MOTOGP

MotoGP Mania Wajib Tahu! Inilah 5 Pebalap Suzuki Peraih Juara Dunia Grand Prix Sepeda Motor

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 11/06/2017 01:23 WIB


MotoGP Mania Wajib Tahu! Inilah 5 Pebalap Suzuki Peraih Juara Dunia Grand Prix Sepeda Motor
Om Kumis - Bagi para penggemar ajang balapan motor terbesar dunia atau yang biasa disebut dengan MotoGP, tentu sudah tahu bahwa selama ini ada dua pabrikan yang selalu mendominasi, yaitu Honda dan Yamaha. Pebalap dari dua pabrikan motor asal Jepang ini silih berganti menjadi juara dunia setiap tahunnya. Sejak MotoGP 2002, hanya sekali pebalap dari pabrikan diluar Honda dan Yamaha yang menjadi juara dunia yaitu Casey Stoner dari Ducati pada tahun 2007. Sementara pebalap dari Suzuki belum pernah sekalipun menjadi juara dunia MotoGP sejak 2002.

Seperti diketahui, balapan motor dengan nama MotoGP sendiri baru dimulai pada tahun 2002. Sebelum itu ajang balapan motor yang paling bergengsi di dunia ini bernama  Grand Prix dengan kelas paling tinggi yang disebut  GP 500cc. Ajang balapan Grand Prix Sepeda Motor pertama kali diselenggarakan pada tahun 1949 dengan nama FIM Road Racing World Championship Grand Prix.

Sebelum Honda dan Yamaha mendominasi balapan bergengsi ini, terutama sebelum era MotoGP, tercatat ada lima pebalap Suzuki yang pernah menjadi juara dunia GP 500cc. Pebalap Suzuki pertama yang sukses menjadi juara dunia GP 500cc adalah pebalap asal Inggris, Barry Sheene, pada tahun 1976. Setelah Barry Sheene, tercatat ada empat pebalap Suzuki yang sukses menjadi juara dunia. Mau tahu siapa saja 5 pebalap Suzuki yang pernah jadi juara dunia Grand Prix Sepeda Motor? Simak saja rangkuman khas Omkumis di bawah ini.


1. Barry Sheene

Kredit Foto: kiwimotoring.com

Barry Sheene adalah pebalap asal Inggris yang memulai karirnya bersama tim Suzuki pada tahun 1970. Barry Sheene sukses menjadi juara GP 500cc untuk pertama kalinya pada tahun 1976. Bahkan pada musim berikutnya, Barry Sheene sukses mempertahankan gelar juara dunia GP 500cc. Barry Sheene juga dikenal sebagai legenda Suzuki. Pebalap yang meninggal pada 10 Maret 2003 silam ini mengoleksi dua gelar juara dunia GP 500cc.


2. Marco Lucchinelli



Marco Lucchinelli adalah pebalap asal Italia kelahiran 26 June 1954. Mengawali karirnya di Yamaha, Marco Lucchinelli, mengalami masa keemasan ketika membela Suzuki. Marco Lucchinelli menjadi juara dunia GP 50cc pada tahun 1981, setelah pada musim sebelumnya menduduki peringkat ke-3. Namun setelah menjuarai GP 500cc, Marco Lucchinelli langsung hengkang ke Honda pada musim berikutnya. Karirnya terpuruk setelah itu.


3. Franco Uncini

Kredit Foto : ilcittadinodirecanati.it

Franco Uncini adalah pebalap Suzuki ketiga yang menjadi juara dunia Grand Prix. pebalap asal Italia itu sukses meneruskan dominasi Suzuki setela kepergian Marco Lucchinelli ke Honda. Setelah pada musim sebelumnya hanya menjadi pebalap kedua, Franco Uncini, sukses menjadi juara dunia GP 500cc pada tahun 1982. Franco Uncini mengakhiri karir balapnya di Suzuki pada 1985.


4. Kevin Schwantz

Kredit Foto: motociclismo.es

Kevin Schwantz adalah legenda MotoGP asal Amerika. Nomor 34 yang dipakainya saat menunggangi Suzuki dipensiunkan oleh MotoGP untuk menghormati kontribusinya terhadap MotoGP. Kevin Schwantz menjadi juara dunia GP 500cc pada tahun 1993, sekaligus mengakhiri dominasi musuh bebuyutannya, Wayne Rooney, dari Yamaha yang juara tiga kali beruntun. 


5. Kenny Roberts, Jr.


kredit Foto: ingrum.net

Kenny Roberts, Jr. adalah anak kandung dari legenda GP 500c, Kenny Roberts yang pernah menjadi juara dunia GP 500cc tiga kali berturut-turut bersama Yamaha pada 1978-1980. Kenny Roberts, Jr. meneruskan kesuksesan ayahnya, namun bersama tim suzuki. Kenny Roberts, Jr. menjadi juara dunia pada tahun 2000 silam sekaligus mengakhiri dominasi Honda yang selalu menjadi juara sejak 1984. Rider asal Amerika Serikat ini mengakhiri karirnya pada 2007 silam.


Nah, penggemar MotoGP terutama fans Suzuki kini semakin tahu kan tentang kisah kesuksesan pebalap tim Suzuki. Kalau mau tahu lebih banyak informasi tentang olahraga lainnya, klik saja link berikut.

Trending

  • {{ trend.numb }}