Tapi daripada menggunakan pengharum ruangan yang tentunya sudah bercampur dengan bahan kimia, lebih gunakan pengharum ruangan alami yang bisa kamu biat dari berbagai bahan alami seperti buah-buahan dan bunga.


6. Tempatkan tanaman di dalam ruangan

Kredit Foto: polemicaparaiba.com.br

Menempatkan tanaman di dalam ruangan bisa membuat rumah terasa segar dan beraroma harum. Banyak tanaman yang bisa kamu tempatkan dalam ruangan. Mulai dari tanaman bunga hingga tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Penempatan tanaman dalam rumah dengan posisi yang pas bisa juga menambah estetika dan keindahan ruangan.

Nah, itu tadi tips dari Omkumis tentang 6 cara mudah membuat rumah selalu beraroma harum dan segar sepanjang hari. Praktis dan nggak sulit, kan? Semoga tips dari Omkumis diatas bermanfaat. Dapatkan tips-tips menarik lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}