TIPS

7 Kesalahan Saat Mencukur Kumis dan Jenggot Ini Bisa Membahayakan, Lho!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 08/01/2018 22:59 WIB


7 Kesalahan Saat Mencukur Kumis dan Jenggot Ini Bisa Membahayakan, Lho!
Om Kumis - Kumis dan jenggot adalah salah satu lambang maskulinitas. Banyak orang senang memelihara kumis dan jenggot dengan berbagai alasan, salah satunya adalah ingin terlihat macho dan semakin keren. Tapi banyak juga cowok yang nggak mau memelihara kumis dan jenggot, sehingga mereka harus sering-sering alias rajin mencukur kumis dan jenggot yang tumbuh di wajah.

Semua cowok tentu pernah merasakan betapa perihnya kulit sehabis mencukur kumis atau jenggot. Nah, itu yang dinamakan dengan razor burn alias rasa perih dan terbakar pada kulit akibat goresan pisau cukur saat mencukur kumis atau jenggot. Akibatnya kulit wajah pun menjadi iritasi. Banyak sekali bahaya kesehatan yang timbul akibat iritasi ini. Pertanyaannya, kenapa pisau cukur bisa menggores kulit? Jawabannya jelas, yaitutu berarti ada kesalahan prosedur pencukuran!

Bagi semua cowok yang sudah dewasa tentunya, mencukur kumis dan jenggot adalah sebuah rutinitas. Tapi biarpun sudah menjadi rutinitas, tetap saja masih mengalami razor burn dan timbul iritasi. Padahal alat-alat cukur sekarang sudah makin canggih. Kenapa bisa begitu? Ya, mencukur kumis atau jenggot pun ada aturannya dan nggak boleh sembarangan lho bro! dan kamu harus tahu apa itu kesalahan kamu.

Mungkin kamu berpikir daripada repot dan takut kena iritasi, kamu memilih pergi ke barbershop untuk mencukur kumis dan jenggot kamu.Nggak salah sih, tapi kalau bisa dilakukan sendiri di rumah kenapa harus ke barbershop? Jangan bingung, Omkumis ada di sini untuk ngasih tips menghindari iritasi saat mencukur kumis dan jenggot. Langsung saja di bawah ini ya.

1 . Langsung Cukur

Kredit Foto: rolloid.net

Kebanyakan cowok langsung main cukur saja tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Banyak yang merasa cukup dengan hanya memakai krim cukur saja. Nggak salah juga sih, tapi alangkah baiknya jika kamu mbersihkan muka lebih dahulu dengan sabun muka. Hal ini akan membuat wajah kamu bersih dari debu dan minyak yang menempel, sehingga hasil pencukuran lebih maksimal dan terhindar dari iritasi.


2. Tidak Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Kredit Foto: pinterest.com

Menyambung poin nomor 1 di atas, banyak cowok yang langsung mencukur kumis dan jenggot tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Padahal langkah pertama sebelum mencukur kumis dan jenggot adalah harus membersihkan wajah terlebih dahulu. Kamu mungkin merasa gatal setelah selesai bercukur? Nah untuk mencegahnya adalah biasakan untuk membersihkan wajah dengan sabun. Hal ini supaya kulit bersih dan terhindar dari iritasi akibat terkena pisau cukur.


3. Tidak Menggunakan Shaving Foam

Kredit Foto: birchbox.com

Biasakan untuk menggunakan shaving foam saat mencukur kumis dan jenggot. Shaving foam beguna untuk melindungi kulit dari efek razor burn. Shaving foam bermanfaat untuk mendinginkan kulit dan meminimalkan rasa perih atau terbakar pada kulit yang terluka. Selain itu shaving foam membuat pisau cukur bisa bekerja maksimal.


4. Pakai Air Dingin

Kredit Foto: wral.com

Kesalahan berikutnya sebelum mencukur kumis dan jenggot adalah membasuh muka dengan air dingin. Buang jauh-jauh kebiasaan ini, dan biasakan untuk membasuh muka dengan air hangat mulai sekarang. Air hangat akan membuat pori-pori membuka dan melembutkan kulit, sehingga kinerja pisau cukur lebih maksimal dan semakin mempermudah proses pencukuran. Sedangkan air dingin akan membuat pori-pori mengkerut dan tertutup.

5. Terlalu Keras dan Cepat

Kredit Foto: jebiga.com

Mencukur kumis dan jenggot adalah rutinitas, untuk itu nikmatilah dan jangan terburu-buru saat melakukannya. Karena terburu-buru mencukur maka kamu akan cenderung menekan pisau cukur lebih keras. Akibatnya kulit kamu akan mudah terluka. Selain itu dengan tidak terburu-buru, maka cukuran kamu akan terlihat lebih rapi.


6. Arah Cukuran

Kredit Foto: senhoralguem.com.br

Banyak orang yang mencukur kumis dan jenggot secara bolak-balik alias berganti-ganti arah. Tahukah kamu, itu adalah kesalahan mendasar. Cara mencukur yang benar adalah satu arah saja, misalnya selalu mencukur hanya dari atas ke bawah, atau atau hanya dari bawah ke atas, bukan bolak-balik. Mencukur satu arah bertujuan untuk menghindari iritasi pada kulit dan menghindari pendarahan akibat gesekan pisau cukur yang tak teratur.


7. Malas Mengganti Pisau Cukur

Kredit Foto: pixabay.com

Banyak orang yang menggunakan pisau cukur dalam waktu yang lama dan nggak pernah menggantinya. Jangan pernah malas untuk mengganti pisau cukur secara rutin. Setelah memakai pisau cukur sebanyak 3-5 kali, gantilah dengan yang baru karena sudah tidak tajam lagi. Pisau cukur yang tumpul akan membuat kulitmu terasa lebih sakit.


Nah, sobat Omkumis, itu tadi kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak cowok saat mencukur kumis dan jenggot. Kamu termasuk nggak? Sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan yang terlihat sepele seperti tujuh kesalahan di atas ya, demi kesehatan kamu sendiri. Dapatkan tips-tips dan ide-ide yang inspiratif lainnya di sini.