TIPS

Stop Buang Oli Bekas! Inilah 5 Manfaat Oli Bekas Yang Wajib Kamu Tahu

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 08/01/2018 23:53 WIB


Stop Buang Oli Bekas! Inilah 5 Manfaat Oli Bekas Yang Wajib Kamu Tahu
Om Kumis - Bagi orang suka mengutak-atik kendaraan kesayangannya, mengganti oli motor atau mobil sering dilakukan sendiri. Daripada harus pergi ke bengkel, banyak orang yang lebih suka mengganti oli motor atau mobil di rumah. Selain karena hobi mengutak-atik kendaraan, kegiatan mengganti oli bisa menjadi kegiatan yang berguna untuk mengisi waktu luang. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang melakukan hal yang sama?

Setelah mengganti oli lama dengan oli yang baru, banyak orang langsung membuang oli bekas tersebut. Hal yang wajar, karena mungkin kamu berpikir buat apa juga menyimpan oli bekas. Padahal asal kamu tahu, oli bekas juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal penting lainnya, lho. Jadi, nggak ada salahnya untuk menyimpan oli bekas.

Mulai sekarang, setelah mengganti oli jangan langsung buang oli bekas tersebut. Lebih baik manfaatkan dulu untuk hal-hal yang berguna. Lalu manfaat apa yang bisa didapat dari oli bekas? Tenang, kali ini Omkumis akan berikan tips memanfaatkan oli bekas. Yuk simak langsung di bawah ini.

1. Pelumas Rantai

Kredit Foto: k2tour.ru

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas mesin. Nah selain sebagai pelumas mesin, kamu juga bisa menjadikannya sebagai pelumas rantai. Setelah jadi ampas, manfaatkan oli bekas tersebut untuk melumasi rantai motor kamu. Lumasi rantai dan gear motor kesayangan kamu dengan oli bekas supaya tidak cepat aus dan mencegah timbulnya karat.


2. Bakan Pembakaran

Kredit Foto: leclife.com

Pasti kamu tahu kan kalau oli itu cairan yang mudah terbakar. Nah, karena sifatnya yang dapat membakar dan mudah terbakar, manfaatkan oli bekas sebagai bahan pembakaran untuk kayu bakar atau untuk membakar sampah, misalnya. Gunakan oli bekas sebagai bahan pembakar pengganti minyak tanah untuk membakar kayu atau sampah. Daripada harus membeli minyak tanah yang sekarang harganya mahal dan susah dicari di pasaran, lebih baik gunakan oli bekas saja, murah meriah.


3. Bahan Bakar Mesin Diesel

Kredit Foto: buytoolbags.com

Sama seperti solar atau minyak tanah, oli terbuat dari hasil olahan minyak bumi. Artinya, oli bisa juga digunakan sebagai bahan bakar seperti solar atau minyak tanah. Nah, kalau kamu punya genset, kamu bisa memanfaatkan oli bekas sebagai bahan bakarnya. Bahan bakar genset yang bermesin diesel adalah solar. Jadi, kamu bisa mencampurkan oli bekas dengan solar untuk menggerakkan mesin genset tersebut. Cara seperti ini sudah banyak dilakukan karena bisa mengemat biaya.


4. Pencegah Karat Untuk Roda Pagar Besi

Kredit Foto: mirgallery.info

Salah satu penyebab pagar rumah yang terbuat dari besi terdengar sangat berisik dan berdecit saat dibuka adalah karena kurangnya pelumas pada roda. Selain itu adanya karat pada roda besi itu membuat roda cepat rusak. Nah, kamu bisa menggunakan oli bekas untuk melumasi roda besi supaya pagar tidak seret dan berbunyi berisik saat dibuka atau ditutup. Pemberian oli bekas pada roda pagar besi itu juga untuk mencegah timbulnya korosi alias karat, sehingga pagar jadi lebih awet.


5. Pengawet Kayu

Kredit Foto: pinterest.com

Oli bekas ternyata bisa juga digunakan untuk mengawetkan kayu. Caranya adalah dengan mengoleskan oli bekas yang telah dicampur dengan solar ke atas permukaan kayu. Hal ini akan membuat kayu bebas dari serangan rayap dan juga lebih tahan dari pelapukan akibat terkena air. Kayu pun tentunya akan lebih awet.


Wah, ternyata banyak juga ya kegunaan oli bekas. Nah, mulai sekarang pikir dahulu sebelum membuang oli bekas ya. Kamu masih bisa memanfaatkannya untuk lima hal di atas. Dapatkan tips-tips menarik lainnya, di sini.