OTOMOTIF

Wajib Tahu! Inilah 7 Kendaraan Yang Wajib Didahulukan di Jalan Raya. Ini Urutannya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 06/11/2017 12:30 WIB


Wajib Tahu! Inilah 7 Kendaraan Yang Wajib Didahulukan di Jalan Raya. Ini Urutannya
Om Kumis - Kamu pasti pernah mengalami hal yang menyebalkan ini, saat asyik berkendara di jalan raya tiba-tiba disuruh minggir atau berhenti oleh petugas kepolisian ada  iring-iringan mobil pejabat yang mau lewat. Mungkin kamu dan pengguna jalan lain akan ngomel-ngomel karena perjalanan jadi terganggu. Beda kasus ketika ada mobil ambulans atau mobil pemadam kendaraan mau lewat sembari menyalakan sirene yang meraung-raung. Kebanyakan pengguna jalan akan minggir dengan sukarela dan memberi jalan untuk ambulans atau mobil pemadam kebakaran.

Bagi kamu para pengguna jalan yang baik, kamu wajib tahu bahwa memang ada ternyata memang ada beberapa jenis kendaraan yang wajib diprioritaskan alias didahulukan di jalan raya. Bahkan ketentuan itu sudah resmi diatur dalam Undang-Undang Pasal 134 UU RI, Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam Undang Undang itu juga dijelaskan urutan kendaraan yang wajib didahulukan di jalan raya.

Jadi sebelum ngomel karena disuruh minggir ketika ada rombongan mobil yang dikawal voorijder lewat, kamu wajib tahu ada 7 jenis kendaraan yang wajib diprioritaskan di jalan raya. Mau tau apa saja kendaraan itu dan bagaiman urutannya? Yuk, simak baik-baik di bawah ini.

1. Kendaraan Pemadam Kebakaran

Kredit Foto: pinterest.com

Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang menuju TKP atau sedang melaksanakan berada di urutan pertama sebagai kendaraan yang wajib didahulukan di jalan raya. Jadi, kalo ada mobil damkar ngebut dengan sirine meraung-raung, kamu minggir dulu dan kasih jalan supaya petugas damkar segera bisa sampai TKP dan melaksankan tugasnya untuk memadamkan kebakaran. 

2. Ambulans 

Kredit Foto: ambulancecenter.wordpress.com

Mobil ambulans yang sedang mengangkut pasien menjadi kendaraan kedua yang wajib didahulukan di jalan raya. Jadi, kamu wajib minggir dan memberi jalan untuk mobil ambulans yang sedang membawa orang sakit.


3. Kendaraan penolong kecelakaan lalu lintas

Kredit Foto: dailyhunt.in

Urutan ketiga kendaraan yang wajib didahulukan di jalan raya adalah mobil penolong kecelakaan. Jika ada kendaraan yang mengangkut korban kecelakaan lalu lintas, sebaiknya kamu minggir dan memberi jalan. Korban kecelakaan butuh pertolongan medis segera, sehingga berilah jalan supaya korban segera sampai rumah sakit dan mendapat pertolongan.


4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia

Kredit Foto: batamxinwen.com

Nah, ini alasannya kenapa kamu harus rela saat iring-iringan mobil pejabat lewat. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia ada di urutan keempat sebagai kendaraan yang diprioritaskan di jalan sesuai Undang-Undang. Jadi, ya harus sabar saja.


5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara

Kredit Foto: thegaspol.com

Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara ada di urutan kelima sebagai kendaaan yang harus didahulukan di jalan raya. Tamu negara adalah tamu kehormatan sehingga harus diperlakukan secara terhormat. Untuk itu mereka juga diprioritaskan di jalan raya.


6. Mobil Jenazah

Kredit Foto: kupanguri.co.id

Mobil jenazah juga menjadi kendaraan yang diprioritaskan di jalan raya. Saat ada mobil jenazah beserta iring-iringan mobil pelayat, sebaiknya kamu minggir dan memberi jalan sehingga jenazah bisa sampai tempat pemakaman tepat waktu.


7. Konvoi atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia

Kredit Foto: ntmcpolri.com

Saat ada konvoi, pengguna jalan lainnya harus mengalah dan memberi jalan bagi peserta konvoi karena telah diatur dalam Undan-Undang. Namun konvoi ini harus sesuai aturan untuk kepentingan tertentu, misalnya kendaraan pengangkut pasukan, kendaraan untuk penanganan bencana alam, kendaraan untuk penanganan ancaman bom, dan kendaraan untuk penanganan huru-hara.


Nah sobat Omkumis, itu tadi urutan 7 kendaraan yang diprioritaskan dan wajib didahulukan di jalan raya. Sebagai pengguna jalan kamu harus tahu. Kalau ingintahu lebih banyak lagi informasi tntang otomotif, klik saja di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}