OTOMOTIF

Nih, 4 Tips Jitu Memilih Velg Motor Bekas Yang Berkualitas

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 22/01/2018 20:36 WIB


Nih, 4 Tips Jitu Memilih Velg Motor Bekas Yang Berkualitas
Om Kumis - Semua bikers pasti tahu bahwa salah satu fungsi utama dari velg motor adalah sebagai sarana penggerak motor untuk bisa bergerak maju ataupun mundur. Namun bagi para bikers, velg bisa menjadi komponen penting untuk membuat tampilan motor semakin keren, ciamik, bergaya dan tentunya sebagai penanda strata sosial pemiliknya. Banyak bikers yang relamengeluarkan uang banyak untuk mengganti velg standar pabrikan dengan velg racing demi sebuah tampilan motor yang modis.

Banyak sekali jenis velg racing yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal, tergantung dari kualitas dan merek. Mengingat mahalnya harga velg yang berkualitas bagus dengan merek terkenal, banyak bikers akhirnya membeli velg bekas yang sudah tentu harganya jauh lebih murah dan terjangkau.

Namun karena bekas, tentunya velg itu sudah tak sempurna seperti saat dibeli pertama kali. Banyak bikers tertipu dengan tawaran harga murah dengan tampilan luar velg bekas yang bagus. Untuk itu kamu benar-benar jeli dan selektif saat memilih velg bekas yang ingin kamu beli. Jangan sampai kamu kecewa karena salah memilih velg bekas. Maksud hati ingin ngirit, apa daya malah mendapatkan velg bekas yang berkualitas buruk.

Lalu bagaimana agar tak tertipu dan kecewa saat memilih velg bekas? Tenang, Omkumis akan berikan tip tentang cara memilih velg bekas yang kualitasnya masih baik. SImak baik-baik di bawah ini ya.

1. Periksa Area Bibir Velg

Jangan terkecoh dengan tampilan luar velg yang terlihat masih mulus dan kinclong. Periksa dengan seksama area sekitar bibir velg dengan merabanya menggunakan ujung jari dan pastikan tidak ada sedikitpun tanda keretakan, pecah, maupun bergelombang atau tidak rata. Jika kamu mendapati tanda-tanda tersebut, sebaiknya pilih velg yang lain. . Namun jika harus membelinya, sebaiknya dipress dulu dan disetel sebelum kamu pasang di motor kesayangan kamu.

2. Periksa Bekas Bubut Velg

Periksa dengan seksama kondisi di sekitar velg apakah terdapat bekas bubut atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan velg tersebut pernah rusak parah atau minimal bengkok. Cara melihatnya tak terlalu sulit, cukup pastikan apakah ada garis warna alumunium di velg, jika ada maka bisa dipastikan velg tersebut pernah dibubut.

3. Periksa Rumah Bearing (Rumah Laher)

Bikers pasti tahu bahwa rumah bearing atau yang biasa disebut dengan rumah laher harus selalu dalam kondisi stabil karena rumah bearing yang oblak alias tidak stabil bakal membuat kehilangan kestabilan pada putaran tinggi. Pastikan rumah bearing dalam keadaan terpasang, karena biasanya penjual berbuat curang dengan melepas rumah bearing supaya kondisi asli velg tidak ketahuan.

4. Periksa Warna Cat Velg

Jangan buru-buru tertarik dengan warna cat yang bagus dan terlihat kinclong. Kamu harus memeriksa dengan teliti, sebab banyak pedagang yang mengecat ulang velg dengan sengaja hanya untuk menutupi bagian velg yang cacat dan membuat velg terlihat bagus dan mulus. Cara mengetahui apakah velg itu pernah dicat ulang adalah dengan melihat tulisan angka atau huruf di palang velg. Jika tulisan tersebut terlihat samara tau bahkan tak terlihat, bisa dipastikan bahwa velg tersebut sudah pernah dicat ulang.

Nah, gampang kan ternyata memilih velg bekas yang masih layak pakai dan berkualitas? Kamu hanya perlu sedikit ketelitian dan kesabaran untuk memeriksanya supaya tidak tertipu dan kecewa. Semoga info dari Omkumis ini bermanfaat dan selamat memofifikasi velg motor kesayangan kamu. Dapatkan tips-tips menarik lainnya, di sini.